Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Simak 11 Makanan Khas Papua yang Menarik Untuk Dicoba

Selain memiliki tempat wisata yang eksotis, Papua juga memiliki beberapa makanan tradisional yang enak. Berikut rekomendasi makanan khas Papua.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 27 Desember 2022  |  21:25 WIB
Simak 11 Makanan Khas Papua yang Menarik Untuk Dicoba
11 Makanan Khas Papua yang Menarik Untuk Dicoba / Instagram
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Papua dikenal oleh wisatawan sebagai daerah dengan wisata alam yang eksotis. Kalau Anda berada di Papua, tidak lengkap rasanya kalau tidak mencoba makanan khas disana. Banyak makanan khas Papua yang unik-unik sehingga sangat menarik untuk dicoba. 

Rekomendasi Makanan Khas Daerah Papua

Papeda menjadi salah satu makanan khas dari Papua yang sangat terkenal. Namun, ternyata masih banyak makanan khas Papua lainnya yang layak untuk dicoba. Berikut ini 10 rekomendasi yang dibuat khusus untuk Anda.

1. Ikan Bakar Manokwari

Salah satu makanan khas Papua adalah Ikan Bakar Manokwari. Dinamakan Manokwari karena mengambil dari nama Ibu Kota Provinsi Papua Barat. Makanan khas Papua Barat ini terbuat dari ikan tongkol yang diberi bumbu khas Papua sehingga menimbulkan cita rasa khas yang sedap di lidah.

2. Udang Selingkuh

Udang selingkuh punya ukuran yang besar. Dinamakan dengan udang selingkuh karena bentuk capitnya yang mirip dengan kepiting sehingga menimbulkan kesan ‘selingkuh’ dari identitasnya. Tekstur dagingnya lembut, berserat, dan sedikit manis yang mirip dengan lobster. Makanan khas Papua Timur ini cukup banyak diminati oleh masyarakat lokal dan wisatawan. 

3. Bandeng Kuah Kuning

Makanan tradisional khas Papua ini disajikan menggunakan bumbu khas buatan masyarakat Papua. Terbuat dari ikan bandeng yang sudah dipotong-potong dan direndam dengan kuah kuning khas Papua. Kuah kuningnya terbuat dari racikan bumbu dan kunyit, bawang merah, cabai merah, dan sebagainya. 

4. Mujair Rica-rica

Contoh lain makanan khas dari Papua adalah mujair rica-rica. Makanan ini terbuat dari ikan mujair yang diolah dengan cara yang unik. Cara pembuatannya bukan dengan cara digoreng, tetapi dibakar terlebih dahulu sambil dilumuri air jeruk nipis dan garam. Setelah dibakar, ikan disiram dengan sambal rica-rica pedas sehingga menimbulkan cita rasa yang sangat unik. 

5. Aunuve Habre

Aunuve Habre adalah nama makanan khas Papua yang terbuat dari ikan tuna ataupun ikan tongkol yang biasanya disajikan bersama dengan papeda. Ikan tersebut dilumuri dengan garam, air, dan asam jawa. Kemudian, ikan dibungkus dengan daun talas untuk dikukus hingga matang. 

7. Abon Gulung

Abon gulung adalah makanan khas dari Papua yang bentuknya bulat dan warna coklat. Terbuat dari bahan dasar abon daging sapi. Taburan wijen disekitar abon gulung membuat tampilannya tampak cantik. Teksturnya mirip dengan bolu sehingga sangat lembut ketika digigit. 

8. Martabak Sagu

Makanan khas daerah Papua yang satu ini berbeda dengan martabak pada umumnya. Ciri khas makanan Papua ini terbuat dari sagu yang digoreng dan diberi saus gula merah. Sagu gula merah membuat cita rasa sagu menjadi manis. 

9. Eurimoo

Salah satu makanan tradisional khas Papua yang punya cita rasa manis adalah Eurimoo. Terbuat dari kelapa parut, gula pasir, tepung sagu, dan pisang. Biasanya tersaji di acara-acara pernikahan. 

10. Sagu Lempeng

Dinamakan dengan sagu lempeng karena bentuk sagunya yang menyerupai lempengan balok persegi panjang. Cara pembuatan sagu lempeng dibantu dengan cetakan besi. Sagu lempeng enak dimakan bersama dengan secangkir teh maupun kopi. 

11. Ayam Rica Papua

Makanan khas Papua terakhir yaitu ayam rica. Sama dengan namanya, makanan ini terbuat dari ayam dengan bumbu khas Papua yang terbuat dari rempah-rempah pilihan, seperti daun bawang, serai, bawang merah, cabai, kunyit, dan sebagainya. Bumbu khas Papua tersebut menimbulkan sensasi pedas dan nagih. 

Itulah 10 rekomendasi makanan khas Papua yang menarik untuk dicoba kalau sedang berada di Papua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

papua makanan makanan tradisional Makanan Khas
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top