10 Rekomendasi Wisata Semarang Keren dan Murah - Dok. KAI
Travel

Simak 10 Rekomendasi Wisata Semarang yang Hits dan Murah

Nuraini
Selasa, 13 Desember 2022 - 19:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kota Jamu adalah julukan bagi kota Semarang. Kota ini dikenal dengan berbagai destinasi wisatanya yang murah dan keren. Mulai dari wisata alam, wisata religi, sampai wisata seni, semuanya ada.

Kalau Anda sedang di Semarang dan ingin melakukan kunjungan wisata dengan budget yang murah, ini rekomendasi wisata Semarang khusus untuk Anda!

Tempat Wisata Di Semarang

Banyak tempat wisata Semarang yang sudah populer di kalangan wisatawan. Kalau Anda belum tahu, ini beberapa daftar tempat wisata Semarang yang keren dan murah.

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu artinya pintu seribu. Dulunya, Lawang Sewu dijadikan sebagai Pusat Kereta Hindia Belanda. Sempat juga digunakan sebagai kantor Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia dan Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer. Kalau sekarang, Lawang Sewu hanya dijadikan museum dan tempat wisata saja. 

Alamat : Jl. Pemuda No. 160, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132

Tiket : Rp 10.000 – 30.000

2. Sam Poo Kong

Sam Poo Kong adalah sebuah klenteng atau tempat peribadatan masyarakat Konghucu dengan arsitektur unik bernuansa China. Disana juga ada patung Laksamana Cheng Ho yang diyakini terbesar se-Asia Tenggara. Disana, Anda bisa menikmati keindahan klenteng Sam Poo Kong ataupun berfoto untuk di unggah ke sosial media. 

Alamat : Jl. Simongan No. 129, Bongsari, Kec. Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50148

Tiket : Gratis

3. Kota Lama

Bangunan-bangunan di Kota Lama sudah ada sejak zaman Belanda. Bahkan, Kota Lama disebut sebagai Little Netherland karena gaya bangunan khas Belanda yang berbeda dengan daerah di sekitarnya. Dengan begitu, tempat wisata Semarang ini dipenuhi dengan spot-spot foto yang instagramable. Meskipun tiket masuknya gratis, Anda tetap perlu menyiapkan uang agar bisa menikmati berbagai destinasi wisata yang ada.

Alamat : Jl. Letjen Suprapto No. 31, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50137

Tiket masuk : Gratis

4. Masjid Agung

Masjid Agung menjadi salah satu destinasi wisata religi di kota Semarang. Uniknya, masjid ini punya enam payung raksasa bak Masjid Nabawi di Madinah. 

Alamat : Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Kec. Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50166

Tiket : Rp 7.000

5. Umbul Sidomukti

Wisata alam Semarang ini memiliki kolam renang dari mata air alami. Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di Umbul Sidomukti, diantaranya berenang, bermain outbound, hingga sekadar nikmati pemandangan alam yang masih asri. 

Alamat : Jl. Umbul Sidomukti, Blanten Lor, Jimbaran, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

Tiket masuk : Rp 5.000 – 10.000

6. Kampung Pelangi

Sesuai dengan namanya, Kampung Pelangi adalah sebuah kampung yang semua rumah penduduknya dicat berwarna-warni. Kampung ini sudah indah, bahkan dari kejauhan. Ada banyak spot foto yang instagramable, jadi jangan sampai lupa untuk abadikan momen bila berwisata kesana.

Alamat : Jl. Dr. Sutomo No. 39, Randusari, Kec. Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50244

Tiket masuk : Rp 3.000

7. Setiya Aji Flower Farm

Tempat wisata Semarang ini sangat romantis. Pasalnya, tempat wisata ini penuh dengan bunga. Dengan harga tiket masuk yang murah, Anda sudah bisa menikmati hamparan bunga indah dan bersantai ria bersama dengan teman dekat, pacar, dan keluarga. 

Alamat : Jl. Kendalisodo, Piyoto, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614

Tiket masuk : Rp 5.000 – 7.500

8. Goa Kreo

Wisata alam Semarang ini terkenal dengan monyet ekor panjang dan goanya. Tidak hanya itu, disana juga ada fasilitas memancing, speedboat, dan banyak mainan anak seperti ayunan dan perosotan.

Alamat : Jl. Raya Goa Kreo, Kandri, Kec. Gunung Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah 50222

Tiket masuk : Rp 5.000

9. Pantai Marina

Wisata alam Semarang ini lebih indah dikunjungi ketika matahari terbenam. Selain menikmati matahari terbenam, di sana juga bisa bersepeda bersama dengan teman, pasangan, pacar ataupun keluarga. 

Alamat : Tawangsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50144

Tiket masuk : Rp 5.000

10. Semarang Contemporary Art Gallery

Tempat wisata Semarang ini populer di kalangan pecinta seni. Karya seni yang dipamerkan disini berasal dari tangan andal para seniman dari Indonesia. 

Alamat : Jl. Taman Srigunting No. 5 – 6, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174

Tiket masuk : Rp 20.000

Anda tidak perlu khawatir lagi untuk keluar banyak biaya kalau berwisata ke Semarang. Selain 10 tempat wisata yang sudah disebutkan, masih banyak lagi tempat-tempat lain yang menjadi tempat wisata Semarang terbaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro