Objek wisata Gilimanuk/istimewa
Travel

Simak 7 Rekomendasi Wisata Gilimanuk yang Wajib Dikunjungi

Hana Fathina
Sabtu, 17 Desember 2022 - 10:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi Ketika sedang berlibur ke Bali barat, salah satunya wisata Gilimanuk. Bali Barat memiliki tempat wisata yang tidak kalah menarik dan indah dengan wilayah Bali lainnya. 

Sebagai titik awal atau pintu gerbang untuk menginjakkan kaki di Pulau Bali melalui jalur laut, Pelabuhan Gilimanuk tentunya sangat ramai dikunjungi oleh warga yang akan menuju atau keluar Bali. Bagi yang kebetulan ke Bali atau akan keluar Bali melalui Gilimanuk, kamu juga bisa mencari tempat wisata di sekitar Pelabuhan. 

Berikut ini adalah beberapa wisata Gilimanuk yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Teluk Gilimanuk

Lokasi ini berupa taman dengan beberapa bale bengong atau bangunan kecil di pinggir pantai yang digunakan untuk istirahat bagi pengunjung. Masuk ke lokasi ini gratis sehingga cukup banyak orang yang datang baik warga lokal maupun wisatawan. Di pantai ini juga disediakan perahu motor untuk keliling teluk dengan panorama yang indah. 

2. Pantai Yeh Leh

Dengan nuansa laut lepas, puluhan pohon kelapa dan patung sapi yang menjadi ikon kabupaten Jembrana ini terlihat banyak disinggahi pengguna kendaraan yang melintas terutama kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil. Lokasi ini dilengkapi dengan beberapa warung makanan sehingga bisa menghilangkan haus dan lapar dengan menu sajian warung muslim.

3. Taman Nasional Bali Barat

Di Kawasan ini terdapat hewan endemik asli Bali yang dilindungi oleh pemerintah yang bernama Burung Jalak Bali. Kawasan Taman nasional Bali Barat merupakan Kawasan hutan yang sangat luas dan rindang. Hutan ni juga terlihat dari jalan raya, bahkan bisa digunakan juga untuk beristirahat. 

4. Museum manusia Purba Gilimanuk

Museum ini berlokasi dekat dengan Pelabuhan Gilimanuk dan merupakan situs prasejarah yang menyimpan peninggalan masa lalu berupa sisa-sisa kehidupan. Sangat cocok dikunjungi untuk mengenal kehidupan manusia purba di tempo dulu yang tidak mengenal peradaban yang modern seperti zaman sekarang ini.

5. Vihara Empu Astapaka

Di desa Gilimanuk ini terdapat sebuah patung Buddha berwarna putih setinggi 12 meter yang berdiri di atas sebuah candi berukiran khas Bali. Patung Budha ini berada di sebuah Vihara yang bernama Vihara Empu Astapaka. Jika kamu akan ke Pelabuhan Gilimanuk, kamu akan menemukan patung megah ini di sebelah kiri jalan raya. 

6. Pantai Baluk Rening

Pantai ini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit. Penyakit yang bisa disembuhkan antara lain asam urat dan rematik. Untuk merasakan khasiatnya, kamu harus berendam di air laut ini atau menimbun tubuh kamu dengan pasir. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna hitam tidak seperti pasir pantai pada umumnya. 

7. Pantai Medewi

Pantai ini memiliki ombak yang Panjang dan besar sehingga sangat cocok untuk para peselancar baik yang ahli ataupun yang masih pemula. Selain itu, kamu bisa menikmati keindahan matahari terbenam di pantai Mahadewi yang tenang ini. Untuk masalah akomodasi seperti penginapan dan restoran, kamu tidak perlu khawatir karena semua fasilitas itu tersedia di pantai ini. 

Itulah beberapa rekomendasi wisata Gilimanuk yang bisa kamu kunjungi Ketika baru datang ke Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro