10 Tempat Wisata Bromo Terkenal, Pemandangannya Menakjubkan - Kemenparekraf
Travel

Simak 10 Tempat Wisata Bromo yang Terkenal dan Instagramable

Nuraini
Minggu, 18 Desember 2022 - 23:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wisata Bromo sangatlah terkenal bahkan hingga mancanegara. Bromo merupakan nama gunung di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Tidak hanya terkenal dengan gunungnya, wisata di kawasan bromo lainnya seperti padang savana, padang rumput, hingga perbukitan sudah dikenal luas dan sangat layak untuk dikunjungi. 

Daftar Tempat Wisata di Bromo 

Wisata sekitar bromo menyuguhkan beragam keindahan alam yang memesona. Kalau Anda ingin berlibur, wisata bromo bisa menjadi pilihan. Berikut rekomendasi wisata bromo yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda. 

1. Pasir Berbisik

Pasir Berbisik berada di sebelah timur kawah Bromo. Dinamakan dengan pasir berbisik karena ketika tertiup angin, banyak butiran pasir beterbangan dan terdengar seperti bisikan di telinga. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan disini selain berfoto, seperti menunggangi kuda dan mengendarai motor trail.

2. Gunung Penanjakan 1

Gunung Pananjakan 1 berada di daerah barat daya Gunung Bromo. Objek wisata ini terkenal dengan spot sunrise yang menawan. Dari atas ketinggian 2.774 mdpl, Anda dapat melihat jajaran gunung-gunung di sekitar kawasan Bromo. 

3. Bukit Teletubbies

Bukit teletubbies berada di sisi Gunung Bromo. Tempat wisata di Bromo ini juga menyajikan pemandangan sunrise yang indah ketika pagi hari. Ketika siang hari, terlihat pemandangan hamparan rumput hijau dan padang ilalang luas yang menyegarkan mata. 

4. Pura Luhur Poten

Wisata sekitar bromo ini memiliki punya tiga bangunan utama, yakni Mandala Utama, Mandala Padma, dan Mandala Madya. Pura Luhur Poten menjadi lokasi tahunan penyelenggaraan upacara adat Yadnya Kasada. Mengingat pura adalah tempat ibadah, jadi kalau berkunjung kesini harus menjaga sopan santun. 

5. Padang Rumput Savana

Padang Savana Bromo disebut juga dengan Lembah Jemplang yang lokasinya berada di sisi selatan Gunung Bromo. Dari sini, Anda bisa melihat berbagai jenis bunga dan menikmati pemandangan padang rumput hijau luas yang sejuk. 

6. Kawah Gunung Bromo

Wisata dekat bromo selanjutnya adalah Kawah Bromo. Banyak wisatawan berkunjung kesini karena ingin melihat keunikan bentang alam dan melihat upacara adat rutin yang digelar setiap tahunnya. Untuk sampai di puncak Kawah Bromo, Anda perlu menaiki anak tangga.

7. Bukit Cinta

Bukit Cinta berada di lereng Gunung Pananjakan. Wisata dekat bromo yang satu ini punya ketinggian 2.680 mdpl. Terkenal sebagai alternatif lokasi untuk menyaksikan sunrise pagi dengan spot terbaiknya adalah Gunung Batok dengan latar belakang Kawah Bromo. 

8. Bukit Kingkong

Wisata Gunung Bromo ini dinamakan dengan Bukit Kingkong karena salah satu sisi tebing di sekitar bukit menonjol menyerupai kepala kingkong. Bukit kingkong juga dikenal sebagai Bukit Kedaluh. Terkenal dengan spot sunrise terbaik di kawasan bromo. 

9. Bukit Mentigen

Lokasinya tidak jauh dari pintu masuk Taman Nasional Gunung Bromo Tengger. Ada dua opsi yang bisa dipilih agar wisatawan bisa sampai ke atas puncak yakni dengan berjalan kaki ataupun naik ojek. Bukit ini memang tidak terlalu tinggi, namun tetap menyajikan pemandangan sunrise terbaik di Bromo. 

10. B 29 Argosari

B 29 Agrosari adalah puncak tertinggi di kawasan wisata Gunung Bromo dengan ketinggian 2.900 mdpl. Oleh sebab itu, wisata ini disebut juga dengan Negeri di Atas Awan. Disini, Anda bisa menikmati alam dan mengabadikan momen indah sunrise dan sunset dengan latar belakang awan dan pegunungan. 

Itulah 10 rekomendasi wisata Bromo yang paling terkenal dan paling layak untuk dikunjungi. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi wisata Bromo terbaru yang akan membuat liburan Anda semakin lengkap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro