4 Destinasi Wisata Tawangmangu yang Wajib Dikunjungi (instagram.com_lawumountai)
Travel

Simak 4 Destinasi Wisata Tawangmangu yang Wajib Dikunjungi

Nuraini
Kamis, 8 Desember 2022 - 19:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tawangmangu ini terletak di sisi kaki Gunung Lawu yang menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat Solo dan sekitarnya saat akan menikmati liburan. Pasalnya, di tempat ini banyak wisata Tawangmangu yang bisa membuat liburan semakin menyenangkan. 

Apa sajakah tempat wisata yang dapat dikunjungi saat berada di Tawangmangu? Ini daftarnya khusus untuk Anda. 

Destinasi Wisata di Tawangmangu

Tawangmangu merupakan salah satu tempat yang menyajikan destinasi wisata dengan panorama alam dan udara yang sangat sejuk. Hal ini yang membuat banyak pengunjung memilih untuk berlibur ke daerah Tawangmangu.

Berikut ini rekomendasi 4 tempat wisata yang ada di Tawangmangu yang cocok dikunjungi saat liburan.

1. Candi Cetho

Tempat wisata Tawangmangu yang pertama yaitu situs sejarah Candi Cetho yang letaknya di lereng Gunung Lawu. Tempat wisata ini merupakan salah satu yang populer di Tawangmangu. 

Agar bisa sampai ke lokasi candi ini, pengunjung harus melewati jalur yang sama dengan jalur untuk menuju ke air terjun Grojogan Sewu. Hal inilah yang membuat area Candi Cetho terasa sangat sejuk. 

Candi Cetho ini juga terletak di area yang dekat dengan Candi Sukuh. Tarif untuk masuk ke Candi Cetho juga sangat terjangkau yaitu Rp7.000 saja.

2. Air Terjun Grojogan Sewu

Destinasi wisata di Tawangmangu selanjutnya yaitu air terjun Grojogan Sewu. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya untuk sampai ke Candi Cetho Anda harus melewati air terjun Grojogan Sewu. Sebelumnya, Anda bisa mampir terlebih dahulu untuk menikmati pemandangan alam di air terjun ini. 

Air terjun ini dinamakan sebagai Grojogan Sewu karena memiliki cabang yang lebih kecil dan juga jumlah cabang air sangat banyak. Tiket masuk untuk bisa mengunjungi air terjun Grojogan Sewu ini juga terbilang murah yaitu hanya Rp15.000 untuk tiap orangnya.

3. Kawasan Wisata Gunung Lawu

Kawasan Tawangmangu wisata selanjutnya yang bisa dikunjungi saat liburan yaitu wisata Gunung Lawu. Kawasan Gunung Lawu yang terletak di 3 wilayah ini membuat banyak pengunjung yang berasal dari berbagai wilayah. 

Gunung ini memiliki 3 puncak yang sangat terkenal yaitu ada Puncak Hargo Dumilah, Puncak Hargo Dumiling, dan Puncak Hargo Dalem. 

Lereng Gunung Lawu juga memiliki pemandangan yang tak kalah memukau. Ada Telaga Sarangan dan ada juga Tawangmangu Resort yang saat ini tengah viral. 

Gunung Lawu merupakan salah satu gunung yang dianggap sakral dan masih sering menjadi pusat ritual di malam 1 suro. Bagi pengunjung yang akan datang ke gunung ini harus membayarkan biaya retribusi sebesar Rp20.000.

4. Lawu Park

Wisata Tawangmangu viral selanjutnya yang bisa Anda kunjungi yaitu Lawu Park. Lawu Park ini merupakan destinasi wisata yang menampilkan panorama alam yang luar biasa. Di sini Anda bisa menikmati pemandangan hutan pinus yang sangat asri. 

Wisata Lawu Park juga memiliki berbagai wahana menarik yang bisa Anda nikmati seperti Jeep Adventure, Flying Fox, Trail Adventure, dan ATV. Selain itu, pengunjung bisa menikmati film dokumenter, camping, hingga outbound. 

Tiket masuk yang harus dibayarkan untuk bisa menikmati keseruan di tempat wisata ini yaitu Rp20.000 untuk dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak.

Itulah beberapa tempat wisata di Tawangmangu yang bisa Anda kunjungi. Selain itu, masih ada banyak sekali tempat wisata Tawangmangu terbaru yang bisa menjadi pilihan wisata saat ada waktu kosong. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro