Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hai Pendaki, Ini 10 Gunung Tertinggi di Sumatra

Pulau Sumatra memiliki gunung-gunung yang indah dan bisa didaki oleh pendaki.
Randa Hasnan Habib Pasaribu
Randa Hasnan Habib Pasaribu - Bisnis.com 10 November 2022  |  14:33 WIB
Hai Pendaki, Ini 10 Gunung Tertinggi di Sumatra
Kendaraan pemudik melintasi Jalan Raya Jambi-Sumbar via Kerinci di Kayu Aro, Kerinci, Jambi, Sabtu (24/6). Jalur tersebut merupakan jalur alternatif mudik untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum) Jambi-Sumbar melalui Bungo. ANTARA FOTO - Wahdi Septiawan
Bagikan

Bisnis.com, MEDAN – Pulau Sumatra merupakan pulau keenam terbesar di Indonesia, dengan berbagai keanekaragaman flora dan fauna serta keindahan alam. Mulai dari keanekaragaman suku, adat, budaya, hingga flora dan fauna menjadi bagian dari Pulau Sumatra yang tidak dapat dipisahkan.

Pada bagian barat pulau ini membentang Pegunungan Bukit Barisan yang bergugusan dari utara hingga selatan. Sepanjang bukit barisan tersebut terdapat puluhan gunung mulai dari yang aktif sampai yang tidak aktif. Lanskap gunung dan perbukitan menjadi panorama yang mudah ditemukan di pulau ini. 

Simak daftar 10 gunung tertinggi yang terdapat di Pulau Sumatra:

1. Gunung Kerinci

Siapa yang tidak mengenal gunung fenomenal satu ini. Gunung Kerinci adalah gunung tertinggi di Sumatra, gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan gunung tertinggi di Indonesia di luar Pulau Papua.

Terletak di Pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat, dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Kota Padang. Gunung Kerinci merupakan gunung berapi aktif yang memiliki ketinggian 3.805 mdpl.

Gunung Kerinci dikelilingi oleh hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat  (TNKS) dan merupakan habitat asli harimau Sumatra dan badak Sumatra. Gunung ini terakhir kali meletus pada tahun 2009.

2. Gunung Dempo

Berada di perbatasan provinsi Sumatra Selatan dan provinsi Bengkulu tepatnya di Kota Pagaralam, Gunung Dempo merupakan bagian tertinggi dari pegunungan Bukit Barisan yang mengelilingi kota ini. Gunung ini kerap menjadi destinasi wisata bagi wisatawan yang memiliki hobi menjelajah alam karena keindahannya.

Gunung Dempo merupakan gunung tertinggi di Sumatera Selatan dengan ketinggian 3195 mdpl. Meski memiliki ketinggian yang cukup tinggi namun terdapat sumber mata air yang mudah untuk ditemukan di sepanjang jalan mendaki gunung ini. Sehingga pada hari-hari biasa di Gunung Dempo dapat ditemui banyak wisatawan yang sedang berwisata di lereng gunung Dempo.

Gunung berapi ini tergolong aktif dan memiliki dua puncak.

danau gunung dempo, gunung yang bisa didaki

 3. Gunung Bandahara

Gunung Bandahara merupakan gunung yang terdapat di Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh.  Gunung ini termasuk salah satu gunung tertinggi di Aceh. Gunung Bandahara memiliki ketinggian 3.012 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung ini memiliki keindahan dengan hamparan hutan hijau di sekitarnya yang menjadi daya tarik tersendiri terutama bagi yang ingin mencoba mendakinya.

Di Gunung ini dapat ditemukan tanaman endemik khas Sumatra yaitu Nepenthes. Masyarakat sekitar biasa menyebutnya dengan tanaman kantong semar. Tanaman ini hidup di ketinggian 2400 mdpl sampai 2900 mdpl.

4. Gunung Marapi

Gunung Marapi adalah gunung berapi yang terletak di antara Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, dan Kotamadya Padang Panjang. Gunung ini memiliki ketinggian 2891 mdpl.

