Objek wisata alam di Nusa Tenggara Barat
Travel

Ini 7 Rekomendasi Wisata Nusa Tenggara Barat yang Indah dan Hits

Hana Fathina
Senin, 19 Desember 2022 - 22:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Nusa Tenggara Barat merupakan sebuah provinsi di Timur Indonesia, letaknya berada di tengah-tengah antara provinsi Bali dan Nusa Tenggara Timur. Jika kamu mendengar NTB yang ada di pikiran kamu pasti pulau Lombok yang eksotis itu. Tempat wisata Nusa Tenggara Barat memang selalu menawarkan keindahan alam yang begitu memanjakan mata. 

Tempat wisata Nusa Tenggara Barat makin ramai disorot ketika diadakannya MotoGP Mandalika 2022. Hal itu dikarenakan banyak turis asing maupun wisatawan Indonesia yang kagum dengan objek wisata NTB usai balap internasional tersebut. 

Berikut ini adalah beberapa wisata Nusa Tenggara Barat yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Bukit Pergasingan

Bukit ini berada tidak jauh dari Gunung Rinjani. Ketinggian bukit ini mencapai 1.670 mdpl. Bukit ini menawarkan pemandangan yang sangat indah. Salah satunya keindahan Gunung Rinjani yang kokoh di depan bukit tersebut. Wisatawan yang senang berkegiatan ekstrem, bisa menikmati paralayang dan sepeda downhill di bukit ini. 

2. Desa Wisata Sade

Tidak hanay wisata alam, wisata budaya juga menjadi daya tarik wisatawan Ketika berkunjung ke tempat ini. misalnya saat berkunjung ke Desa Wisata Sade, wisatawan akan melihat langsung rumah adat suku asli NTB yaitu suku Sasak. 

Ciri khas rumah adat suku Sasak yaitu beratapkan Jerami dan alang-alang. Menariknya, atap itu tidak akan tembus air hujan. Daya tarik lainnya adalah pondasi rumah tersebut dibuat dari tanah liat yang dicampur dengan sekam padi.

3. Goa Prabu Bangkang

Goa ini terbilang unik karena adanya kumpulan kelelawar sub-ordo Microchiroptera. Bahkan, kelelawar itu banyaknya hingga ratusan ribu ekor. Saking ramainya kelelawar bergelantungan, menjadikan langit-langit goa hitam pekat. 

4. Gili Trawangan

Di tempat ini kamu tidak hanya bisa melihat keindahan terumbu karang dan ikan yang berwarna-warni tetapi juga fenomena alamnya. Gili Trawangan memiliki tempat untuk melihat sunset yang paling cantik yaitu pantai Gili Trawangan. Pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin melihat sunset.

5. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi ini menyuguhkan gradasi warna pasir pantai dan hitam ke putih. Air lautnya memiliki ombak yang tidak besar, jernih dan juga bersih. Ada banyak alasan pantai ini menjadi tempat wisata untuk para wisatawan penikmat perjalanan mancanegara. 

6. Desa Wisata Sukarara

Desa ini dikenal sebagai desa pengrajin kain tenun Lombok. Proses pembuatan kain tenun masih menggunakan cara tradisional, serta berbeda dengan proses pembuatan kain tenun lainnya. Selain itu, motif kain tenun Lombok sangat orisinil seperti kain motif Keker, Nanas, Subanala. Wisatawan juga bisa berkunjung langsung cara pembuatan kain tenun khas Lombok Ketika berkunjung langsung ke Desa Sukarara. 

7. Danau Segara Anak

Danau ini memiliki kedalaman yang mencapai sekitar 230 meter. Danau ini berada di ketinggian 2.008 mdpl tepatnya di Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, Desa Sembalun Lawang. Meskipun berada di ketinggian, pengunjung bisa memancing, berenang atau berendam air panas. Daya tarik danau ini adalah pesona Gunung baru yang bisa dilihat dari seberang Danau Segara Anak. 

Itulah beberapa rekomendasi wisata Nusa Tenggara Barat yang wajib kamu kunjungi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro