Salah satu menu Mie Gacoan/GoFood
Kuliner

Mie Gacoan Resmi Dapat Sertifikat Halal, Ini Daftar Menu Baru

Restu Wahyuning Asih
Jumat, 3 Februari 2023 - 17:04
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Mie Gacoan resmi mengantongi sertifikat halal dari Lembaga Pengkajian, Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetik (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Sertifikat halal tersebut diterbitkan per 16 November 2022 lalu, sejalan dengan diubahnya nama di daftar menu.

Seperti diketahui sebelumnya, Mie Gacoan terhalang mendapat sertifikat halal karena adanya alasan dalam daftar menunya.

MUI menolak memberikan sertifikat halal karena nama dalam menu Gacoan mengandung unsur-unsur yang dilarang oleh agama.

Penerbitan sertifikat halal ini juga diumumkan secara langsung oleh Mie Gacoan di akun Instagramnya.

Turut diunggah juga sejumlah dokumen yang menyatakan makanan atau bahan makanan Mie Gacoan telah mendapatkan serifikat halal.

Adapun bahan makanan yang tercantum halal yakni adonan pangsit, ayam cincang, bawang goreng, basic mie, biang kering adonan pangsit, kemudian lumpia udang. Kemudian ada minyak mie, siomay dimsum, dan udang rambutan (pentol).

"Berdasarkan pemeriksaan dokumen dan audit implementasi Sistem Jaminan Halal, Lembaga Pengkajian, Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan bahwa, PT Pesta Pora Abadi dinilai telah menerapkan Sistem Jaminan Halal dengan kategori sangat baik," tulis akun Instagram mie.gacoan, dikutip Jumat (3/2/2023).

Sebelumnya, LPPOM MUI mengatakan bahwa sertifikat halal Gacoan sebelumnya tak diberikan karena nama restoran dan daftar menu yang dianggap aneh dan mengangkat unsur mistis.

"Berdasarkan kriteria jaminan halal itu disebutkan ada 11 kriteria yang harus dipenuhi untuk melakukan sertifikasi halal. Salah satu kriterianya adalah nama produk, persyaratannya nama produk tidak boleh mengarah sifat kebatilan atau istilahnya tidak boleh menyebut nama setan," jelas akun @leli.azizah.

Dari nama tersebut otomatis tak memenuhi syarat salah satu sistem jaminan halal (SJH) yang telah ditetapkan oleh LPPOM MUI.

Dikutip dari Kriteria Sistem Jaminan Halal HAS 23000, persyaratan nama merek atau produk tidak boleh mengarah pada hal kebatilan.

"Nama produk tidak boleh menggunakan nama yang mengarah pada hal-hal yang menimbulkan kekufuran, kebatilan. Contoh: cokelat valentine, biskuit natal, mie gong ci fa cai," tulis penjelasan di laman LPPOM MUI.

Seperti diketahui, Mie Gacoan mengambil nama menu seperti Mie Iblis, Mi setan, Es genderuwo, Es tuyul, Es sundel bolong dan Es pocong.

Kini, menu-menu di Gacoan berubah namanya menjadi Mie Suit, Mie Hompimpa, Mie Gacoan, Es Gobak Sodor, Es Sluku Bathok, Es Petak Umpet dan Es Teklek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro