Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bir Dilarang di Piala Dunia 2022, Ini 3 Bir Halal Asli Indonesia

Tahukah Anda ada 3 bir di Indonesia yang ternyata halal dikonsumsi? ini daftarnya.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 21 November 2022  |  18:23 WIB
Bir Dilarang di Piala Dunia 2022, Ini 3 Bir Halal Asli Indonesia
Bir pletok - youtube.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dua hari sebelum dimulai, FIFA mengumumkan bir tidak akan dijual di sekitar stadion-stadion Piala Dunia 2022 di Qatar.

Pelarangan bir pada Piala Dunia tahun ini tentu diprotes oleh banyak pihak, terlebih, banyak pihak yang menganggap keputusan ini terlalu mendadak. 

Sama seperti Indonesia, Qatar merupakan negara dengan mayoritas penduduk memeluk agama Islam. Namun, di Indonesia ada beberapa ‘bir’ yang tidak dilarang dan boleh dikonsumsi bahkan oleh orang muslim sekaligus.

Berikut ini 3 jenis bir halal yang ada di Indonesia:

1. Bir pletok

Masyarakat yang tinggal di Jakarta mungkin tidak akan asing lagi dengan bir yang satu ini. Pasalnya bir ini kerapkali nangkring di acara-acara kedaerahan Provinsi DKI Jakarta. 

Mengutip laman resmi Pemerintah Tangerang Kota, bir pletok merupakan minuman khas Betawi yang bebas akan alkohol. Minuman ini yang terbuat dari jahe dan rempah-rempah lainnya ini bermanfaat untuk menghangatkan dan menyehatkan tubuh.

Mengutip laman Kebudayaan Kemendikbud, bir pletok sudah dikenal sejak zaman Belanda. Masyarakat Betawi biasanya menikmati bir pletok ketika cuaca sedang dingin ataupun pada malam hari.

2. Bir Mataram atau bir jawa

Seduhan rempah-rempah jahe, jeruk nipis, cengkeh, kapulaga, kayu manis, alang-alang, dan gula batu ini disebut bir karena mirip dengan bir. Namun, bir jawa tidaklah membuat penikmatnya mabuk.

Mengutip laman Kebudayaan Kemendikbud, sama seperti bir pletok yang juga terbuat dari jahe, bir ini berkhasiat untuk menghangatkan tubuh, menjaga kesegaran tubuh juga memperlancar peredaran darah. 

Bir jawa juga mempunyai peran dalam masa sebelum Indonesia merdeka, yaitu digunakan sebagai alat diplomasi Istana Yogyakarta pada masa itu. Hal ini lantaran harga bir yang diimpor dari Belanda yang cenderung mahal, kemudian dibuatlah bir dari bahan rempah yang tidak memabukkan.

Selain itu, pada tahun 2018 lalu, bir jawa termasuk dalam 3 minuman yang paling laris saat Asian Para Games.  Bir pletok bersama dengan minuman tradisional Indonesia lain termasuk wedang uwuh dan guhe disediakan oleh Kemendikbud dalam rangka Asian Para Games di Wisma Kemayoran selama pada 6 – 13 Oktober 2018 lalu.

3. Bir kopi atau Coffee Beer

Coffee beer merupakan minuman khas asal Jombang, Jawa Timur. Meskipun namanya bir, tetapi sama seperti bir pletok dan bir jawa, bir kopi tidaklah memabukkan.

Melalui laman Instagram pribadinya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebutkan, meskipun Coffee beer memiliki kemasan yang gelap khas penyajian produk bir beralkohol, tetapi Coffee beer tidak mengandung alkohol dan halal.

“Kalau Jakarta punya bir pletok, maka Jawa Timur punya Coffee Beer. Meski ada embel-embel “bir” dan dikemas dalam botol kaca gelap, minuman asal Jombang ini dijamin halal karena tidak mengandung sedikit pun alkohol,” tulis Khofifah.

Selain itu, Khofifah juga menyebut, rasa Coffee beer ini manis dan menyegarkan. Cocok dinikmati dengan es batu dikala cuaca panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bir piala dunia 2022 minuman beralkohol minuman alkohol
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top