Bukit Lawang di Sumatera Utara/Istimewa
Travel

10 Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia

Novita Sari Simamora
Jumat, 25 November 2022 - 17:20
Bagikan

Bukit Lawang, Bromo, Lombok, Flores, Yogyakarta, dan Bali

6. Bukit Lawang

Bukit Lawang adalah sebuah desa kecil yang terletak di sisi timur Taman Nasional Gunung Leuser sekitar 90 kilometer barat laut Medan. Destinasi wisata ini terletak di Provinsi Sumatra Utara.

Bukit Lawang juga menjadi pusat rehabilitasi orangutan didirikan di sini pada tahun 1973. Tujuan utamanya adalah untuk melestarikan populasi orangutan yang semakin berkurang akibat perburuan dan penggundulan hutan.
Bukit Lawang juga menjadi tujuan populer untuk trekking hutan berpemandu, daerah ini juga menjadi pintu gerbang ke Taman Nasional Gunung Leuser.

5. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Terselip di Jawa Timur, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menjadi keajaiban kaldera vulkanik dengan pasir yang halus. Nama objek wisata ini berasal dari penggabungan orang-orang Hindu Tengger dan dua gunung yang ditemukan di taman – Gunung Bromo dan Gunung Semeru.

Bagian terbaik dari kunjungan ke taman ini adalah kesempatan untuk mendaki gunung berapi saat matahari terbit. Bagi Anda yang ingin mendaki gunung berapi yang masih aktif ini, maka memerlukan izin dari otoritas taman nasional, dan Anda hanya diperbolehkan mendaki saat gunung tersebut tidak meletus.

4. Lombok

Lombok dan Kepulauan Gili memiliki keindahan pantai. Anda juga dapat latihan selancar. Pantai di Lombok cenderung lebih sepi dibandingkan dengan Bali.

Lombok berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang juga memiliki air terjun ajaib, Air Terjun Tiu Kelep dengan pemandangan yang indah. Biasanya backpacker pergi ke Lombok untuk melakukan petualangan.

Ada juga pemandangan kehidupan malam yang fantastis saat matahari terbenam di pulau-pulau Gili, khususnya Gili Trawangan. Bagi Anda yang suka wisata budaya, maka tidak akan kecewa ke destinasi ini.

3. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo terkenal karena nama reptilnya, komodo. Hewan ini tersebar di 3 pulau utama yakni Komodo, Rinca, dan Padar – serta kumpulan pulau kecil, taman ini menyediakan tempat perlindungan bagi makhluk aneh yang mengingatkan kita pada dinosaurus.

Pemerintah Inodnesia kini memperluas taman ini untuk konservasi seluruh ekosistem baik di darat maupun di lautan. Ada beberapa spesies endemik, seperti tikus Rinca dan kelelawar buah, serta kuda liar, kera ekor panjang, kerbau, dan beberapa spesies ular berbahaya.

2. Yogyakarta

Yogyakarta adalah kota yang ramai dengan sekitar 500.000 orang dan tujuan wisata paling populer di Jawa, karena dekat dengan Candi Borobudur dan Prambanan yang terkenal. Kota ini juga menjadi pusat pendidikan dan kebudayaan.

Yogyakarta terletak di salah satu bagian Jawa yang paling aktif secara seismik dan karenanya berulang kali dilanda gempa bumi dan letusan gunung berapi. Namun, pada tahun 2006 gempa bumi meratakan lebih dari 300.000 rumah di Yogyakarta.

1. Bali

Bali menjadi tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi wisata domestik dan mancanegara. Bali memiliki kaleidoskop pantai yang indah, bukit vulkanik, sawah yang subur, dan ribuan pura di Indonesia. Bali juga disebut Pulau Dewata, dengan keramahan manusia yang sangat luar biasa. Anda tidak akan tersesat saat di Bali, karena warganya akan selalu menolong Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro