Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Fakta-Fakta Menarik Qatar, Salah Satu Negara Terkaya, Tuan Rumah Piala Dunia Termahal

Qatar menjadi tuan rumah piala dunia termahal yang pernah ada, ini beberapa fakta menariknya.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 28 November 2022  |  14:23 WIB
Fakta-Fakta Menarik Qatar, Salah Satu Negara Terkaya, Tuan Rumah Piala Dunia Termahal
Bendera Qatar - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Negara Qatar tengah menjadi perbincangan publik sejak dua pekan lalu.

Sebab, negara yang dikenal memiliki suhu yang cukup panas ini tengah menjadi tuan rumah ajang sepak bola kelas dunia tahun 2022 ini.

Berikut ini beberapa fakta menarik mengenai negara Qatar.

1. Tercatat sebagai negara tercatat kedua di dunia 

Setelah Maladewa yang titik tertingginya hanya enam kaki, Qatar adalah negara kedua paling datar yang ada di bumi. Bahkan, titik tertinggi di negara ini hanya mencapai 338 kaki. 

Fakta ini mungkin menyenangkan bagi para pengguna sepeda, tetapi tidak untung orang yang menyukai hiking. 

2. Mempunyai bandara Internasional terbaik di dunia

Mengutip laman Timeoutdoha, Bandara Internasional Hamad atau Hamad International Airways adalah bandara internasional terbaik di dunia. 

Ini berdasarkan data dari Skytrax World Airport Awards pada tahun 2021 lalu. Mulai dari pengalaman perjalanan yang lancar hingga seni publik yang fantastis menjadi komponen mengapa Bandara Internasional Hamad layak mendapatkan ini.

Selain itu, bandara ini juga memiliki landasan pacu terpanjang se-Asia Barat dengan ketinggian 15.912 kaki. Sedangkan di dunia, landasan pacu ini menduduki posisi keenam landasan pacu terpanjang di dunia.

3. Memiliki maskapai penerbangan terbaik dunia

Tidak hanya bandara, Skytrax World Airport Awards tahun 2021 juga mencatat, maskapai terbaik di dunia jatuh kepada maskapai penerbangan nasional Qatar Airways.

Ini menjadi kali ke enam, Qatar Airways membawa pulang gong bergengsi. Maskapai ini memiliki jadwal penerbangan terlama di dunia Doha dan Auckland, pada 16 jam 30 menit yang terbang ke tujuh benua.

4. Ada kerang berwarna ungu 

Kerang berwarna ungu bukan sesuatu yang aneh di Qatar, sebab di negara ini kerang ungu justru menjadi mata pencaharian penduduk di Pulau Al Khor.

Tak heran jika pulau ini dijuluki sebagai Purple Island atau Pulau Ungu. Para arkeolog bahkan menyebut, kerang ungu ini ada di Qatar sejak zaman milenium kedua Sebelum Masehi.

5. Gurun pasir yang bertemu laut

Jika gurun pasir umumnya kesulitan air, di Qatar justru ada gurun pasir yang bertemu dengan laut. Ini adalah Khor Al Adaid atau Laut Pedalaman.

Pada tahun 2007 lalu, Qatar menetapkan tempat ini sebagai cagar alam dan kini, sedang didaftarkan ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

6. Termasuk salah satu negara terkaya di dunia

Tidak heran jika Qatar diperkirakan menghabiskan sekitar $200 miliar dan menjadi piala dunia yang menghabiskan dana paling banyak sepanjang sejarah. Karena Qatar termasuk salah satu negara terkaya di dunia.

Menurut Global Finance Magazine pada 2022, Qatar merupakan negara paling kaya keempat di dunia setelah Irlandia dan mengungguli Uni Emirat Arab di angka ketujuh.

PDB per kapita warga negara Qatar lebih dari $143.222 pada tahun 2014, hanya $97.846 setahun kemudian, dan hingga kini tetap mendekati taraf ini.

7. Machboos, hidangan nasional Qatar yang lezat

Salah satu makanan yang wajib dicoba saat berkunjung ke negara yang pernah menjadi tuan rumah Asian Games 2006 ini adalah Machboos.

Ini merupakan hidangan yang terbuat dari nasi, daging, bawang, dan tomat, dicampur dengan rempah-rempah yang merupakan hidangan nasional Qatar. Soal rasa, sudah pasti tidak dapat diragukan lagi kenikmatannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

qatar Timnas Qatar piala dunia 2022 destinasi wisata
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top