Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini 7 Makanan Khas Maluku yang Kelezatannya Tidak Diragukan

Maluku memiliki sejumlah makanan enak yang sayang untuk dilewatkan. Berikut rekomendasi makanan khas Maluku yang rasanya enak.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 27 Desember 2022  |  21:33 WIB
Ini 7 Makanan Khas Maluku yang Kelezatannya Tidak Diragukan
7 Makanan Khas Maluku yang Kelezatannya Tidak Diragukan / Kemdikbud (1)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Maluku merupakan salah satu daerah dengan memiliki kearifan lokal yang beragam. Contoh kearifan lokal yang ada di wilayah tersebut yaitu aneka makanan khas Maluku yang enak dan unik. 

Kuliner khas Maluku bahkan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut. Lantas, apa sajakah makanan khas daerah Maluku? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Pilihan Makanan Khas dari Maluku

1. Papeda

Papeda merupakan makanan khas Maluku Utara yang sangat unik. Papeda dapat menjadi makanan pokok karena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Makanan ini merupakan makanan yang terbuat dari sagu dengan tekstur yang kental padat dan juga rasanya yang tawar.

Biasanya papeda ini disajikan dengan kakap merah, ikan gabus, ataupun ikan kuwe. Papeda sebaiknya disantap dalam kondisi panas dengan cara menyeruput langsung dari piring. 

2. Nasi Lapola

Contoh lain makanan khas Maluku adalah nasi lapola. Meskipun papeda menjadi makanan pokok pengganti nasi di kota Maluku, kota ini tetap memiliki makanan khas yang terbuat dari nasi yaitu nasi lapola. 

Makanan khas ini biasanya dihidangkan dengan tambahan kacang tolo yang direbus. Setelah itu, dicampurkan juga dengan menggunakan garam dan kelapa parut kemudian diaduk hingga rata.

3. Sambal Colo-Colo

Makanan khas dari Maluku selanjutnya yaitu ada sambal colo-colo. Bagi pecinta kuliner pedas tentu tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota Maluku tanpa mencicipi sambal khas ini.

Sambal colo-colo ini berbeda dengan sambal pada umumnya. Ciri khas sambal khas Maluku ini terdapat tambahan daun kemangi, rarobang atau kenari mentah. 

4. Manisan Pala

Nama makanan khas Maluku selanjutnya yaitu manisan pala. Sesuai dengan namanya, manisan ini terbuat dari buah pala segar. Setelah itu, buah tersebut ditambahkan dengan gula pasir, garam, dan air. Rasanya yang khas membuat banyak orang penasaran dengan makanan ini. 

5. Ikan Kuah Pala Banda

Makanan khas Maluku selanjutnya yaitu ada ikan kuah pala Banda. Makanan ini biasanya terbuat dari olahan ikan kakap dengan bumbu rempah yang kuat dan tidak ketinggalan bumbu pala yang menambahkan cita rasa sedap pada masakan.

Tampilan dari ikan kuah pala Banda ini berwarna kuning yang berasal campuran rempah dengan kunyit. Makanan ini memiliki cita rasa yang pedas dan umumnya disajikan bersama papeda. 

6. Gohu Ikan

Gohu ikan juga menjadi salah satu makanan lezat yang bisa dijumpai saat berada di Maluku. Makanan dari Maluku ini yaitu terbuat dari olahan ikan mentah yaitu ikan tuna atau bisa menggunakan ikan cakalang yang dipotong secara dadu. 

Makanan ini terbuat dari ikan mentah yang dilumuri dengan jeruk nipis dan garam untuk menghilangkan aroma amis. Tak lupa ciri khas makanan Maluku dengan cita rasa pedasnya terdapat juga tambahan tumisan bawang dan cabe rawit yang membuat rasanya semakin mantap.

7. Sagu Gula

Seperti yang kita ketahui Maluku terkenal dengan olahan sagu yang melimpah. Salah satu olahan sagu yang terkenal yaitu sagu gula. Makanan ini berbentuk seperti balok dengan gula aren di tengah kue.

Kue ini terbuat dari campuran sagu dan kelapa yang dimasukkan dalam cetakan. Kue ini memiliki cita rasa manis dari gula aren dan gurih dari sagu yang dicampur dengan kelapa. 

Itulah sejumlah makanan khas Maluku yang kelezatannya tak perlu diragukan lagi. Anda bisa mencicipi makanan tersebut saat berkunjung ke Maluku. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

maluku makanan makanan tradisional Makanan Khas
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top