Singapura/Pegipegi
Travel

Wisata ke Singapura via Batam, Simak Cara dan Tipsnya

Wibi Pangestu Pratama
Sabtu, 3 Desember 2022 - 16:24
Bagikan

Administrasi

Pemerintah Singapura mewajibkan semua orang yang memasuki wilayahnya untuk melengkapi berkas administrasi kedatangan atau Singapore Arrival Card. Berkas itu berbeda dengan visa, sehingga harus dilengkapi secara terpisah.

Pengajuan SG Arrival Card dapat dilakukan sejak tiga hari sebelum kedatangan di Singapura. Pengajuan dapat dilakukan secara daring, di antaranya melalui aplikasi MyICA.

Wisatawan yang akan tiba di Singapura harus mengisi data diri, data paspor, tanggal kedatangan dan lama berada di Singapura, nama hotel atau penginapan (jika berada di Singapura lebih dari satu malam), hingga bukti telah melakukan vaksinasi hingga dosis ketiga (booster).

Sobat Bisnis dapat memperoleh QR Code dari sertifikat vaksin melalui aplikasi Peduli Lindungi. Terdapat pilihan pembuatan Overseas Travel Certificate sebagai bukti vaksinasi yang sesuai standar World Health Organization (WHO) atau European Union (EU), sehingga dapat berlaku di negara lain.

Setelah pengisian data lengkap, sobat Bisnis dapat menunjukkan formulir daring di aplikasi MyICA kepada petugas imigrasi apabila diperlukan saat kedatangan.

Tiba di Singapura

Setelah ferry bersandar di terminal, penumpang turun dan langsung menuju pos pemeriksaan imigrasi. Petugas akan memeriksa kelengkapan dokumen, rencana perjalanan di Singapura, hingga melakukan pemindaian wajah dan sidik jari.

Setelah prosesnya selesai, sobat Bisnis dapat melanjutkan perjalanan dan berpelesir di Singapura. Pastikan seluruh barang sudah berada di genggaman sebelum meninggalkan pelabuhan dan perangkat komunikasi berfungsi dengan baik.

Terminal ferry Harbourfront dan Tanah Merah terhubung langsung dengan jaringan MRT Singapura, sehingga sobat Bisnis dapat langsung bepergian dengan mudah dari terminal. Jaringan MRT itu pun terhubung dengan Bandara Changi.

Untuk menggunakan layanan MRT dan bus dengan mudah, sobat Bisnis dapat membeli kartu Songapore Tourist Pass (STP) di loket tiket maupun konter otomatis di terminal ferry. Terdapat pilihan paket kartu untuk penggunaan selama satu, dua, atau tiga hari.

Selain itu, sobat Bisnis pun dapat menggunakan kartu EZ-link untuk keperluan transportasi umum. Bedanya, pelancong harus mengisi saldo untuk menggunakan EZ-link, sedangkan STP tidak memiliki batasan saldo selama periode berfungsinya paket.

Kembali ke Indonesia

Proses perjalanan dari terminal ferry Singapura menuju Batam relatif sama dengan keberangkatan dari Indonesia. Bedanya, pengisian formulir imigrasi secara konvensional atau menggunakan kertas.

Pemeriksaan imigrasi akan berlangsung baik di terminal Singapura maupun Indonesia. Pastikan semua dokumen tersedia agar proses perjalanan berjalan lancar.

Apakah sobat Bisnis sudah memiliki rencana bepergian atau berwisata pada akhir tahun ini? Singapura dapat menjadi salah satu pilihan destinasi yang menarik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro