stadion 974 Qatar
Travel

Keren! Stadion 974 di Qatar Bisa Bongkar Pasang

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 30 November 2022 - 16:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Masing-masing stadion di Qatar yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, tampaknya memiliki kelebihan dan keunikannya. Termasuk juga stadion 974.

Stadion ini, merupakan satu-satunya yang berada di tempat tepi laut dengan pemandangan cakrawala Doha yang spektakuler.

Stadion 974 dibangun menggunakan kontainer pengiriman bersertifikat standar dan elemen baja modular, menggemakan pelabuhan terdekat dan sejarah industri plot. Konsep ini, membuat stadion ini bisa dibongkar pasang.
 
Meski bisa dibongkar pasang, stadion ini tetap memiliki ciri khasnya sendiri yakni penuh warna dan sangat modern. Konsep stadion ini dirancang oleh Fenwick Iribarren Architects.

Desain modular stadion ini artinya dibutuhkan lebih sedikit bahan bangunan normal daripada dalam pengembangan stadion tradisional, yang membantu menekan biaya konstruksi.

Venue dari stadion ini bisa dijangkau dengan Doha Metro dari stasiun Ras Bu Abboud (Gold Line) terletak 800m dari stadion.

Stadion berkapasitas 40.000 orang itu, diresmikan saat peluncuran digital pada November 2021 dan menjadi tuan rumah pertandingan pertamanya selama hari pembukaan Piala Arab FIFA Qatar 2021 ketika Uni Emirat Arab bermain melawan Suriah pada 30 November 2021.

Warisan dan Rencana Jangka Panjang

Stadion pengaduan FIFA pertama yang dapat sepenuhnya dibongkar dan digunakan kembali pasca-acara.

Ini termasuk fleksibilitas dalam desain untuk membangun kembali stadion dengan kapasitas yang sama di lokasi yang berbeda atau membangun beberapa tempat yang lebih kecil menggunakan bahan yang sama.

Stadion ini menerima peringkat bintang 5 dari Sistem Penilaian Keberlanjutan Global (GSAS) untuk desain dan konstruksinya.

Tempat duduk mangkuk stadion menghindari kebutuhan akan AC karena dirancang untuk berventilasi alami. Keseluruhan struktur baja stadion dapat didaur ulang dan digunakan kembali pasca-turnamen, berdasarkan opsi warisan apa pun yang dipilih.

Metode efisiensi air stadion memastikan mengurangi penggunaan air sebesar 40% dibandingkan dengan pembangunan stadion konvensional.

Pertandingan Piala Dunia

Stadion 974 akan menjadi tuan rumah tujuh pertandingan selama Piala Dunia FIFA, dengan enam pertandingan grup dan satu pertandingan babak 16 besar.

22 November Grup C: Meksiko v Polandia (19:00 waktu setempat)

24 November Grup H: Portugal v Ghana (19:00 waktu setempat)

26 November Grup D: Prancis v Denmark (19:00 waktu setempat)

28 November Grup G: Brasil v Swiss (19:00 waktu setempat)

30 November Grup H: Polandia v Argentina (22:00 waktu setempat)

01 Desember Grup G: Serbia v Swiss (22:00 waktu setempat)

05 Desember Babak 16 besar: 1G v 2H (22:00 waktu setempat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro