Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 7 Makanan Terlangka di Dunia, dari Balut Hingga Durian 

Durian merupakan salah satu makanan yang dianggap langka di beberapa negara lain, meskipun di Indonesia menjadi favorit.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 10 November 2022  |  17:04 WIB
Ini 7 Makanan Terlangka di Dunia, dari Balut Hingga Durian 
Pedagang musiman menata buah durian ke dalam mobil angkutan saat musim panen di Desa Gunong Panah, Bubon, Aceh Barat, Aceh, Kamis (6/7). - ANTARA/Syifa Yulinnas
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika berkunjung ke suatu negara hal yang ditakutkan adalah ketidakcocokan lidah dengan hidangan setempat. Karena setiap negara pasti memiliki ciri khas hidangannya masing-masing. 

Namun ternyata ada makanan-makanan yang justru cukup langka dan sulit ditemukan bahkan di negara atau tempatnya berasal.

Ini bisa jadi bahan pembuatannya yang sudah langka atau justru pembuatnya yang sudah jarang.

Lalu, makanan apa saja yang termasuk ke dalam makanan terlangka di dunia?

Berikut ini daftar makanan terlengkap di dunia versi huffpost.

1. Sawo Amerika

Meskipun di Indonesia, buah sawo bukanlah buah yang jarang ditemui. Namun, di negara asalnya, buah ini disebutkan menjadi salah satu makanan yang langka di dunia.

Sawo merupakan buah asli Amerika Tengah yang telah menyebar ke Karibia, Filipina dan India, di mana  dibudidayakan di sepanjang pantai. 

Ciri-ciri buahnya berukuran kecil, memiliki kulit coklat yang keras dan daging buah yang lembut sehingga rasanya manis seperti gula merah atau karamel.

2. Escamoles, larva semut asal Meksiko

Escamoles merupakan makanan dari larva semut ditemukan di Meksiko. Penduduk negeri yang identik dengan koboi ini menganggap escamoles sebagai salah satu makanan yang lezat. Rasanya sedikit mirip seperti keju cottage.

3. Lundi, daging burung puffin asal Islandia

Tidak diragukan lagi jika lundi, penganan asal Islandia ini termasuk ke dalam makanan yang langka. Karena terbuat dari daging burung puffin. Sementara burung puffin merupakan burung atlantik.

Cara membuat lundi adalah dengan mengasapi atau memanggang daging burung puffin. Meskipun burung puffin termasuk jenis burung yang menggemaskan.

4. Milt, sperma ikan cod asal Jepang

Milt, makanan yang terbuat dari sperma ikan. Bisa ikan cod, anglerfish ataupun monkfish. Pengolahannya bisa dengan dikukus ataupun digoreng 

Selama ini, ikan cod dikenal sebagai ikan yang kaya akan omega-3, serta sumber protein yang baik. Namun, penggunaan sperma ikan cod sebagai bahan makanan mungkin agak aneh terdengar di telinga.

Milt yang ditemukan di Jepang, oleh penduduk negeri yang punyai Gunung Fuji ini justru dianggap sebagai panganan yang nikmat. Tidak heran jika Jepang disebut negara yang sangat menyukai ikan, bahkan sperma ikanpun diolah kembali.

5. Torta Fritta, adonan goreng Italia

Makanan asal Italia yang disajikan dengan digoreng ini memang sudah cukup mendunia dan bisa dinikmati di berbagai wilayah. Namun adonan goreng versi khusus dari Italia, tepatnya wilayah Emilia-Romagna ini sangat sulit ditemukan.

6. Durian, buah berduri di Asia Tenggara

Di Indonesia, buah ini bukan merupakan makanan yang langka, sebab penjual durian akan menjamur di tepi-tapi jalan jika musim durian tiba. Bahkan, banyak jenis buah berduri ini yang tumbuh di Indonesia.

Namun, di negara-negara lain, buah ini menjadi buah yang cukup langka, apalagi dengan baunya yang menyengat, membuat tidak semua orang menyukai buah ini.

7. Balut, telur bebek berjanin asal Filipina

Hidangan ini selain langka tetapi juga cukup aneh, sebab biasanya telur akan berisi kuning dan putihnya, telur ini berisi janin bebek yang sebagian terbentuk. 

Di negara asalnya, jalur termasuk ke dalam jajanan yang kerap dijajakan di tepi-tepi jalan. Namun, di luar Filipina, makanan ini hampir tidak terlihat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan industri makanan dan minuman makanan sehat
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top