Gunung Tambora menjadi objek wisata Sumbawa/Instagram
Travel

Simak 7 Rekomendasi Wisata Sumbawa yang Instagramable dan Hits

Hana Fathina
Rabu, 21 Desember 2022 - 14:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Destinasi wisata yang berada di Indonesia yang wajib kamu kunjungi adalah Sumbawa. Sumbawa merupakan destinasi terbaik di Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu pulau yang cantik dan menawan. Banyak sekali wisata Sumbawa yang menarik perhatian para wisatawan. 

Pulau Sumbawa jadi salah satu pulau yang menarik untuk dikunjungi. Pulau ini terbagi menjadi enam wilayah yaitu Kota Bima, Kota Sumbawa Besar, Kabupaten Sumbawa Barat, dan Kabupaten Bima. 

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi wisata Sumbawa yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

1. Pulau Kenawa

Pulau yang tidak berpenghuni ini seluas 15 hektar sering kali jadi tempat berkemah atau untuk berfoto saja karena memang memiliki pemandangan yang indah. Kamu bisa ke tempat ini berdasarkan musim, karena warna rerumputan di Pulau Kenawa sangat bergantung pada musim. Jika kamu ke pulau ini, kamu juga harus membawa air bersih. Karena di pulau ini tidak ada mata air. 

2. Gili Bola atau Pulau Bedil

Pulau ini ditumbuhi ratusan pohon kelapa. Hanya ada satu bangunan yang berdiri di pulau ini yaitu rumah penjaga pulau. Untuk berkunjung ke pulau ini, kamu harus nyebrang dari labuan Bajo. Sebenarnya ada beberapa ‘gili’ atau pulau kecil di sekitarnya seperti Gili Panjang, Gili Temudong atau Gili Keramat.

3. Pantai Maluk

Pantai ini disebut-sebut sebagai tempat selancar terbaik di Sumbawa. Pada bulan Juni hingga Agustus hampir semua penginapan di sekitar pantai ini akan dipenuhi dengan surfer. Ombak di pantai ini disebut dengan ‘super suck’ karena ketinggiannya hampir mencapai 2 meter, tetapi pecah sebelum sampai di tepi pantai. Hal ini dikarenakan oleh dua bukit tinggi yang mengapit pantai, sehingga jika kamu tidak ingin berselancar kamu bisa tetap berenang di pinggir pantai dengan aman. 

4. Air Terjun Agal

Terletak di kedalaman hutan yang masih terjaga keasliannya membuat siapa saja yang berkunjung kesini akan merasakan ketenangan. sehingga banyak yang melakukan meditasi ketenangan hati di tempat ini. 

Udaranya yang segar sangat berbeda dengan udara di perkotaan yang penuh dengan polusi. Aliran air terjun yang cantik yang terletak diantara rimbunnya pepohonan hijau dan batu-batu karang membuat spot nya lebih menarik.

5. Air Terjun Mata Jitu

Air terjun ini memiliki nama lain yaitu air terjun Putri Diana. Diberikan nama ini karena kerjaan Inggris pernah mengunjungi tempat ini. keindahan air terjun memang tidak ada duanya dengan empat undakan dan tujuh kolam. Keindahannya memang begitu menakjubkan. Aliran airnya yang jernih membuat siapa saja ingin bermain air. 

6. Gunung Tambora

Gunung indah di Indonesia ini memiliki ketinggian 2.851 Mdpl. Tidak hanya memiliki kaldera terbesar, tetapi gunung ini juga sarat akan sejarah. Gunung ini merupakan gunung dengan letusan terbesar di era peradaban manusia dan letusannya telah mengubur tiga kerajaan pada saat itu. 

Untuk mencapai ke puncak gunung ini kamu harus melakukan hiking atau trekking. Kamu bisa menikmati pemandangan yang sangat cantik dari puncak gunung, entah itu sunset atau sunrise. 

7. Pulau Paserang

Pulau ini memberikan banyak keindahan bagi daerah tersebut. Pulau Pasarean ini memiliki wilayah perbukitan dan kamu bisa menikmati pemandangan dari atasnya. Memiliki pasir putih lembut dengan kontur pantai landai dan terdapat juga tanaman-tanaman bakau di pulau ini. 

Itulah beberapa rekomendasi wisata Sumbawa yang bisa kamu kunjungi karena memiliki pemandangan yang eksotis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro