Inilah 10 Tempat Wisata Kulon Progo Terpopuler - Dok. Dinas Pariwisata Kulon Progo
Travel

Ini 10 Rekomendasi Tempat Wisata Kulon Progo yang Lagi Hits

Nuraini
Selasa, 20 Desember 2022 - 22:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Yogyakarta punya banyak tempat wisata menarik. Tidak hanya di pusat kota, ada juga tempat wisata Kulon Progo yang menarik untuk dikunjungi. 

Rekomendasi Destinasi Wisata di Kulon Progo

Kulon Progo merupakan sebuah kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal dengan penghasil buah salak. Kalau Anda sedang di Kulon Progo dan ingin berkunjung ke tempat wisata menarik, berikut rekomendasinya untuk Anda. 

1. Gunung Ijo

Wisata di Kulon Progo yang pertama adalah Gunung Ijo. Dari atas ketinggian 1.000 mdpl, Anda dapat menyaksikan pemandangan Waduk Sermo dan hamparan pegunungan di Kulon Progo. Beberapa fasilitas yang bisa digunakan disini antara lain lahan parkir, mushola, kamar mandi, tempat istirahat, warung makan, dan masih banyak lagi.

Alamat : Desa Plampang, Kec. Kokap, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 

Harga tiket masuk : Rp 3.000

2. Puncak Suroloyo

Berbeda dengan Gunung Ijo, dari atas Puncak Suroloyo Anda bisa menikmati pemandangan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Krakatau, dan Gunung Merbabu. Jika tidak berkabut, Anda juga bisa melihat Candi Borobudur dari kejauhan. 

Alamat : Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga tiket masuk : Rp 5.000

3. Waduk Mini Kleco

Pilihan wisata Kulon Progo yang satu ini punya pemandangan alam yang eksotis. Selain menawarkan lanskap waduk yang menenangkan, tempat wisata ini juga menyuguhkan pesona perbukitan indah dan sejuk. Ketika berkunjung di pagi hari, Anda bisa melihat sunrise dan Gunung Merapi dari kejauhan.

Alamat : Dusun Ngesong, Desa Giripurwo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 

Harga tiket masuk : Rp 3.000

4. Pantai Glagah

Pantai Glagah menjadi Kulon Progo wisata yang tak kalah indah. Pantai ini punya pasir hitam luas yang berlaguna. Laguna adalah pemecah ombak. Ada juga kawasan gumuk pasir dengan rumput grinting dan laguna Glagah untuk aktivitas perahu wisata, kano, kayak, berenang atau memancing. 

Alamat : Desa Glagah, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 

Harga tiket masuk : Rp 6.000

5. Taman Sungai Mudal

Wisata di Kulon Progo ini punya daya tarik kolam pemandian dengan sumber mata air alami yang berasal dari gowa. Istilah Mudal merujuk pada kondisi air yang tidak pernah surut, selalu melimpah, jernih, dan bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. 

Alamat : Banyunganti, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga tiket masuk : Rp 10.000

6. Hutan Pinus Girimulyo

Tempat wisata Kulon Progo selanjutnya adalah Hutan Pinus Girimulyo. Lokasinya berada di atas pegunungan sehingga menambah kesan asri dan sejuk. Dari sini, Anda dapat menikmati pemandangan hutan yang indah dengan pegunungan yang masih terjaga keasriannya. 

Alamat : Desa Girimulyo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga tiket masuk : Rp 5.000

7. Bukit Cendana

Dari bukit, Anda dapat menikmati sunset yang elok. Wisata Kulon Progo Jogja yang satu ini punya spot foto yang instagramable, mulai dari latar belakang sunset, padang rumput, dan beberapa spot foto buatan lainnya. 

Alamat : Tegiri, Hargowilis, Kokap, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 

Harga tiket masuk : Rp 5.000

8. Tebing Gunung Gajah

Tebing Gunung Gajah juga punya spot foto unik, seperti spot foto bentuk bulan sabit, sky bar, dan love lock. Keindahan destinasi wisata Kulon Progo ini tidak perlu diragukan karena Anda bisa menyaksikan panorama perbukitan dan Waduk Sermo dari atas ketinggian 900 meter. 

Alamat : Teganing 2, Hargotirto, Kokap, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga tiket masuk : Rp 15.000

9. Goa Kebon

Tempat ini memiliki air terjun jernih dan segar. Selain itu, ada juga batu stalaktit dan stalakmit yang cantik untuk difoto. Meski bukan tempat wisata Kulon Progo terbaru, Goa Kebon tetap menarik untuk dikunjungi.

Alamat : Krembangan, Kec. Panjatan, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga tiket masuk : Rp 4.000

10. Kebun Teh Nglinggo

Tempat wisata di Kulon Progo Jogja yang terakhir yaitu Kebun Teh Nglinggo. Pengunjung yang datang dapat memetik daun teh saat musim panen tiba. Kebun teh satu-satunya di Daerah Istimewa Yogyakarta ini punya total luas lahan sekitar 200 hektar. 

Alamat : Pagerharjo, Kec. Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga tiket masuk : Rp 3.000

Itulah 10 tempat wisata Kulon Progo yang lagi hits. Anda bisa berkunjung ke tempat-tempat tersebut untuk menghabiskan waktu libur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro