Patung Merlion di Marina Bay, Singapura/Wikimedia Commons
Travel

Survei: Singapura Jadi Negara Tujuan Favorit Perusahaan Jepang

Arlina Laras
Jumat, 23 Desember 2022 - 21:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lebih dari 90 persen perusahaan Jepang akan mempertahankan operasi bisnis mereka di Singapura bahkan memiliki rencana untuk memperluas operasi mereka di negara tersebut.

Dikutip dari The Straites Times, laporan ini berasal dari Japan External Trade Organisation (Jetro) yang memang memuat survei tahunan tentang kondisi bisnis perusahaan Jepang di kawasan Asia-Pasifik, Kamis (23/12/2022).

Menurut survei, 44,6 persen perusahaan Jepang di Singapura merencanakan melakukan ekspansi bisnis ke Singapura dan sebesar 52,6 persen perusahaan Jepang akan terus mempertahankan perusahaannya untuk terus operasi di Singapura.

Selain itu, perusahaan Jepang pun berencana memperluas bisnis mereka ke beberapa kandidat negara lainnya, seperti India (72,5 persen), Bangladesh (71,6 persen) dan Vietnam (60 persen).

Namun, dengan semakin banyak perusahaan Jepang yang berekspansi ke Singapura, nyatanya mengundang kekhawatiran bagi para pebisnis soal kenaikan upah (70,9 persen). Disusul sebanyak 69 persen mengkhawatirkan kenaikan biaya pengadaan.

Beberapa kekhawatiran lainnya juga muncul terkait fluktuasi nilai tukar, pertumbuhan pangsa pasar pesaing, dan kesulitan mendapatkan klien baru.

Menariknya, meski upah diprediksi akan mengalami kenaikan, tapi sebanyak 39 persen perusahaan yang disurvei di Singapura mengatakan mereka akan tetap menambah jumlah karyawan lokal dalam satu hingga dua tahun ke depan.

Operasi bisnis sadar lingkungan telah menjadi lebih penting bagi perusahaan, dengan 46,4 persen perusahaan Jepang di Singapura telah melakukan upaya dekarbonisasi dan 26,4 persen berencana melakukan hal yang sama.

Survei yang telah berlangsung sejak 1987 itu dilakukan sejak 22 Agustus hingga 21 September 2022, dengan tanggapan valid dari 4.392 perusahaan. Dari perusahaan-perusahaan ini, 404 perusahaan berasal dari Singapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro