Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Mustafa Centre Mau Buka di Indonesia, Ada Produk Apa Saja?

Biasanya pelancong dari Indonesia membeli makanan ringan impor dan parfum dengan harga murah di Mustafa Center.
Ileny Rizky
Ileny Rizky - Bisnis.com 13 Januari 2023  |  16:50 WIB
Mustafa Centre Mau Buka di Indonesia, Ada Produk Apa Saja?
Mustafa Center akan segera buka di Indonesia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pusat perbelanjaan terkenal Singapura, Mustafa Center dikabarkan akan membuka cabangnya di Indonesia. Desas desus mengenai kehadiran Mustafa Center ini telah dikonfirmasi oleh Dubes Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo lewat akun Instagramnya.

"Managing Director Mohamed Mustafa & Samsuddin Co PTE LTD, Mustaq Ahmad berharap untuk segera memulai bisnis pertamanya di Indonesia," tulisnya pada Kamis (12/1/2023). 

Suryo Pratomo mengatakan bahwa pusat perbelanjaan Mustafa Center akan hadir di Gunung Sahari Selatan, Kemayoran, Jakarta Pusat pada 2024 mendatang. Rencananya Mustafa Center nantinya akan membangun pusat pertokoan sekaligus hotel. Alasan yang membangun Mustafa Center di Indonesia adalah mereka melihat populasi masyarakat Indonesia sebesar 277 juta orang.

Mustafa Center dikenal menjadi pusat belanja terbesar di Singapura. Selain itu, tempat ini juga terkenal lantaran harga jualnya yang tidak menguras kantong. Oleh karena itu, tak heran jika Mustafa Center menjadi tempat favorit yang kerap dikunjungi oleh wisatawan dan penduduk setempat. 

Dilansir dari The Best Singapore, pada Jumat (13/1/2023), Mustafa centre ini menjadi pusat perbelanjaan terbesar yang beroperasi dalam 24 jam di setiap harinya. Tempat ini menjual segala jenis kebutuhan masyarakat. Mustafa Center Singapura adalah pusat perbelanjaan seluas 400.000 kaki persegi dan memiliki 6 lantai.

Apabila merujuk dari Mustafa Center Singapura, mereka menjual berbagai macam perhiasan di lantai satu.  Selain itu, di lantai satu ini juga dipenuhi dengan produk jam tangan, ponsel, kamera, gadget, CD, VCD, DVD, peralatan medis, obat-obatan, parfum, kosmetik, perlengkapan mandi, kacamata, dan barang elektronik.

Biasanya, masyarakat dari Indonesia sering berburu parfum di Mustafa, sebab parfum dijual dengan harga murah, ada tester dan juga sangat mirip dengan asli.

Kemudian beralih ke lantai dua, Mustafa Center menyuguhkan berbagai produk makanan dan bahan masakan seperti makanan kering, biji-bijian, rempah-rempah, jamu India, permen dan cokelat. Tak hanya itu, souvenir Singapura, sutra, perlengkapan rumah tangga, pakaian anak, hingga perlengkapan bayi juga tersedia di lantai ini.

Memasuki lantai ketiga, berbagai peralatan interior seperti peralatan dapur, peralatan makan, sprei, selimut, gorden, dan perlengkapan dekorasi terpajang dengan rapi di Mustafa Center. Kemudian di lantai empat, terdapat berbagai produk furnitur, barang DIY, buku, dan alat tulis.

Pada area basement yang terdiri dari dua lantai, dijual berbagai produk fashion mulai dari pakaian pria, pakaian wanita, pakaian kantor, dan aksesoris olahraga seperti sepatu, tas, hingga keperluan kemah.

Dalam perjalanannya, Mustafa Center mulanya didirikan pada tahun 1971. Awalnya pusat perbelanjaan ini terletak di Campbell Lane, di Little India. Ketika itu Mustafa hanya menjual produk pakaian siap pakai saja.

Dua tahun setelahnya, tepatnya di 1973, Mustafa pindah ke sebuah toko seluas 900 kaki persegi di sepanjang Serangoon Road. Ketika itu, Mustafa tak hanya menjual pakaian saja, melainkan sudah mulai menjual barang elektronik

Kemudian toko kedua seluas 900 kaki Persegi disewa di samping toko pertama untuk mengakomodasi pertumbuhan lalu lintas pelanggan. Lambat laun Mustafa menjual lebih banyak produk yang bersumber dari luar negeri, upaya ini semata-mata dilakukan untuk memberikan pilihan barang yang lebih banyak kepada pelanggan. Pemilihan produk baru yang dijual juga dilihat dari apa yang diinginkan pelanggan pada saat itu.

Kemudian pada 1985, Mustaq Ahmad, sang founder, melihat beberapa area dan memutuskan untuk mendirikan toko di Serangoon Plaza.  Toko tersebut akhirnya sukses. Mustaq Ahmad kemudian memutuskan untuk menyewa lebih banyak ruang di dalam gedung itu untuk menampung pelanggan yang terus bertambah. 

Tak hanya itu, Mustaq Ahmad juga terus meningkatkan usahanya dengan membeli beberapa ruko di sepanjang jalan Syed Alwi. Setelah 2 tahun, dengan perencanaan yang matang, Ahmad akhirnya memutuskan untuk membangun gedung untuk Mustafa Center. Hingga akhirnya pada April 1995, Mustafa Center masuk ke masa kejayaannya dan hingga kini dikenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Singapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mustafa center singapura belanja
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top