Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Survei: Singapura Jadi Negara Tujuan Favorit Perusahaan Jepang

Turis Jepang ternyata sangat menyukai Singapura untuk menjadi tujuan wisata mereka di kala liburan.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 23 Desember 2022  |  21:54 WIB
Survei: Singapura Jadi Negara Tujuan Favorit Perusahaan Jepang
Patung Merlion di Marina Bay, Singapura - Wikimedia Commons
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lebih dari 90 persen perusahaan Jepang akan mempertahankan operasi bisnis mereka di Singapura bahkan memiliki rencana untuk memperluas operasi mereka di negara tersebut.

Dikutip dari The Straites Times, laporan ini berasal dari Japan External Trade Organisation (Jetro) yang memang memuat survei tahunan tentang kondisi bisnis perusahaan Jepang di kawasan Asia-Pasifik, Kamis (23/12/2022).

Menurut survei, 44,6 persen perusahaan Jepang di Singapura merencanakan melakukan ekspansi bisnis ke Singapura dan sebesar 52,6 persen perusahaan Jepang akan terus mempertahankan perusahaannya untuk terus operasi di Singapura.

Selain itu, perusahaan Jepang pun berencana memperluas bisnis mereka ke beberapa kandidat negara lainnya, seperti India (72,5 persen), Bangladesh (71,6 persen) dan Vietnam (60 persen).

Namun, dengan semakin banyak perusahaan Jepang yang berekspansi ke Singapura, nyatanya mengundang kekhawatiran bagi para pebisnis soal kenaikan upah (70,9 persen). Disusul sebanyak 69 persen mengkhawatirkan kenaikan biaya pengadaan.

Beberapa kekhawatiran lainnya juga muncul terkait fluktuasi nilai tukar, pertumbuhan pangsa pasar pesaing, dan kesulitan mendapatkan klien baru.

Menariknya, meski upah diprediksi akan mengalami kenaikan, tapi sebanyak 39 persen perusahaan yang disurvei di Singapura mengatakan mereka akan tetap menambah jumlah karyawan lokal dalam satu hingga dua tahun ke depan.

Operasi bisnis sadar lingkungan telah menjadi lebih penting bagi perusahaan, dengan 46,4 persen perusahaan Jepang di Singapura telah melakukan upaya dekarbonisasi dan 26,4 persen berencana melakukan hal yang sama.

Survei yang telah berlangsung sejak 1987 itu dilakukan sejak 22 Agustus hingga 21 September 2022, dengan tanggapan valid dari 4.392 perusahaan. Dari perusahaan-perusahaan ini, 404 perusahaan berasal dari Singapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

singapura jepang wisata
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top