Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Deretan 4 Gereja Ikonik di Bali

Berikut 4 gereja dengan desain menarik dan ikonik yang terletak di pulau Dewata Bali
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 26 Desember 2022  |  20:39 WIB
Deretan 4 Gereja Ikonik di Bali
Katedral Denpasar
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bali didominasi masyarakat yang beragama budha, tapi toleransi terhadap umat lainnya cukup tinggi.

Tempat ibadah lainpun tersedia di pulau dewata tersebut.

Khusus untuk gereja sebagai tempat ibadah umat kristiani, ada 4 gereja yang ikonik dan memiliki bentuk bangunan yang menarik seperti berikut ini:

1. Gereja St. Yoseph, Denpasar

Kenalan dengan Gereja St. Yoseph atau Paroki Santo Yoseph Denpasar satu ini! Merupakans gereja Katolik Roma pertama dan tertua di Bali, gereja ini dikenal sebagai Keuskupan Denpasar yang sering menjadi keusukupan provinsi gerejawi Ende di Indonesia.

Saat masuk ke dalam gedung gereja, Sobat Pesona akan dibuat tercengang dengan ukiran dan ornamen di sekitar altar yang dihiasi detail mewah dan memanjakan mata. Tidak hanya itu, dekorasi dengan unsur Bali tetap dipertahankan dan menonjol sebagai bukti keanekaragaman budaya dan keharmonisan di Bali. Merayakan Natal di gereja Bali satu ini dijamin bikin betah, deh!

Alamat: Jl. Kepundung No.2, Dangin Puri, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali 80232

2. Gereja Palasari, Jembrana

Lanjut ke wilayah Jembrana, kamu akan menemui Gereja Palasari dengan nama lain Sacred Heart of Jesus Catholic Church. Perayaan Natal di gereja Bali satu ini sering membawa kemeriahan dan menghidupkan Bali dengan tradisi dan upacaranya. Kamu akan berdecak kagum saat melihat keharmonisan budaya yang memadukan unsur Kristen dan gaya Hindu Bali lewat arsitektur dan desain interiornya yang indah dan megah.

Uniknya lagi, saat menghadiri acara-acara gereja di sini, jemaat Gereja Palasari terkadang memakai pakaian tradisional Bali untuk merayakan keharmonisan kehidupan yang dibangun antara umat Kristiani dan Hindu Bali. Tetap bersatu meski berbeda. Indah sekali, ya?

Alamat: Jl. Dusun Palasari, Ekasari, Kec. Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali 82252

3. Gereja Pniel, Jembrana

Kalau kamu melihatnya dari luar, mungkin kamu akan mengira bangunan ini pura Hindu Bali. Gereja Pniel Blimbingsari memang terlihat berbeda dari gereja-gereja pada umumnya. Gereja seluas 20 hektar ini didesain dengan arsitektur yang mempertahankan kaidah rumah adat Bali. Namun jangan salah, gedung ini tetaplah gereja untuk umat Kristiani beribadah.

Di atas gereja ini, kamu akan menemukan kayu salib besar. Semakin unik lagi, kalau Sobat Pesona merayakan Natal di salah satu gereja ikonik di Bali ini, kamu akan menikmati perayaan Natal yang luar biasa karena pendeta yang berkhotbah menggunakan pakaian adat khas Bali sambil diiringi musik gamelan tradisional Bali.

Berdirinya Gereja Pniel yang istimewa ini membawa kegembiraan tersendiri bagi warga Desa Blimbingsari. Saat turis domestik dan internasional berdatangan, desa ini akan mendapatkan perhatian dan pengakuan dari seluruh dunia. Tempat yang pas untuk momen Natalmu yang meriah dan semarak!

Alamat: Blimbingsari, Kec. Melaya, Kabupaten Jembrana, Bali 82252

4. Gereja Katedral Denpasar

Satu lagi yang wajib dikunjungi yakni Gereja Katedral Denpasar, dikenal juga dengan nama Katedral Roh Kudus, dibangun pada 1993 dan menjadi bangunan keagamaan yang tergabung dalam persatuan Gereja Katolik di Denpasar. Meski telah berdiri lama, bangunan dari gedung gereja ini tetap kokoh dan mempesona. Tampak luar bangunannya juga sangat unik, didominasi dengan warna bata dan eksterior nuansa Bali akan meninggalkan pemandangan indah dan menarik perhatian, ditambah saat langit cerah.

Konsep desain Gereja Katedral Roh Kudus ini menjadi bukti bahwa umat Kristen dan Hindu di Bali sangat mempertahankan hidup yang harmonis di pulau ini. Elemen gereja berpadu dengan estetika tradisional Bali sangat terlihat jelas di bangunan gereja ini. Siap mampir dan mengabadikan momen Natalmu di sini?

Alamat: Jl. Tukad Musi No.1, Sumerta Kelod, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80234

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gereja gereja katolik Gereja Mormon gereja gbi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top