Gunung ini termasuk kedalam gunung api paling aktif di Sumatra. Terakhir meletus pada tahun 2014.

5. Gunung Singgalang

Satu lagi gunung tinggi yang ada di Sumatra Barat. Memiliki tinggi 2.887 mdpl, Gunung Singgalang adalah gunung tidak aktif yang memiliki telaga di puncaknya yang merupakan bekas kawah. Telaga ini diberi nama Telaga Dewi, dan menjadi tujuan pendaki untuk mencapainya.

Selain pemandangan puncak Gunung Singgalang yang sangat indah, medan pendakiannya pun tak sesulit gunung-gunung pada umumnya.

6. Gunung Geureudong

Gunung Geureudong atau Burni Geureudong atau Burni Telong merupakan gunung yang berada di wilayah Bukit Mulie, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh. Gunung ini memiliki ketinggian 2885 mdpl, dengan jarak tempuh menuju puncak membutuhkan waktu sekitar 5 sampai 7 hari.

Nama resmi gunung ini masih menjadi perdebatan, karena posisi Burni Geureudong dan Burni Telong yang berdempetan. Burni Telong terletak di selatan dari Burni Geureudong. 

Burni Telong memiliki kawah aktif dimana terdapat lava pada bagian selatan lereng gunung.

7. Gunung Perkison

Gunung setinggi 2.828 mdpl ini adalah gunung yang terletak di Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh. Gunung ini termasuk ke dalam gunung yang tidak aktif.

Pendakian gunung ini terbilang sulit. Ini karena Gunung Perkison memiliki hutan yang sangat lebat dan jalur yang terjal. Dari puncaknya terlihat pemandangan alam yang luar biasa. Diantaranya pemandangan Sungai Alas dan Kutacane serta pemandangan Bukit Barisan dan Gunung Bendahara.

8. Gunung Leuser

Gunung Leuser merupakan gunung tertinggi kedua di Sumatra setelah Kerinci. Puncak gunung ini memiliki ketinggian 3.466 mdpl. Gunung Leuser berada di Kabupaten Gayo Lues.

Gunung Leuser berada dalam kawasan konservasi, yaitu Taman Nasional Gunung Leuser yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Secara karakteristik gunung ini termasuk gunung api, dan letusan terakhirnya terjadi pada tahun 1991.

Seperti kawasan gunung api pada umumnya, tingkat kesuburan gunung ini sangat tinggi. Sehingga menjadi destinasi para pendaki untuk menaklukkan puncak gunung ini.

9. Gunung Talamau

Gunung Talamau atau juga disebut Gunung Ophir adalah gunung tertinggi di Sumatra Barat yang memiliki ketinggian 2.920 mdpl. Gunung ini terletak di Kabupaten Pasaman Barat, dan termasuk kedalam gunung tidak aktif.

Terdapat 13 telaga yang dapat ditemui pada ketinggian sekitar 2.750 mdpl. Nama penyebutan untuk tiap telaga ini diambil berdasarkan beberapa cerita legenda yang diyakini oleh penduduk disekitar Gunung Talamau.

Dari puncak gunung ini sangat mudah untuk dapat melihat pemandangan alam yang luas serta panorama Gunung Pasaman.

10. Gunung Talang

Masih dari Provinsi Sumatra Barat, Gunung Talang merupakan salah satu gunung berapi aktif yang secara administratif berada di Kecamatan Kota Anau, Kabupaten Solok. Gunung ini memiliki ketinggian 2.597 mdpl dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki maupun motor trail.

Di sekitar puncak gunung ini banyak ditemukan salah satu tumbuhan endemic Pulau Sumatra, yaitu tumbuhan Vaccinium korinchense.

Gunung ini termasuk salah satu gunung api giat, dan salah satu kawahnya menjadi sebuah danau yang disebut dengan Danau Talang. Gunung Talang terakhir kali meletus pada tahun 2007.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gunung sumatra bukit barisan destinasi wisata destinasi
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top