Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Intip 6 Makanan Lezat Khas Serbia, yang Menggoda Lidah

Simak beragam makanan khas Serbia yang menggoda lidah dan bisa dicicipi saat Anda mengunjungi negara tersebut.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 21 November 2022  |  20:14 WIB
Intip 6 Makanan Lezat Khas Serbia, yang Menggoda Lidah
Makanan khas Serbia, Sarma
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap negara pasti memiliki makanan yang menjadi ciri khas tersendiri negara tersebut. Serbia, negara yang berbatasan dengan Albania ini juga memiliki makanan khas yang menarik untuk diketahui, karena negara ini juga termasuk negara yang terkenal memiliki kuliner yang enak.

Berikut ini berbagai makanan khas negara yang memiliki banyak festival dan berpenduduk ramah ini.

1. Sarma

Jika Arab Saudi punya kurma, Serbia punya sarma. Semua orang Serbia menyukai panganan ini. Sarma dibuat dari daging cincang, dan nasi yang digulung dengan acar kol juga kadang kala juga dibuat dengan daun anggur, atau dengan daging ikan cincang.

Setelah isian dibungkus, dan kemudian dimasak perlahan dalam panci tanah liat di atas asinan kubis yang digelar dengan daging asap dan saus tomat. Meskipun merupakan panganan khas Serbia, tetapi sarma berasal dari Bahasa Turki yang berarti dibungkus.

2. Ajvar

Sama seperti Sarma, Ajvar juga menggunakan sayuran dan daging ataupun ikan. Bedanya sayuran untuk membuat ajvar adalah paprika merah dan terong. Cara memasak ajvar adalah dengan dipanggang.

Selain di Serbia, ajvar juga dapat ditemukan di restoran tradisional Bosnia dan Herzegovina, Kroasia, dan Makedonia Utara. Bedanya, ajvar Serbia ajvar dinikmati dengan roti Serbia dan menggunakan bahan tambahan seperti bawang putih, minyak zaitun (atau minyak bunga matahari), jus lemon, cuka putih, garam, dan lada hitam. 

3. Gibanika 

Gibanica merupakan panganan sejenis pai keju Serbia yang dibuat dengan adonan phyllo, keju putih, dan telur. Ada banyak variasi dari gibaika, mulai dari gurih hingga manis.

Karena makanan ini termasuk makanan populer di Serbia, tidak heran jika makanan ini dianggap sebagai hidangan nasional. Gibanica termasuk hidangan yang dapat dinikmati kapan saja sepanjang hari.

Namun, orang Serbia biasanya menyajikan makanan ini sebagai camilan atau sebagai makanan pembuka saat makan malam di rumah.

4. Cevapi

Serbia memiliki makanan bernama cevapi, ini merupakan bentuk jamak atau banyak dari kata cevap. Karena cevapi disajikan biasanya dalam 10 porsi. Cevapi adalah daging cincang berbentuk jari, jika di Indonesia bentuknya mirip dengan otak-otak namun lebih gendut dan pendek, juga dimasak dengan cara dipanggang. 

Cevapi disajikan dengan bawang cincang, Menurut orang Serbia kombinasi antara daging panggang cevapi dengan bawang tersebut adalah kombinasi terbaik di dunia.

5. Pebranac

Makanan lain yang akan ditemui ketika berkunjung ke negara tetangga Kroasia ini adalah pebranac. Ini merupakan sejenis sup kacang yang terdiri dari kacang panggang yang dimasak dengan bawang merah, bawang putih, paprika Hungaria yang manis, daun salam, dan minyak bunga matahari.

Pebranac termasuk makanan murah yang merupakan hidangan pokok dalam masakan Serbia yang sering disajikan dengan sisi roti kering yang hangat. Awalnya, pebranac dibuat oleh petani untuk bertahan selama musim dingin yang panjang. 

6. Kue vanili

Serbia juga memiliki makanan manis, kue vanilla bernama vanilice yang umumnya dinikmati saat liburan. Kue-kue mungil yang ditaburi gula vanila dalam jumlah banyak sebelum disajikan.

Vanilice berarti "vanila kecil" dan merupakan salah satu bentuk sitni kolaci atau kue kecil Serbia. Ini terdiri dari dua kue kenari vanila yang diberi sesendok selai aprikot atau rose hip ataupun selai lainnya. Namun, selai aprikot merupakan selai paling tradisional. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner festival kuliner serbia
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top