Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kilas Nataru 2022: Berburu Makanan Khas Palembang di Pempek Sentosa

Selain dikenal sebagai salah satu kota tertua di Indonesia, Palembang juga diingat oleh masyarakat sebagai kota yang memiliki makanan khas pempek.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 02 Januari 2023  |  17:48 WIB
Kilas Nataru 2022: Berburu Makanan Khas Palembang di Pempek Sentosa
Penampakan suasana di depan Pempek Sentosa Cabang Jakabaring - Bisnis Indonesia/ Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selain dikenal sebagai salah satu kota tertua di Indonesia, Palembang juga diingat oleh masyarakat sebagai kota yang memiliki makanan khas pempek.

Sangat mudah menemukan pempek di kota ini. Hampir di setiap ‘jengkal’ di Palembang, terdapat penjual pempek. Bahkan, jika Anda menginap di hotel, salah satu menu sarapannya adalah pempek.

Dari puluhan toko pempek yang menghampar di Palembang, Pempek Sentosa Plaju menjadi salah satu tempat favorit persinggahan para pelancong, khususnya bagi mereka yang ingin membawa oleh-oleh pempek.

Toko Pempek yang telah berdiri lebih dari 25 tahun ini memiliki dua cabang di Palembang. Pertama, di Jl. Ahmad Yani no.14 (Pusat). Kedua, di Jl. Gubernur H.A. Bastari, Kec. Rambutan, Jakabaring, seberang Opi Mal. Pempek Sentosa menghadirkan beragam menu khas Palembang yang dapat dimakan di tempat ataupun dibawa pulang.

“Kami ada 9 varian untuk aneka pempek, dari Pempek Telor, Adaan, Lenjer, Kulit, dan lain sebagainya. Kami juga ada Nasi Goreng Merah,” kata Pengurus Pempek Sentosa Cabang Jakabaring Agus Ahmad Firmansyah kepada tim Kilas Nataru Bisnis Indonesia, beberapa waktu lalu.

Lelaki yang akrab disapa Firman itu juga menceritakan bahwa Pempek Sentosa juga memiliki beragam makanan ringan seperti Srikaya dan Kue Kumbu, makanan khas Palembang yang terbuat dari olahan kacang merah.

Pempek Sentosa bukanlah toko pempek baru di Palembang. Firman bercerita kata Sentosa berasal dari tempat awal mereka berjualan yaitu di Jl. Sentosa. Sempat berpindah-pindah, akhirnya Pempek Sentosa. menemukan tempatnya yaitu di Jl. Ahmad Yani dan di Jakabaring.

Untuk Cabang di Jakabaring, lokasi Pempek Sentosa terbilang sangat strategis karena terletak di dekat gerbang tol Palembang-Indralaya. Banyak masyarakat yang membeli oleh-oleh pempek di tokonya sebelum masuk gerbang tol. Firman bercerita bahwa sehari tokonya dapat menjual 2.500 pempek.

“Kalau kami di Jakabaring untuk pempek kecil dalam sehari bisa menjual lebih dari 2.500 pempek,” kata lelaki kelahiran 1994 itu.

Selain memiliki lokasi yang dekat dengan gerbang tol, untuk menjual lebih banyak pempek, Sentosa juga mengandalkan kanal digital. Sentosa telah terhubung dengan aplikasi pesan-antar makanan seperti Gofood dan Grabfood.

Sentosa juga menyediakan kanal pembayaran berupa mesin EDC dan QRIS sebagai alternatif bagi masyarakat luar kota yang ingin membeli pempek di sana.

“Kami juga siap pesan antar lewat online, lewat Whatsapp. Pernah orang memesan dari Jabodetabek menggunakan Whatsapp,” kata Firman.

Sebagai makanan yang tidak tahan lama, Anda tidak perlu cemas. Para pelayan di Sentosa akan membantu dalam mengemas pempek sehingga lebih awet. Para pelayan biasanya menaburi pempek dengan tepung terlebih dahulu, sehingga pempek dapat bertahan 2-3 hari sebelum dimasukkan ke lemari es.

Pempek Sentosa sendiri menyediakan 15 jenis paket pilihan, mulai dari jenis paket Pempek Campur dengan jumlah 25 buah (berat 2kg) hingga paket jenis Pempek Campur jumlah 300 buah (berat 18kg). Harga paketnya pun bervariasi mulai dari Rp100.000 - Rp1,2 juta. Selamat Mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Natal dan Tahun Baru Libur Natal & Tahun Baru
Editor : Puput Ady Sukarno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top