Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Daftar 5 Makanan Khas Yogyakarta Selain Gudeg yang Wajib Dicoba

Berlibur ke Jogja tak lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner khasnya. Berikut sejumlah makanan khas Yogyakarta yang sayang untuk dilewatkan.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 02 Januari 2023  |  21:00 WIB
Daftar 5 Makanan Khas Yogyakarta Selain Gudeg yang Wajib Dicoba
5 Makanan Khas Yogyakarta Selain Gudeg yang Wajib Dicoba / Pemprov Jogja
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang menjadi tujuan wisata. Di musim liburan seperti saat ini, Jogja banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Jika Anda sedang berlibur ke Jogja, sempatkanlah mencicipi makanan khas Yogyakarta yang terkenal dengan kelezatannya. 

Daftar Makanan Khas dari Jogja Selain Gudeg

Salah satu makanan khas Yogyakarta adalah gudeg. Makanan ini sangat terkenal dan sering diburu wisatawan yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. 

Padahal, selain gudeg masih ada ragam pilihan makanan khas dari kota ini. Berikut beberapa daftar makanan khas Daerah Istimewa Yogyakarta selain gudeg. 

1. Sate Klatak

Makanan khas daerah Yogyakarta yang pertama yaitu sate klatak. Sate ini memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan sate dari kota lainnya. Bukan dari daging yang digunakan yang membuat sate ini unik tetapi dari tusukan jeruji besi yang digunakan untuk membakar sate ini. 

Daging kambing yang sudah dibumbui dengan menggunakan rempah-rempah, lalu ditusuk menggunakan jeruji besi. Hal inilah yang menjadi ciri khas makanan Jogja yang satu ini. 

Keunikan lain dari sate ini yaitu dari bumbu yang digunakan. Bumbu dari sate ini hanya menggunakan sedikit ketumbar dan garam saja. 

2. Oseng Mercon

Makanan khas dari Yogyakarta selanjutnya ada oseng mercon yang terkenal dengan rasa pedasnya. Salah satu tempat makan yang menyediakan oseng mercon paling banyak dikunjungi wisatawan yaitu oseng mercon Bu Narti.

Oseng mercon Bu Narti diketahui sudah ada sejak tahun 1997. Tetelan daging sapi yang dimasak dengan cara di oseng  dan ditambahkan dengan rempah dan cabai rawit membuat makanan ini terasa sangat menggugah selera. 

Tak hanya itu saja, ada juga bahan lain yang digunakan untuk mengolah sing mercon, seperti; daging ayam, ati ampela, jeroan, dan juga kikil. Oseng mercon biasanya disajikan bersama dengan nasi putih untuk mengurangi tingkat kepedasannya.

3. Belalang Goreng

Makanan khas jogja selain gudeg selanjutnya yaitu ada belalang goreng. Makanan yang satu ini memang cukup ekstrim dan unik karena berbahan dasar belalang yang digoreng. 

Meskipun terkesan aneh, ternyata belalang memiliki banyak kandungan nutrisi. Bahkan belalang mengandung 14 gram protein dalam 100 gram belalang. Kandungan gizi tersebut setara dengan kandungan gizi pada ikan salmon.

Jadi bagi Anda wisatawan yang berkunjung ke kota Yogyakarta, jangan lupa untuk mencicipi belalang goreng yang merupakan makanan khas daerah Jogja.

4. Tengkleng Gajah

Pilihan lain makanan khas Jogja adalah tengkleng gajah. Meskipun namanya tengkleng gajah, makanan ini tidak terbuat dari daging atau bagian tubuh gajah.

Tengkleng Gajah khas Jogja ini merupakan makanan sejenis gulai yang berisikan jeroan, daging, serta tulang kambing. Dinamakan Tengkleng Gajah karena ukuran dan porsinya yang besar seperti porsi gajah.

5. Gatot

Makanan khas dari Jogja selanjutnya yaitu ada gatot. Nama makanan ini cukup unik dan tak biasa, sehingga membuat siapa saja merasa penasaran saat mendengarnya. Gatot merupakan makanan yang dibuat dari singkong yang dikupas, kemudian dijemur hingga kering. 

Singkong yang digunakan untuk membuat gatot tidak diproses untuk membuat tiwul. Ciri khas makanan Jogja yang manis tidak ditemukan pada gatot ini karena makanan ini cenderung memiliki rasa yang gurih. 

Setelah itu, gatot dijemur dan diolah diolah dengan cara dikukus sampai matang. Kemudian, tambahkan parutan kelapa yang diberi perasa garam.

Makanan khas Jogja ini wajib dicoba saat sedang berkunjung ke Yogyakarta. Makanan khas Yogyakarta ini menjadi sajian yang akan membuat liburan Anda di Jogja semakin menyenangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan makanan tradisional Makanan Khas yogyakarta
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top