Mage Wair (ikan dengan kuah asam) salah satu menu masakan di Cafe Rindu Lokaria di Maumere, Nusa Tenggara Timur, Jumat (4/11/2022)/JIBI/Bisnis/Suselo Jati
Kuliner

Jelajah Sinyal: Berkunjung ke Maumere, Jangan Lupa Cicipi Mage Wair

Albertus Agung Moa Padji
Kamis, 10 November 2022 - 16:44
Bagikan

Bisnis.com, MAUMERE - Maumere mungkin mengingatkan Anda pada lagu Gemu Fa Mi Re dengan goyangan khas putar kiri dan kanan.

Maumere merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Terletak di tengah Pulau Flores dan berada tepat di hadapan Teluk Maumere, kota ini menawarkan panorama pantai yang eksotis dan sejumlah destinasi wisata bahari.

Selain itu, Maumere juga menawarkan kuliner khas yang tidak bisa Anda dapatkan di tempat lain. Salah satunya adalah Mage Wair atau ikan kuah asam.

Makanan khas Kabupaten Sikka ini merupakan kuliner olahan ikan dengan bambu kuah asam. Sering kali, ikan yang digunakan adalah ikan merah yang masih segar dan berasal dari perairan Sikka.

Ikan merah diolah dengan bumbu rempah yang beragam mulai dari kunyit, jahe, asam, kemiri bawang merah dan hingga daun kemangi. Bumbu aneka rempah ini dihaluskan dan ditumis, sedangkan asam dilarutkan pada kuahnya.

Hasilnya, Mage Wair menawarkan kuah asam yang segar dengan daging ikan yang lembut dan gurih. Mage Wair sangat cocok disantap pada siang atau malam hari, terlebih sembari menikmati panorama laut dari pinggir pantai.

Sejumlah rumah makan khas menawarkan menu ini di pinggir pantai Maumere. Salah satunya adalah Cafe Rindu Lokaria. 

Restoran ini berlokasi di Jalan Nasional Larantuka - Maumere, Habi, Kangae, Kabupaten Sikka.

Dengan posisi strategis di tepi pantai yang menghadap Teluk Maumere, Cafe Rindu Lokaria menawarkan makanan dan minuman khas Sikka serta pemandangan pantai yang indah.

“Mage Wair ini khas Flores, khususnya Sikka. Ikan merah kuah asam dalam Bahasa Indonesia,” jelas salah satu pengunjung yang menemani tim Jelajah Sinyal dari Bisnis Indonesia saat mengunjungi Cafe Rindu Lokaria, Jumat (4/11/2022).

Kuliner Maumere
Kuliner Maumere


Rumpu Rampe (depan) dan Ikan bakar kecap menjadi menu khas Sikka yang ditawarkan masakan di Cafe Rindu Lokaria di Maumere, Nusa Tenggara Timur, Jumat (4/11/2022)/JIBI/Bisnis/Suselo Jati.

Selain Mage Wair, Cafe Rindu Lokaria juga menjajakan Ikan Bakar Kecap dan Rumpu Rampe. Ikan Bakar Kecap dibuat dengan ikan segar dari perairan Sikka dan sangat pas dijajal dengan Sambal Lua'at yang pasti menambah nikmat makan siang atau malam Anda.

Apalagi, sayur Rumpu Rampe menjadi pendamping yang tepat bagi dua lauk itu. Menu sayuran khas NTT ini terbuat dari bunga pepaya, daun kelor, buah pepaya muda, daun pepaya, daun singkong, dan jantung pisang.

Jadi, jangan lupa untuk menikmati sensasi makanan khas Sikka tersebut bila Anda berkunjung ke Maumere sembari menikmati pantai indah dan mendengarkan lagu Gemu Fa Mi Re.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro