Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Simak 7 Rekomendasi Wisata Lumajang, Pemandangannya Indah

Tempat wisata lumajang tidak hanya Gunung Semeru. Masih banyak wisata lain yang memiliki pemandangan indah. Simak penjelasan lengkapnya.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 04 Januari 2023  |  14:03 WIB
Simak 7 Rekomendasi Wisata Lumajang, Pemandangannya Indah
Wisata Lumajang - Pesona Indonesia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu daerah yang terkenal akan penghasil buah pisang adalah Lumajang. Tidak heran jika memang kamu pernah mendengar jika wilayah ini disebut dengan kota pisang. Sementara di wilayah lumajang berbatasan dengan daerah yang memiliki alam pegunungan seperti Jember yang ada di sebelah timur, Malang yang ada di sebelah barat dan Probolinggo yang ada di sebelah utara. Satu hal yang tidak kalah penting adalah tempat wisata lumajang yang harus kamu kunjungi. 

Salah satu destinasi wisata yang terkenal adalah Gunung Semeru. Namun, bukan berarti hanya ada Gunung Semeru saja yang menjadi daya tarik di kota ini. masih banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi Ketika ke lumajang. 

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi wisata lumajang yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Wisata Hutan Bambu

Ada kesan yang menyenangkan dan jauh dari kesan angker jika kamu membayangkan wisata hutan bambu seperti yang lainnya. Ada panorama menarik dan elok karena kamu bisa menikmati jalan-jalan dengan menyusuri pepohonan bambu. 

2. Air Terjun Coban Pawon Lumajang

Coban Pawon merupakan destinasi wisata lumajang yang menawarkan pesona alam yang cukup unik. Sebab, air terjun ini berada di goa yang mirip dengan pawon (dapur). Konon setiap percikan air terjun ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

3. Puncak B29

Tempat ini menyuguhkan pemandangan puncak seperti negeri di atas awan. Berada di Desa Argosari, Kecamatan Senduro akses jalan untuk mencapai puncak ini cukup terjal dan menantang. Kemiringan mencapai sekitar 10 hingga 40 derajat dan beberapa lingkungan membuat kamu harus berhati-hati. 

4. Gunung Semeru Lumajang

Gunung ini memiliki mitos yang masih ada hingga saat ini, dimana Gunung Semeru dipercayai merupakan tempat tinggal para dewa, menurut kepercayaan masyarakat Hindu-Budha. Gunung yang masih aktif ini paling tidak 20 menit sekali kawahnya mengeluarkan abu vulkanik berwarna hitam dan pasir.

5. Danau Ranu Kumbolo

Danau ini terletak di lereng Gunung Semeru. Danau ini juga termasuk tempat untuk mengambil air terakhir sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan ke puncak Semeru. Terlebih lagi, kamu tidak akan menjumpai mata air lainnya hingga puncak Semeru.  

Pemandangan di sekitar danau memang benar-benar menakjubkan, tidak heran jika wisatawan datang kesini untuk menghabiskan waktu liburan dengan mendirikan tenda-tenda di pinggir danau ini.

6. Tubing Adventure Kali Betoto

Tubing atau yang dikenal dengan body rafting merupakan jenis olahraga air yang cukup menantang. Uniknya kegiatan meluncur bebas atau istilahnya dalam bahasa jawa yaitu kintir Kali Betoto yang berarus deras ini dengan menggunakan ban dalam truk. 

7. Ranu Pane

Ranu pane ini lokasinya tidak jauh dari danau Regulo. Lokasinya juga masih ada di dalam Kawasan Taman Nasional Tengger Semeru. Wisatawan akan disuguhi pemandangan indah Gunung Semeru mahameru yang bagian bawahnya terdapat kaldera. Danau yang berwarna hijau ini memiliki luas 1 hektar dan saat ini masih menjadi salah satu objek wisata paling populer di Lumajang. 

Itulah beberapa rekomendasi wisata lumajang yang wajib kamu kunjungi.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pariwisata wisata destinasi wisata wisata alam lumajang Destinasi Pariwisata Indonesia
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top