Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Simak 7 Rekomendasi Wisata Padang yang Hits, Wajib Kesini!

Wisata padang ini cocok untuk kamu kunjungi jika kamu menyukai sejarah. Simak daftar lengkapnya. 
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 08 Desember 2022  |  12:56 WIB
Simak 7 Rekomendasi Wisata Padang yang Hits, Wajib Kesini!
Masjid Raya Sumatra Barat menjadi destinasi wisata di Padang. - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wisata padang bisa menjadi tempat liburan yang tentunya menyenangkan. Sumatera Barat memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik, mulai dari wisata alam hingga kebudayaannya. Kota Padang sendiri memiliki wilayah yang berbatasan langsung dengan laut, sehingga di kota ini terdapat pantai yang bisa kamu kunjungi. 

Selain itu, ada juga beberapa pulau indah yang bisa kamu kunjungi dengan menyebrang menggunakan perahu. Tempat wisata di Padang terdiri dari pantai-pantai yang indah, hingga bangunan yang kental dengan nilai budayanya. 

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi wisata padang yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid ini termasuk salah satu landmark dari Padang Sumatera Barat. Dari kejauhan, kamu pastinya sudah melihat keunikannya yang mencolok. Bentuknya memang didesain menyerupai Rumah Gadang, dengan ujungnya yang lancip. 

Ujungnya melambangkan kain yang dipegang sudutnya oleh 4 pemimpin suku Quraisy dalam mengangkat Hajar Aswad yang sekarang dikenal dengan Mekkah. Selain arsitekturnya yang unik, masjid ini juga dilengkapi dengan fasilitas umum seperti taman, ruang serbaguna hingga fasilitas Pendidikan. 

2. Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau

Tempat ini merupakan kompleks rumah gadang yang megah dan masih terawat dengan baik. Di sini, kamu tidak hanya bisa melihat dan mempelajari rumah tradisional khas Minangkabau, tetapi juga mengetahui sejarah tentang Sumatera Barat, bahkan menyewa baju adatnya.

3. Pantai Pasir Jambak

Kamu bisa mengunjungi pantai ini jika kamu menyukai sunset. Pantai yang memiliki pasir putih kekuningan ini juga dipercantik dengan deretan gazebo dan pohon kelapanya. Kamu bisa puas berenang, bermain pasir atau menikmati hidangan seafood yang lezat di gazebo sambil menunggu turunnya matahari. 

4. Taman Siti Nurbaya

Taman Siti Nurbaya atau yang dikenal juga dengan Taman Gunung padang merupakan taman yang berada di dekat bukit dengan pepohonan hijau yang rindang. Taman ini terletak di sebelah barat kota Padang yang dihubungkan dengan Jembatan Siti Nurbaya. Di taman ini kamu bisa menemukan setumpuk batu yang dipercaya sebagai makam Siti Nurbaya.

5. Pulau Pasumpahan

Pulau ini berada di sisi barat Pantai Padang dengan luas sekitar 5 hektar. Pasir di pantai Pulau Pasumpahan berwarna putih, berpadu dengan jernihnya air laut yang berwarna biru sejauh mata memandang. Daya Tarik lain yang dimiliki tempat wisata di Padang ini adalah permukaan laut yang seolah terbagi menjadi tiga warna dengan gradasi warna bening, hijau dan juga biru. 

6. Kota Tua Padang

Kota Tua Padang merupakan deretan Gedung tua yang usianya hampir mencapai ratusan tahun. Wisata Padang yang satu ini membentang dari Jalan Muaro, Pasa Mudik, Pasa Gadang, Benteng Arau, Pasar Tanah Kongsi hingga wilayah pondok. Kota Tua Padang bisa kamu kunjungi jika tertarik dengan sejarah dan budayanya. 

7. Museum Adityawarman

Museum ini sering dijuluki dengan sebagai taman mininya Sumatera Barat. Wisata padang ini berada di area seluas 2,6 hektar dengan luas bangunan sekitar 2.855 m2. Di museum ini terdapat koleksi benda-benda bersejarah baik cagar budaya Minangkabau ataupun nasional. 

Itulah beberapa wisata padang yang bisa kamu kunjungi jika kamu sedang berlibur ke kota Padang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata Pariwisata destinasi wisata wisata alam padang
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top