Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

TMII Dulu vs Sekarang

Berikut wajah baru TMII saat ini, setelah dirombak selama 9 hulan lamanya.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 21 November 2022  |  11:54 WIB
TMII Dulu vs Sekarang
Wahana Keong Emas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dilihat dari atas setelah dilakukan renovasi oleh pemerintah. - Bisnis/PUPR
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mulai Minggu (20/11/2022) kemarin Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sudah resmi dibuka dengan wajah baru.

Pembukaan dilakukan setelah salah satu destinasi wisata di Jakarta itu hiatus karena dirombak total oleh pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam rentang waktu Januari hingga September 2022.

Renovasi selama 9 bulan itu, kini tampil wajah baru TMII dengan konsep Opera Indonesia. 

Pada saat berkunjung ke TMII pertengahan Agustus lalu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyebutkan, renovasi ini dilakukan atas perintah Presiden dengan tujuan untuk menjadikan TMII sebagai destinasi masyarakat Indonesia. 

"Kita mulai renovasi atas perintah Presiden, untuk menjadikan Taman Mini ini sebagai destinasi wisata rakyat kita," kata Basuki dikutip dari laman YouTube Kemenpupr pada Senin (21/11/2022).

Basuki juga mengungkap, renovasi ini awalnya ditargetkan rampung pada Juli tahun ini, meskipun kemudian selesai pada September 2022. 

Melalui laman TikTok Kemenpupr, Basuki juga menjelaskan, mengenai beberapa hal yang akan dirombak di TMII. Seperti Danau Archipelago, anjungan provinsi, tugu api, pendopo Agung Sasono Utomo dan Wisma Garuda. 

Lantas seperti apa perubahan wajah TMII dulu dan sekarang? Berikut 7 perubahan pada TMII dulu dan sekarang.

1. Danau Archipelago dulu dan sekarang

Danau Archipelago merupakan tempat yang cukup ikonik di TMII selain anjungan Provinsi. Pasalnya di Danau ini ada miniatur Indonesia dalam bentuk pulau-pulau dari Sabang hingga Merauke.

Kawasan Danau Archipelago ini termasuk daerah yang direnovasi. Menurut Basuki, renovasinya meliputi pembentukan kembali Pulau yang sudah tidak terbentuk dan penambahan Pulau yang belum termasuk ke dalam miniatur Pulau di danau ini.

"Danau Archipelago, pulaunya sudah tidak berbentuk, satu. Yang kedua ada beberapa pulau yang memang belum termasuk di dalam Archipelago yang awal, ini kita tambahin," ungkap Basuki.

2. Anjungan Provinsi dulu dan sekarang 

Anjungan Provinsi atau anjungan daerah juga dilakukan proses renovasi. Basuki mengungkap, anjungan provinsi dahulu terkotak-kotak dengan pagar di sekelilingnya. Menurutnya, setelah dilakukan renovasi, anjungan provinsi lebih menyatu dengan lingkungan sekitarnya. 

"Dulu terkotak-kotak dengan pagar-pagar, sekarang kita bongkar semua menjadi menyatu dengan lingkungan sekitarnya," kata Basuki.

3. Pendopo Agung Sasono Utomo dulu dan sekarang 

Mengutip laman resmi TMII, Pendopo Agung Sasono Utomo merupakan bangunan utama bercorak Joglo, arsitektur tradisional jawa. Bangunan ini berfungsi sebagai tempat menerima tamu-tamu terhormat seperti Presiden, kepala pemerintahan maupun tamu undangan penting lainnya pada acara-acara resmi.

Pendopo Agung Sasono Utomo juga masuk ke dalam daftar renovasi TMII. Basuki mengungkap, dahulu Sasono Utomo menggunakan karpet sebagai alas lantai. Namun, menurutnya penggunaan karpet ino cenderung tidak sehat, sehingga kini diganti dengan marmer.

"Sasono Utomo karpetnya kita ganti dengan marmer supaya lebih sehat," kata Basuki.

4. Tugu Api dulu dan sekarang 

Jika memasuki TMII melalui pintu utama, hal pertama yang akan memanjakan mata adalah tugu api dengan lantai keramik dan air mancur di sekelilingnya. Kini tugu api tersebut sudah direnovasi dengan latar bawah rumput. 

"Tugu api yang tadinya latar bawahnya keramik, kita ganti dengan rumput," kata Basuki.

5. Wisma Garuda dulu dan sekarang 

Wisma Garuda juga termasuk dalam daftar renovasi TMII dengan dijadikan sebagai pelataran. Hal ini ditujukan agar bisa dimanfaatkan oleh para budayawan.

"Wisma Garuda kita bikin sebagai pelataran saja, untuk bisa dipakai oleh para budayawan," tutur Basuki.

Dulu, Wisma Garuda merupakan bangunan dengan ruangan tertutup, setelah direnovasi, Wisma Garuda berubah menjadi pelataran dengan tembok-tembok hiasan di berbagai sisi.

6. TMII secara keseluruhan

Tidak hanya laman TikTok resmi Kemenpupr yang menerangkan perubahan TMII sebelum dan sesudah direnovasi. Warganet juga beramai-ramai mengunggah hal tersebut. 

Salah satunya akun @don_satrialama yang rajin mengunggah perubahan TMII dari berbagai sudut. 

Dalam salah satu videonya, dia menyebutkan tempat berenang yang terdapat di TMII kini disulap menjadi gedung parkir. Kemudian TMII juga diperlengkap dengan petunjuk jalan dan arah yang bisa memudahkan pengunjung untuk menjelajahi TMII.

Selain itu, jalanan juga dibuat menjadi lebih tertata dengan trotoar yang rapi dan tepinya menjadi lebih hijau dan tanah untuk resapan air menjadi lebih banyak. Lalu, pintu masuk utama TMII juga dipindahkan, dari pintu 1 menjadi pintu 3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tmii wisata
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top