Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Destinasi Wisata Pecinan yang Ramah di Kantong untuk Rayakan Tahun Baru Imlek

Tahun baru imlek 2023 bisa dirayakan dengan wisata ke destinasi pecinan di tempat-tempat berikut ini.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 17 Januari 2023  |  17:03 WIB
Destinasi Wisata Pecinan yang Ramah di Kantong untuk Rayakan Tahun Baru Imlek
Ilustrasi wisata pecinan
Bagikan

Bisnis.com JAKARTA - Tahun baru Imlek 2023 akan jatuh pada 22 Januari 2023 pekan ini.

Berdasarkan surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023 cuti  bersama perayaan tahun baru imlek jatuh pada keesokan harinya yaitu Senin, 23 Januari 2023.

Momentum ini dapat dimanfaatkan untuk menikmati perayaan imlek dengan berkumpul bersama keluarga
maupun kerabat, atau sekedar menikmati suasana dekorasi dan kuliner bertemakan imlek.

Gaery Undarsa, Co-Founder dan Chief Marketing Officer, tiket.com, dengan dicabutnya aturan perbatasan, kini masyarakat sudah bisa kembali merencanakan perjalanan dengan manfaatkan cuti bersama untuk nikmati suasana imlek ke berbagai destinasi yang sarat dengan suasana Imlek.

Berikut tiket.com rekomendasikan destinasi wisata Pecinan yang ramah di kantong untuk sambut dan rayakan liburan Imlek tahun 2023:

1. Jakarta, DKI Jakarta

Masyarakat Jakarta yang menikmati weekend, baik yang merayakan Imlek maupun tidak, dapat memanfaatkan aneka ragam keseruan di dalam kota dan dekat rumah masing- masing. Jajaran kegiatan wisata menelusuri area pecinan seperti eksplor Kawasan Klenteng dan Pasar Petak Sembilan di area Glodok Jakarta Barat yang cocok bagi para penikmat kuliner, adapula kunjungan di area fotogenik di bagian utara Jakarta yakni Pantjoran PIK.

Sampai di PIK tidak lengkap untuk quality time bersama keluarga maupun sahabat dengan konsep menginap serviced apartment yang terletak di wilayah tersebut.

2. Bogor - Bandung, Jawa Barat

Telusuri kawasan komunitas Tionghoa di area Suryakencana, area ini cocok menjadi tujuan untuk berwisata bertemakan Imlek di Bogor. Memiliki area yang uniknya, "pecinan Bogor" ini amat berbaur dengan budaya lokal terutama suku Sunda sehingga menghasilkan ragam budaya dan kuliner yang khas.

Berwisata di Suryakencana Bogor ini bisa dengan cara menelusuri jalan utamanya sepanjang satu kilometer. Pada bagian di sisi-kanan kirinya terdapat destinasi wisata religi, budaya, dan kuliner yang bisa dikunjungi oleh sobat tiket.

Atau mulai bosan dengan kegiatan wisata pecinan yang klasik? Sobat tiket juga dapat mengajak si kecil untuk berkunjung ke Istana Panda yang terdapat di Taman Safari Indonesia.

Lengkapi pengalaman staycation seru dengan menginap di Glamping at Taman Wisata Alam Sevillage Puncak.

3. Semarang, Jawa Tengah

Kota Semarang mempunyai salah satu kelenteng wisata yang terkenal, yakni Kelenteng Sam Poo Kong yang berada di daerah Simongan, sebelah barat daya kota Semarang.

Pilihan aktivitas ke taman hiburan juga dapat menjadi rekomendasi mengisi Imlek dengan mengunjungi Saloka Theme Park dengan harga mulai dari Rp120ribuan.

4. Surabaya, Jawa Timur

Kelenteng Hong Tiek Hian dapat jadi salah satu pilihan destinasi untuk berwisata. Kelenteng ini terkenal akan pusat kemeriahan perayaan dan penyandang status kelenteng tertua di kota ini.

Tidak hanya merayakan di kelenteng, warga kota Surabaya juga merayakan Imlek dengan beragam aktivitas yang semarak di berbagai pusat perbelanjaan. Anda pun dapat mengunjungi Kya-Kya di Jalan Kembang Jepun untuk menikmati surga wisata kuliner khas etnis Tionghoa maupun jajaran kelezatan kuliner mancanegara penuh cita rasa.

Selain di dalam negeri, berikut beberapa rekomendasi seru untuk sekedar short weekend getaway di negara tetengga Indonesia untuk sekedar menikmati waktu liburan Imlek:

1. Malaysia

Kemeriahan Tahun Baru Imlek di area Chinatown di jalan Petaling. Warga serta wisatawan dapat menikmati atraksi barongsai. Untuk menikmati suasana imlek di Kuala Lumpur.

Sempatkan untuk kunjungi LEGOLAND Malaysia dengan diskon tiket Rp660ribuan dan juga menginap hotel dekat
LEGOLAND.

2. Singapura

Kunjungi area Tiong Bahru untuk memanjakan lidah dan perut dengan kuliner khas Cina dan makanan yang selalu disajikan khusus setiap perayaan Imlek, karena area ini adalah surganya kuliner khas. Belum lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke area Chinatown Singapura, area ini menjadi salah satu pusat sejarah serta wisata yang digemari berkat perpaduan nuansa tradisional dan masa kini.

3. Thailand

Tercatat memiliki hampir separuh dari penduduk Thailand adalah keturunan Tionghoa. Ibukota Bangkok pun menjadi komplek pecinan terbesar kedua di dunia. Saat Imlek, festival kuliner akan selalu digelar untuk sekedar memanjakan lidah para pengunjung.

Dari pertunjukan Barongsai, acara musik, hingga pesta kembang api, Bangkok sangat tepat dikunjungi saat perayaan Imlek, maka berkunjunglah ke Kawasan Pecinan Yoawarat karena area tersebut akan menjadi tempat utama di Bangkok, yakni sebuah area di mana semua acara besar Imlek diadakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

imlek imlek liburan imlek wisata destinasi wisata
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top