Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Tips Beli Tiket Pesawat dan Hotel dengan Harga Murah di Akhir Tahun

Tips simpel namun ampuh untuk mendapatkan harga tiket pesawat dan hotel murah di akhir tahun.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 02 Desember 2022  |  19:25 WIB
Tips Beli Tiket Pesawat dan Hotel dengan Harga Murah di Akhir Tahun
Ilustrasi boarding pass -
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Desember sudah tiba, liburan akhir tahun sudah di depan mata. Sudah ada rencana untuk mengisi liburan akhir tahun?

Akan sangat berkesan jika liburan akhir tahun diisi dengan healing ke luar kota. Banyak kota di Indonesia yang bisa menyegarkan mata.

Ini beberapa tips untuk pesan tiket pesawat murah dan juga kamar hotel jelang akhir tahun

1. Pesan tiket sesegera mungkin

Salah satu kunci mendapatkan harga tiket pesawat dan harga hotel yang murah adalah menghindari hari-hari libur seperti tahun baru ataupun hari Raya keagamaan. Setelah rencana liburan matang, segera pesan tiket agar mendapatkan harga yang lebih miring.

Selain itu, memesan tiket pesawat secepat mungkin juga bisa menghindari kehabisan tiket atau penginapan penuh akibat ramainya orang yang hendak bepergian di waktu yang sama.

2. Cek tiket promo

Biasakan untuk mengecek harga tiket pesawat di berbagai agen perjalanan online, karena dengan cara ini bisa mendapatkan harga diskon promo tiket. Meskipun agak sedikit effort tetapi demi mendapatkan harga terbaik sehingga bisa mengalokasikan dana untuk keperluan yang lain.

Sama dengan harga tiket pesawat, harga hotel juga harus dilihat dari berbagai agen, sehingga bisa mendapatkan harga yang pas.

3. Gunakan pesawat dari maskapai Low Cost Carrier

Memilih pesawat dari maskapai  Low Cost Carrier atau yang memiliki tarif penerbangan rendah juga bukan ide buruk. Meskipun tidak menyediakan fasilitas yang lengkap seperti camilan, tetapi ini bisa membantu mengirit budget.

4. Hindari pesan tiket rombongan secara bersamaan

Jika akan berlibur atau bepergian bersama rombongan seperti grup pertemanan ataupun keluarga, sebaiknya jangan pesan tiket secara bersamaan, agar mendapatkan harga yang lebih miring.

Hal ini lantaran tiket pesawat yang kursinya berada di posisi tertentu biasanya akan dibanderol lebih murah dari yang lain. Jika memesan tiket pesawat secara bersamaan, kemungkinan akan terlewat harga-harga miring yang bisa diambil saat memesan tiket perorangan.

5. Bawa barang seperlunya

Hindari membawa barang berlebihan, supaya tidak mengeluarkan biaya tambahan dan bisa lebih berhemat. Sehingga akan terhindar dari masalah excess baggage yang mengharuskan membayar beban per kilogram dari kelebihan bagasi.

Cara memilih barang penting yang harus dibawa adalah dengan menyesuaikan barang bawaan dengan cuaca di tempat tujuan berlibur. Selain itu, pilih outfit yang berwarna netral agar bisa  dipadupadankan dengan berbagai outfit lainnya dan menghemat pakaian yang dibawa.

6. Perhatikan ulasan hotel

Meskipun sedang menghemat budget liburan, tetapi jangan sampai memilih hotel yang menjebak, tidak sesuai dengan apa yang ditampilkan saat booking. Maka, cara terbaik untuk menghindari hal tersebut adalah dengan memperhatikan ulasan hotel atau penginapan tersebut.

7. Hindari memesan diakhir pekan

Memesan hotel pada akhir pekan bukan solusi yang baik, sebab tidak akan mendapatkan harga yang ‘lebih baik’. Banyak hotel dan penginapan yang menaikkan tarifnya dengan harga tinggi di akhir pekan. 

Jadi, meskipun akan berlibur di akhir pekan, lebih baik memesan hotel beberapa hari sebelumnya, di hari Senin hingga Kamis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tiket pesawat promo tiket pesawat tiket pesawat murah hotel perhotelan okupansi hotel
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top