Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Oleh-oleh Khas Bali, Jangan Lupa Dibeli!

Mau beli oleh-oleh di Bali, berikut daftar oleh-oleh Bali yang bisa Anda beli terutama saat adanya G20
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 10 November 2022  |  17:39 WIB
Oleh-oleh Khas Bali, Jangan Lupa Dibeli!
Pie susu teflon menjadi makanan yang banyak dimasak oleh masyarakat selama masa work from home (WFH). - Instagram @tetap_kuliner
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pesona Pulau Dewata Bali memang tak ada habisnya. Keindahan alam dan budayanya yang mengagumkan. Tidak mengherankan jika pulau ini cukup dikenal oleh wisatawan mancanegara. 

Ketika berkunjung ke pulau yang berdekatan dengan Pulau Jawa ini, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas dari Bali.

Ada beberapa oleh-oleh yang sayang sekali jika berkunjung ke Bali dan pulang tanpa mengantongi oleh-oleh khas Bali ala laman Indonesiatravel Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

1. Pie susu

Camilan khas Bali yang hampir tidak pernah dilewatkan oleh wisatawan asal manapun, baik domestik maupun asing. Camilan kue susu ini juga sudah menjadi oleh-oleh khas Bali sejak dulu dan tak lekang oleh zaman. 

Varian rasanya ada bermacam-macam, seperti coklat, keju, maupun almond. Meskipun demikian, rasa original tetap menjadi bulan-bulanan wisatawan.

Pie susu khas Bali ini punyai bentuk bulat dengan tekstur garing dan renyah jika digigit, tengahnya diisi dengan fla susu yang manis.

2. Kacang disko

Kacang disco dibuat dari kacang tanah Yang diolah dengan cara digoreng kering. Lalu dilumuri dengan adonan tepung serta bumbu, sehingga ketika dimakan, teksturnya akan terasa renyah.

Kata disco dalam kacang sisi tidak berarti bergoyang, tapi kacang ini punyai sensasi beda ketika masuk ke dalam mulut, sehingga dinamakan kacang disco. Varian rasa kacang disco cukup beragam, mulai dari asin, pedas, hingga manis.

3. Kopi kintamani

Bali juga salah satu daerah penghasil kopi di Indonesia. Berbeda dengan kopi lain, kopi asal Bali memiliki rasa yang sedikit asam dan beraroma jeruk. 

Hal ini dikarenakan Kopi Kintamani ditanam bersamaan dengan lahan jeruk. Bersama Gayo dan Flores, biji Kopi Kintamani termasuk varietas unggul.

4. Brem dan arak

Oleh-oleh Bali yang tidak kalah terkenal lainnya adalah brem dan arak. Meskipun namanya arak, tetapi arak bali dapat dibeli secara legal, bahkan peraturannya resmi.

Hal ini tertulis dalam Peraturan Gubernur Bali Nomor 1 Tahun 2020 tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali. 

5. Udeng

Para pria Hindu di Bali umumnya mengenakan benda yang disematkan di atas kepalanya. Ini adalah udeng, benda yang punyai makna dari segi bentuk serta peletakannya. Termasuk salah satu pesona masyarakat Bali dalam menarik perhatian wisatawan. 

6. Batik Bali

Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang sudah diakui oleh dunia. Batik terkenal dari daerah-daerah di Pulau Jawa, seperti Batik megamendung Cirebon, batik terogong Betawi, batik Solo, Pekalongan ataupun Yogyakarta. 

Meskipun demikian, Bali juga termasuk salah satu daerah penghasil batik di Indonesia. Batik Bali punyai corak yang khas dan unik, ini diolah menjadi beragam jenis pakaian, bahkan tas ataupun dompet.

7. Kaos Bali

Kaos Bali juga menjadi salah satu oleh-oleh yang digandrungi oleh para wisatawan. Sebab punyai desain yang bervariasi dengan berbagai pilihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

oleh-oleh bali makanan suvenir
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan
Konten Premium

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top