Turis China/marketingtochina
Travel

Daftar 16 Negara yang Batasi Turis dari China yang Datang ke Negaranya, Mana Saja?

Arlina Laras
Rabu, 4 Januari 2023 - 15:19
Bagikan

7. Malaysia

Malaysia pada hari Jumat juga mengatakan akan melakukan skrining kesehatan pada semua turis yang masuk untuk memastikan apakah mereka demam atau tidak. Selain itu juga, seperti beberapa negara lainnya, Malaysia pun akan menguji air limbah dari pesawat yang tiba dari China untuk mendeteksi varian COVID-19.

8. Taiwan

Mulai 1 Januari 2023, Taiwan mulai memberlakukan tes Covid-19 kepada pendatang dari China. Pusat Komando Epidemi Pusat mengatakan semua penumpang yang tiba dengan penerbangan langsung dari China, serta dengan perahu, harus menjalani tes PCR pada saat kedatangan di Taiwan.

9. India 

Mulai 1 Januari 2023, orang yang tiba di India dari China, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Singapura, dan Thailand harus menunjukkan laporan tes negatif COVID-19.

Menteri Kesehatan Mansukh Mandaviya mengatakan, wisatawan dari negara-negara tersebut harus mengunggah hasil tes mereka di situs web pemerintah India sebelum keberangkatan mereka. 

10. Italia 

Italia adalah negara pertama di Eropa yang memesan swab antigen COVID-19 dan tes genom untuk semua turis yang datang dari Tiongkok. Bandara utama di Milan dan Roma sudah mulai menguji penumpang yang datang dari Beijing dan Shanghai.

Perdana Menteri Georgia Meloni mengatakan dia  berharap Uni Eropa akan mengikuti jejaknya dalam memberlakukan tes wajib untuk semua penumpang yang terbang dari China.

Pasalnya, jika ini hanya dilakukan oleh beberapa negara saja yang mengharuskan penumpang transit untuk pengujian wajib, maka tindakan ini berisiko tidak efektif jika tidak diberlakukan di seluruh wilayah Uni Eropa.

11. Spanyol

Pada hari Jumat, (30/12/2022) Menteri Kesehatan Carolina Darias mengungkapkan bahwa Spanyol telah memberlakukan kebijakan bagi para turis dari China untuk untuk menunjukkan tes COVID-19 negatif atau bukti vaksinasi lengkap.

12. Prancis

Pemerintah Prancis juga mengatakan bahwa penumpang yang terbang dari China ke Prancis harus menunjukkan tes COVID negatif kurang dari 48 jam sebelum berangkat.

13. Inggris

Media Inggris mengatakan pada hari Jumat bahwa penumpang yang tiba di Inggris dari China perlu melakukan tes COVID-19 setelah adanya lonjakan infeksi di China.

14. Kanada

Setelah sejumlah negara mulai menerapkan pembatasan, maka pada Sabtu, (31/12/2022), Kanada pun ikut memberlakukan pembatasan, di mana turis dari China yang menggunakan trasportasi udara harus dites negatif Covid-19 tidak lebih dari dua hari sebelum keberangkatan. 

15. Qatar

Mulai 3 Januari 2023, semua pendatang dari China harus menyerahkan hasil tes negatif Covid-19 yang diambil dalam 48 jam keberangkatan, apapun status vaksinasi mereka.

Negara yang masih memantau situasi

1. Australia

Sejauh ini, Australia belum mengubah aturannya untuk bisa mengizinkan turis dari China masuk ke negaranya. 

“Tidak ada perubahan dalam aturan perjalanan saat ini, tetapi kami terus memantau situasi dan terus melihat perkembangan COVID-19 di Australia dan juga di seluruh dunia,” kata Perdana Menteri Anthony Albanese.

2. Filipina

Sejauh ini, Filipina masih melihat kebutuhan untuk mengintensifkan pemantauan dan penerapan kontrol perbatasan untuk individu yang masuk terutama dari China yang mengalami rekor lonjakan kasus Covid-19.

Meski, saat ini negara belum memberikan pelarangan kedatangan turis dari China, namun negara Asia Tenggara tersebut akan "sangat berhati-hati". 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro