Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 6 Makanan Khas Cianjur yang Wajib Dicoba, Tauco Paling Populer

Cianjur memiliki sejumlah makanan khas yang sayang dilewatkan jika Anda berkunjung ke sana.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 25 November 2022  |  21:48 WIB
Ini 6 Makanan Khas Cianjur yang Wajib Dicoba, Tauco Paling Populer
Geco, salah satu makanan khas Cianjur - pegipegi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Cianjur, kini sedang menjadi sorotan pasca terjadinya gempa bumi yang menewaskan ratusan orang itu.

Cianjur disebutkan memang wilayah yang rawan bencana karena berdekatan dengan sesar Cimandiri.

Namun, di luar dari risiko gempa itu, Cianjut sebuah daerah di Jawa Barat yang berbatasan dengan Bandung dan Bogor ini selain dikenal dengan panorama alam yang menyegarkan mata.

Selain itu, Cianjur juga memiliki panganan khas yang wajib dijajal saat berkunjung ke kota beras ini, karena beras pandanwanginya yang melegenda.

Berikut ini rekomendasi makanan yang wajib dijajal saat berkunjung ke Cianjur:

1. Tauco

Rasanya, tauco adalah makanan nomor 1 yang tidak boleh terlewat saat mengunjungi kota yang juga dijuluki sebagai kota santri ini. Tidak heran jika banyak orang yang akan menjadikan tauco sebagai oleh-oleh dari Cianjur.

Tauco sebenarnya bukan makanan, tetapi bumbu khas Cianjur yang unik dan khas, terbuat dari fermentasi kacang kedelai, hingga kacang tersebut berjamur. Inilah sebabnya tauco memiliki bau yang khas.

2. Geco

Geco merupakan makanan khas Cianjur yang diolah dengan menggunakan bumbu tauco. Ge dalam kata geco merupakan akronim untuk tauge, geco adalah tauge dan tauco.

Makanan ini disebutkan sudah ada sejak sebelum kemerdekaan, tepatnya tahun 1930an. Satu porsi geco biasanya berisi tauge, tahu goreng, ketupat yang sudah dipotong-potong, mi glosor, potongan kentang, telur rebus dan kuah tauco.

3. Sate Maranggi

Meskipun ada banyak yang menyebut makanan ini berasal dari Purwakarta, tetapi banyak juga yang menyebutkan makanan ini khas Cianjur. Tidak kalah dengan bubur cianjur, sate maranggi juga banyak dijajakan di tepi jalan besar, sehingga tidak sulit untuk menjajal panganan satu ini.

Sate maranggi terbuat dari daging sapi yang dibumbui dengan bumbu kecap untuk kemudian dibakar. Bumbu kecap ini akan menambahkan rasa manis pada sate. Satu hal yang tidak boleh terlewat saat menikmati sate maranggi adalah sajian ketan bakar, sambal kecap dan sambal oncom.

4. Bubur Cianjur

Jika tinggal di Ibukota Jakarta, mungkin tidak asing dengan bubur cianjur yang sering terlihat dijajakan di tepi-tepi jalan besar. Cianjur memang memiliki bubur versinya tersendiri.

Perbedaan antara bubur ayam pada umumnya dengan bubur cianjur terletak pada bumbu yang disiramkan pada bubur. Bubur cianjur menggunakan bumbu kuah kaldu kuning yang lezat.

6. Laksa Cianjur

Tidak hanya di Tangerang dan Bogor, laksa juga ada di Cianjur. Makanan ini cocok dinikmati saat hujan ataupun cuaca dingin, karena memiliki kuah santan yang gurih dan nikmat. 

Laksa merupakan makanan yang terdiri dari paduan bihun, tauge, telur rebus, daging ayam dan daun kemangi. Rasanya mirip-mirip dengan laksa khas kota hujan, Bogor. 

7. Sup Rogan 

Tidak hanya panganan asin dan gurih, Cianjur juga memiliki camilan manis yang nikmat. Sup rogan, roti dawegan. Dawegan merupakan kelapa muda dalam Bahasa Sunda. Jadi sup rogan merupakan perpaduan antara roti dan kelapa muda.

Satu porsi rogan biasanya terdiri dari roti yang dikuah dengan air kelapa muda, kolang-kaling, kacang hijau dan tak lupa susu kental manis yang membuat cita rasa rogan menjadi semakin kaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner festival kuliner wisata kuliner cianjur
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top