Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Biaya Liburan Akhir Tahun Melonjak? Ini Tips yang Harus Anda Lakukan

Ketika liburan akhir tahun, biasanya biaya membengkak karena harga menjadi naik, berikut tips penting agar wisata Anda tetap menyenangkan.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 06 Desember 2022  |  16:26 WIB
Biaya Liburan Akhir Tahun Melonjak? Ini Tips yang Harus Anda Lakukan
Ilustrasi liburan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jelang akhir tahun, banyak orang mulai merencanakan liburannya, mungkin juga termasuk Anda.

Jika iya, maka Anda harus lebih ekstra persiapan, karena liburan di periode akhir tahun membutuhkan persiapan yang lebih matang, baik dari segi alokasi budget, logistik, kesehatan diri hingga rencana perjalanan.

Hal ini mengingat momen akhir tahun merupakan high season dan destinasi tujuan cenderung lebih ramai dibandingkan low season. 

Selain itu, liburan akhir tahun juga membutuhkan anggaran lebih tinggi. Sebagai gambaran, riset Pegipegi terhadap median harga hotel di 19 wilayah populer Indonesia menunjukkan, kenaikan harga hotel saat high season 15 persen lebih mahal dibandingkan low season.

Yogyakarta menjadi destinasi populer yang mengalami kenaikan harga tertinggi untuk semua kategori hotel, yakni 36 persen. Sementara itu, Jakarta menjadi yang terendah dengan kenaikan harga saat high season yaitu sebesar 9 persen.

Oleh karena itu, bagi yang sedang mempersiapkan traveling di akhir tahun, berikut delapan tips yang bisa Anda lakukan agar momen liburan tetap aman, nyaman, dan terjangkau:

1. Tentukan Jadwal Perjalanan

Hal ini merupakan aspek krusial yang patut Anda lakukan ketika ingin traveling di akhir tahun. Pastikan kapan dan berapa lama Anda melakukan perjalanan. Sebab, bagi Anda yang bekerja, perlu mengajukan cuti yang harus disampaikan ke perusahaan. Selain itu, dengan menentukan jadwal perjalanan, Anda memiliki perkiraan waktu yang jelas dalam mempersiapkan perjalanan, mulai dari budget, memesan akomodasi dan tiket transportasi, menyusun itinerary hingga merapikan perlengkapan dan bekal perjalanan. 

2. Jaga Kondisi Kesehatan

Liburan dalam kondisi tidak fit akan membuat pengalaman traveling Anda tidak nyaman. Oleh karena itu, pastikan menjaga kesehatan tubuh menjelang dan selama perjalanan. Jaga pola konsumsi makan dan minum yang sehat dan bergizi; istirahat yang cukup; dan lakukanlah olahraga ringan, seperti jogging. Dengan menjaga kesehatan, stamina Anda tetap terjaga dan momen liburan pun bisa berlangsung lebih lancar.

3. Persiapkan Budget Liburan 

Traveling menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk melepas penat dari rutinitas. Namun, Anda harus memastikan momen liburan tidak berakhir buruk karena budget yang dikeluarkan ternyata menguras tabungan. Alokasikan budget sesuai kemampuan dan kebutuhan ke dalam beberapa pos anggaran, seperti transportasi, penginapan, makanan, tiket masuk atraksi atau wahana hingga belanja oleh-oleh. 

4. Tentukan Destinasi Wisata

Kumpulkan informasi selengkap mungkin dari internet, media sosial, dan sumber lainnya dalam menentukan tujuan liburan Anda. Pastikan destinasi kota atau negara yang Anda kunjungi memiliki biaya hidup yang sesuai dengan alokasi budget yang sudah ditentukan. Anda juga bisa mencari tahu berbagai objek wisata di lokasi tujuan. Untuk menghemat budget, ada cukup banyak destinasi terbaik dengan harga tiket masuk yang terjangkau bahkan gratis. 

Jangan lupa untuk menggali informasi seputar akomodasi terdekat, cara menuju tempat wisata yang dipilih, berapa biaya transportasi yang harus dikeluarkan, hingga harga tiket masuk ke tempat-tempat wisata yang ingin dikunjungi.

5. Booking Akomodasi dan Tiket Transportasi Lebih Awal

Harga akomodasi dan tiket transportasi jelang liburan akhir tahun lebih mahal dibandingkan periode biasa. Pegipegi mencatat rata-rata kenaikan harga hotel saat high season yaitu 15 persen lebih mahal dibandingkan low season. Sedangkan untuk tiket transportasi liburan akhir tahun, seperti pesawat, diprediksi bakal meningkat sekitar 10 hingga 20 persen. 

Periode November hingga awal Desember merupakan momen terbaik bagi Anda untuk memesan akomodasi dan tiket transportasi agar lebih terjangkau. Dengan early booking, Anda bisa menghemat budget 15–35 persen untuk akomodasi dan 10–20 persen untuk tiket transportasi.

Selain early booking, Anda juga bisa memaksimalkan berbagai cara lain untuk mendapatkan harga terjangkau, seperti menginap di hari Minggu atau Senin, mengikuti flash sale, booking di hotel yang baru diresmikan, bergabung dengan loyalty program, hingga memanfaatkan penawaran spesial dari layanan finansial dan perbankan.

6. Perhatikan Cuaca, Musim, dan Regulasi Perjalanan

Anda sebaiknya memperhatikan prakiraan cuaca sebelum berangkat. Sebab, ini juga akan memengaruhi persiapan perjalanan Anda, seperti perlu tidaknya membawa jaket, payung, dan peralatan khusus lainnya. Hal yang sama berlaku jika Anda ingin bepergian ke luar negeri. Anda perlu mengetahui musim apa yang sedang berlangsung di negara tujuan. Biasanya, musim semi adalah waktu terbaik jika ingin mengabadikan momen dan mengunjungi tempat wisata tanpa terkendala cuaca.

Selain itu, di tengah kondisi dunia yang masih dibayangi pandemi COVID-19, Anda tetap harus mengetahui informasi terbaru seputar regulasi perjalanan di destinasi yang dituju. Hal ini untuk memastikan agar Anda bisa memenuhi kriteria regulasi yang ada dan masuk ke negara tersebut tanpa kendala berarti.

7. Bawa Uang dan Perlengkapan Secukupnya

Ketika Anda telah mengumpulkan informasi tentang destinasi, transportasi, akomodasi, perkiraan anggaran, hingga tempat-tempat wisata yang ingin dikunjungi, pastikan Anda membawa uang secukupnya ya, agar tidak boros atau kekurangan selama traveling. Keberadaan uang tunai masih penting, apalagi ketika Anda berada di situasi atau tempat yang sedang dikunjungi tidak bisa menerima pembayaran elektronik. Dan bawalah perlengkapan sesuai dengan durasi serta kebutuhan agar Anda tidak kerepotan dengan barang bawaan.

9. Unduh Aplikasi Perjalanan

Ketika Anda bepergian ke destinasi tertentu atau negara populer, perjalanan dan aktivitas akan lebih praktis jika mengunduh sejumlah aplikasi di ponsel. Misalnya, aplikasi travel, pemesanan transportasi online, pemesanan bus & travel, wahana wisata, rental mobil, hingga aplikasi terkait lainnya yang memudahkan aktivitas traveling Anda selama di destinasi tujuan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata Pariwisata destinasi wisata wisatawan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top