Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Makna Lapis Legit yang Jadi Hidangan Khas Imlek

lapis legit bukan hanya sekadar hidangan biasa, tetapi memiliki arti yang simbolis dan makna filosofis dalam perayaan imlek
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 14 Januari 2023  |  20:14 WIB
Makna Lapis Legit yang Jadi Hidangan Khas Imlek
Ilustrasi: Kue lapis legit - barukue.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Tahun Baru Imlek 2023 akan menjadi Tahun Kelinci Air atau Year of the Water Rabbit yang dimulai pada 22 Januari hingga 9 Februari 2024. Tahun Kelinci Air ini diyakini akan dipenuhi dengan keberuntungan dan dinamis.

Ada banyak jenis hidangan yang umumnya disajikan saat merayakan Tahun Baru Imlek, salah satunya adalah lapis legit  Selain menjadi hidangan wajib, lapis legit juga sering dijadikan sebagai hantaran saat berkunjung dan berkumpul bersama keluarga.

Jeffrey Hutagalung, CEO Tandamata Indonesia mengatakan bahwa lapis legit bukan hanya sekadar hidangan biasa, tetapi memiliki arti yang simbolis dan makna filosofis dalam perayaan imlek. Kudapan yang kerap disebut bolu “mahal” ini melambangkan kehidupan yang terus meningkat.

"Lapisannya yang bertumpuk-tumpuk membutuhkan keuletan dan kesabaran dari pembuatnya. Harapannya penikmat kue ini bisa memiliki keuletan yang merupakan kunci mencapai kesuksesan," jelasnya.

Selain itu, dengan bentuk yang berlapis-lapis maka diharapkan pada tahun yang baru, rejeki dan keberuntungan akan bertumpuk dan berlipat-lipat.

Tak heran bila lapis legit ini sangat dicari dan diminati pada saat Imlek. Meski harganya terbilang cukup mahal dibandingkan dengan jajanan pasar pada umumnya, tetapi kue yang juga dikenal dengan nama Spekkoek laris manis menjelang Imlek.

Salah satu brand yang menawarkan kue lapis legit adalah Kei Kitchen. Menariknya, lapis legit yang ditawarkan oleh Kei Kitchen sudah dikemas dalam bentuk menarik dan bisa dijadikan sebagai hampers saat perayaan Imlek. Pembeli juga bisa menyertakan ucapan bagi sanak keluarga.

Untuk menikmati kudapan saat Imlek, akan lebih nikmat jika disajikan bersama secangkir teh.
Menurut Jeffry, tradisi minum teh telah menjadi kegiatan favorit yang dilakukan bersama keluarga dan sering dijadikan simbol kebaikan. Akan lebih menarik jika teh tersebut diseduh di dalam set teko cantik yang dapat dipesan secara custom.

"Inilah mengapa tradisi minum teh sering dilakukan ketika generasi muda berkunjung ke rumah keluarga sanak saudara yang lebih tua. Teh dianggap menyehatkan dan memberikan ketenangan bagi peminumnya," jelasnya.

Hal lain yang juga tidak boleh terlewat adalah mendekorasi ruangan di rumah dengan warna merah yang identik dengan perayaan imlek karena memiliki arti kemakmuran, keberuntungan, dan kebahagiaan bagi masyarakat tionghoa.

"Berikan beberapa sentuhan warna merah dalam dekorasi ruangan melalui aksen bantal kursi yang cantik. Rumah jadi terasa lebih hangat dan siap untuk menyambut kumpul keluarga," ujarnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

imlek kue imlek makanan
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top