Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Deretan Gempa Bumi dengan Korban Jiwa Terbanyak di Indonesia

Sejumlah gempa besar di Indonesia yang memakan korban jiwa banyak.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 21 November 2022  |  21:59 WIB
Deretan Gempa Bumi dengan Korban Jiwa Terbanyak di Indonesia
Warga menyaksikan Masjid JamIk Nur Abdullah yang ambruk akibat gempa di lintasan jalan nasional Desa Parue Keude, Kecamatan Bandar Baru Pidie Jaya, Propinsi Aceh, Rabu (7/12). -
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jagat media diramaikan dengan gempa yang melanda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat hari ini, Senin (21/11/2022) pada pukul 13.21 WIB. BMKG melaporkan gempa tersebut berkekuatan magnitudo 5,6. 

Getaran gempa sampai hingga wilayah sekitar Jakarta, meskipun pusat gempa berada di 10 kilometer Kabupaten Cianjur. Kabar baiknya gempa tersebut tidak ada potensi tsunami.

Indonesia termasuk negara yang sering dilanda gempa sebab berada dalam lingkaran cincin api pasifik atau ring of fire, kawasan gempa paling aktif.

Berikut ini 4 gempa terbesar dan yang menelan banyak korban jiwa, di Indonesia sejak memasuki abad ke 21 berdasarkan Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Bogor.

1. Gempa dan Tsunami Aceh (2004)

Tahun 2004 lalu, tepatnya pada 26 Desember 2004 pukul 07:58:53 WIB, negeri Serambi Mekkah dilanda bencana yang begitu besar. Gempa berkekuatan 9,1 Mw meluluhklantakkan sebagian besar wilayah Banda Aceh. Gempa Aceh ini bahkan disebut sebagai gempa terbesar ke-5 yang pernah terjadi dalam sejarah. 

Akibat gempa ini, Aceh dilanda gelombang tsunami setinggi 30 meter. Meskipun terjadi di Indonesia, tetapi korban jiwa akibat tsunami ini tidak hanya di Indonesia saja, tetapi juga di berbagai negara seperti Sri Lanka, India, Bangladesh, Thailand, Maladewa, Malaysia, dan Somalia. 

Menurut data Bank Dunia, tercatat ada 169.000 jiwa korban meninggal dari Indonesia, sementara total keseluruhan korban mencapai 230.000 jiwa di negara-negara yang terdampak.

2. Gempa Yogyakarta (2006)

Dua tahun pasca gempa dan tsunami melanda Aceh, pada tanggal 27 Mei 2006, tepat di pagi hari pukul 05.53 WIB, terjadi gempa bumi mengguncang Yogyakarta dan sekitarnya. 

Gempa tersebut diketahui berkekuatan 5,9 SR. Saat kejadian, banyak orang-orang yang masih dalam kondisi terlelap, sehingga mereka terjebak di dalam rumah yang roboh.

Gempa ini menelan korban jiwa sebanyak lebih dari 5.800 orang meninggal dan sebanyak 20.000 lainnya terluka. Salah satu bangunan yang turut menjadi korban bencana ini adalah Candi Prambanan.

3. Gempa Sumatera Barat (2009)

Tiga tahun berselang, Indonesia kembali dilanda gempa bumi, tepatnya di Sumatera Barat Pada 30 September 2009. Gempa bumi berkekuatan 7,6 SR terjadi di lepas pantai 17:16:10 WIB dengan kedalaman 87 km, sekitar 50 km barat laut kota Padang. Getaran gempa bahkan disebutkan sampai ke negara tetangga seperti Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura.

Berdasarkan data pemerintah daerah Sumatera Barat, korban jiwa pada gempa Sumatera Barat tahun 2009 ini sekitar 1.115 orang tewas, 2.32 luka-luka, dan sebanyak 279.000 bangunan mengalami kerusakan.

4. Gempa, Tsunami, dan Likuifaksi di Palu dan Donggala (2018)

Gempa besar kembali mengguncang Indonesia, pada 28 September 2018, di wilayah Sulawesi Tengah Kabupaten Donggala dan Kota Palu. Gempa tersebut berkekuatan 7,4 SR, dengan kedalaman 10 km, sementara posisinya berada 27 meter arah timur laut Donggala.

Lima menit berselang, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengeluarkan peringatan tsunami. Namun, gelombang tsunami setinggi enam meter menyapu terlanjur Kota Palu, sebelum warga sempat melarikan diri ke dataran yang lebih tinggi.

Terlebih, bencana gempa dan tsunami di Palu ini juga dibarengi dengan bencana likuifasi. Ini terjadi ketika tanah melarut dan membawa apa pun yang berada di atasnya untuk mengalir, sehingga banyak korban jiwa yang ikut mengalir bersama tanah tersebut. 

BNPB RI mencatat, sebanyak  2.256 orang meninggal dunia akibat gempa bumi, tsunami dan likuifaksi di Palu ini. Selain itu, sebanyak 1.309 orang hilang, 4.612 orang luka-luka dan 223.751 orang mengungsi di 122 titik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa gempa bumi aceh Gempa Aceh
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top