Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Simak 7 Rekomendasi Wisata Aceh, Banyak pantai yang Eksotis

Beberapa tempat wisata aceh ini wajib kamu kunjungi jika kamu sedang berlibur kesana. Simak penjelasan lengkapnya.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 23 Desember 2022  |  18:29 WIB
Simak 7 Rekomendasi Wisata Aceh, Banyak pantai yang Eksotis
Wisata Aceh - Kemendikbud
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kota Serambi Mekkah ini merupakan provinsi paling barat Indonesia dan paling utara di pulau Sumatera. Provinsi Aceh ini memiliki banyak potensi dari potensi alam, wisata, budaya, sumber daya manusia hingga sejarahnya yang sangat Panjang. Untuk itu, kamu perlu mengetahui wisata Aceh. 

Daerah yang memiliki otonomi khusus ini, meskipun dikabarkan menerapkan perda syariah, tidak membuat gentar bagi wisatawan untuk mengunjungi berbagai macam tempat populer di aceh. Bagian utara aceh berbatasan dengan Teluk Benggala, di sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia, di sebelah tenggara dan selatan berbatasan dengan Sumatra Utara. 

Berikut ini adalah beberapa wisata Aceh yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Pantai Sumur Tiga

Pantai ini berjarak 2 kilometer dari kota Sabang. Jika kamu berada di bundaran depan warung kopi The Sago kamu bisa belok kanan. Jika tidak membawa kendaraan pribadi, kamu juga bisa sewa tukang becak sambil menikmati jalanan aceh. Tekstur pasir yang lembut dan putih berkilauan menjadikan pinggiran pantai cocok sebagai pilihan yang tempat untuk bersantai.

2. Pantai lhoknga

Pantai ini merupakan wisata populer yang lebih dikenal dengan lapangan golf, aktivitas surfing dan memancing. Khusus untuk surfing, ombak di pantai yang besar dan seram tentunya sudah terkenal di kalangan peselancar internasional. Kamu bisa mencoba berselancar di laut biru jernih dengan ombak setinggi 1,5 hingga 2 meter. 

3. Pulau Weh Sabang

Kamu bisa mendapatkan pengalaman dan teman baru sambil menikmati indah dan eksotisnya wisata di Pulau Weh. Tempat wisata aceh ini terletak di Sabang tepatnya di laut Andaman. 

4. Goa Sarang

Goa ini memiliki mulut yang langsung menghadap ke laut. Oleh karena itu, jika cuaca sedang cerah, kamu bisa melihat kabupaten Aceh Besar yang terletak di seberang pulau. Pemandangan matahari terbenam di Goa Sarang menjadikan daya tarik tempat wisata Aceh yang sayang untuk kamu lewatkan. 

5. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid ini sudah dibangun sejak 1612 dan menjadi wisata religi yang tidak boleh kamu lewatkan. Masjid ini Ketika peristiwa tsunami yang menjadi tempat masyarakat untuk berlindung. Masjid yang sangat bersejarah bagi masyarakat aceh ini dibangun oleh Sultan Aceh Kala yaitu Sultan Iskandar Muda.

6. Rumah Cut Nyak Dien

Di museum ini kamu bisa melihat arsip-arsip perjuangan beliau dalam perjuangannya mengusir penjajah Belanda. Namun sayangnya rumah tersebut hanya replika karena rumah aslinya sudah terbakar di tahun 1896. Ada bagian yang masih asli diantaranya adalah sumur tinggi dimana bibir sumur itu bisa sampai ke lantai dua rumah Cut Nyak Dien. 

7. Air Terjun Kuta Malaka

Dari kota aceh kamu hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk bisa mencapai Desa Sumahani dimana air terjun itu berada. Meskipun begitu, wisatawan yang ingin pergi ke air terjun ini membutuhkan waktu beberapa jam karena letak bukitnya yang tinggi. 

Itulah beberapa wisata aceh yang wajib kamu kunjungi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata Pariwisata destinasi wisata Destinasi Pariwisata Indonesia wisata alam aceh
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top