Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Simak 10 Destinasi Wisata yang Viral di Cirebon

Cirebon rasanya menjadi lokasi yang pas bagi Anda yang tinggal di lingkungan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Simak destinasi wisata yang viral di Cirebon.
Ileny Rizky
Ileny Rizky - Bisnis.com 09 Januari 2023  |  18:12 WIB
Simak 10 Destinasi Wisata yang Viral di Cirebon
Telaga Nilem - Disbudpar
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan dalam waktu dekat ini, tak perlu bingung, datang saja ke Kota Udang. Simak objek wisata sejarah, pantai, hingga gua, yang viral di Cirebon.

Sebagai informasi, Cirebon dikenal dengan Kota Udang sejak masa kepemimpinan Pangeran Cakrabuana, Raden Walangsungsang. Sebab, Cirebon merupakan sebuah kota penghasil udang rebon.

Cirebon rasanya menjadi lokasi yang pas bagi Anda yang tinggal di lingkungan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Letak Cirebon sangat strategis, Anda dapat mendatangi kota ini hanya dengan menempuh perjalanan darat. Ini berarti biaya yang harus Anda siapkan menjadi lebih sedikit.

Simak 10 destinasi wisata yang viral di Cirebon:

1. Goa Sunyaragi

Dilansir dari Instagram @explorecirebon, Goa Sunyaragi merupakan destinasi yang menawarkan objek wisata sejarah. Tempat ini belakangan sangat viral karena gambar keindahannya yang wara-wiri tampil di sosial media.

Situs bersejarah ini memiliki banyak spot foto yang Instagramable, tak heran jika banyak pengunjung yang mengabadikan momen liburan mereka di tempat ini.  Goa Sunyaragi seringkali disebut sebagai paru-parunya Kabupaten Cirebon. Lokasi ini memiliki area taman yang hijau dan masih terjaga keasriannya. 

2. Setu Patok

Berlokasi di Waduk Setupatok, Desa Setupatok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, wisata alam ini memiliki luas 175 hektare. Pengunjung dapat menyaksikan dan mengabadikan keindahan sunset di tempat ini.

Tempat ini dihimpit dengan pulau kecil yang sering disebut warga sekitar dengan Situ Gunung. Demi bisa mencapai ke Setu Patok, Anda dapat melewati jalur Perumahan Argasunya dan Pantura Mundu. Saking terkenalnya, banyak pengunjung yang akhirnya membuat konten video di tempat ini.

destinasi wisata di cirebon Setu Patok


3. Curug Cigetruk

Bagi Anda yang ingin bersantai ria menjernihkan pikiran dengan menikmati keindahan alam sambil mendengarkan aliran air terjun, curug Cigetruk adalah pilihan yang tepat.

Di tempat ini Anda dapat  berenang hingga menikmati kucuran air  yang jatuh dari ketinggian 27 meter.  Curug Cigetruk berada di desa Mandala, Cirebon. Lokasinya bersebelahan langsung dengan Kuningan dan Majalengka.

4. Keraton Kasepuhan

Selain Goa Sunyaragi, Keraton Kasepuhan merupakan destinasi wisata yang menawarkan objek bersejarah. Lokasinya berada di Jalan  Kasepuhan No.43, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Tempat ini sangat bagus untuk dikunjungi, terlebih jika Anda merupakan seseorang yang sangat tertarik dengan sejarah maupun arsitektur bangunan. Pengunjung dapat melihat betapa cantiknya bangunan ini, pintu gerbang masuk dirancang dengan gaya hindu serta tembok yang dilapisi dengan keramik khas Tiongkok, inilah yang menjadi ciri khas bangunan ini.

5. Pantai Kejawanan

Pantai berpasir putih dengan pemandangan yang indah cocok untuk healing, melepaskan sejenak segala kekalutan yang ada di dalam pikiran. Menurut rumor yang beredar, konon masyarakat percaya bahwa air di dalam pantai Kejawanan ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.  Oleh karena itu, banyak masyarakat yang berbondong-bondong datang ke pantai ini untuk menghilangkan penyakit mereka.

Pantai Kejawanan terletak di Pegambiran, Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat. Biaya masuknya sangat murah, hanya dengan mengeluarkan sekitar Rp6.000 saja Anda sudah bebas bermain di pantai ini.

6. Telaga Nilam

Telaga Nilam menjadi salah satu wisata yang viral di Cirebon. Dikenal juga sebagai Telaga Biru Cicerem, tempat ini memiliki  suasana yang sangat asri, sejuk, dengan pesona airnya yang jernih.

Selain itu, tempat ini juga dihiasi dengan kolam ikan mas yang bisa dijadikan sebagai latar saat berfoto. Telaga Nilam berlokasikan di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Cirebon.

telaga nilam

7. Kota Tua Cirebon

Tak hanya Jakarta, Semarang, maupun Bandung, Cirebon juga memiliki lokasi Kota Tua yang sangat fotogenik. Tak heran jika banyak masyarakat yang akhirnya memutuskan untuk melakukan foto prewedding dengan berlatarkan suasana Kota Tua Cirebon. 

Bangunan Kota Tua memang selalu menawan untuk dijadikan sebagai background foto. Oleh karena itu, lokasi ini sangat cocok untuk dimasukkan ke dalam list perjalanan Anda ketika hendak ke Cirebon.

8. Hutan Mangrove Caplok Baron

Lokasi ini menjadi tempat wisata yang sedang ramai diperbincangkan di sosial media, TikTok. Menawarkan keindahan hutan mangrove, Anda dapat menaiki perahu untuk berkeliling melihat keindahan sekitar hutan mangrove Caplok Baron.

Selain pemandangan hutan mangrove, Anda juga dapat melihat secara langsung hasil kreativitas tangan warga sekitar. Biaya masuknya sangat terjangkau, yaitu Rp5.000 untuk satu orang. Tempat ini berlokasikan di desa Ambulu, Kec. Losari, Kab. Cirebon.

9. Batu Lawang 

Bagi Anda yang suka menghabiskan waktu liburan dengan menikmati keindahan alam, Batu Lawang adalah tempat wisata yang sangat tepat untuk Anda kunjungi. Pada tempat ini, Anda dapat mengabadikan momen dengan hasil apik.

batu lawang cirebon

10. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Terakhir, tempat wisata di Cirebon yang sedang ramai diperbincangkan di sosial media adalah Cirebon Waterland Ade Irma Suryani.  Memiliki luas sekitar 3 hektar, tempat ini memiliki wahana air yang cukup lengkap sepertiember tumpah, kolam arus, seluncuran besar, hingga air mancur.

Bagi Anda yang ingin berendam dan bermain air di tempat ini, taman rekreasi air ini dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 17.00. Biaya masuknya relatif murah, mulai dari Rp25.000 saja.

Lokasi ini berada di perbatasan Cirebon dengan Majalengka, lebih tepatnya di Cupang, Kec. Gempol, Cirebon, Jawa Barat.  Jaraknya sekitar 28 KM dari pusat kota Cirebon. Biaya masuknya hanya Rp7.000 untuk satu pengunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon wisata Pariwisata destinasi wisata
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top