Opuntia humifusa (Eastern Prickly Pear Cactus)/prairiemoon.com
Kuliner

Lagi Viral di TikTok, Apakah Kaktus Bisa Dimakan?

Widya Islamiati
Kamis, 10 November 2022 - 15:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di berbagai platform media sosial, ramai para food vlogger mencicipi kaktus. Ada yang mengonsumsinya dengan sambal, dengan sambal rujak ataupun tanpa tambahan bumbu apapun.

Salah satu food vlogger yang membuat video memakan kaktus adalah Ayuna's Life yang kerap membagikan video makannya di TikTok. 

Video makan kaktusnya sudah disukai lebih dari 700 ribu orang dan mendapat komentar lebih dari 9000. Dalam videonya Ayuna menuliskan, dirinya tengah memakan kaktus jenis Opuntia Cochenilifera atau kaktus centong, yang menurutnya bisa dikonsumsi. 

Selama ini kaktus dikenal sebagai tanaman hias berduri yang biasanya tumbuh di daerah yang cenderung kering. Namun, apakah kaktus bisa dimakan?

Mengutip laman gardeningknowhow, sebagian besar kaktus memang tidak beracun. Meskipun beberapa jenis kaktus punyai rasa yang tidak enak.

Jenis kaktus apa saja yang bisa dimakan?

Gardeningknowhow menuliskan, ada beberapa jenis kaktus yang bisa dikonsumsi, seperti:

  1. Kaktus Pir berduri: Pir berduri adalah kaktus klasik dengan bantalan. Kaktus ini menghasilkan buah yang dapat dimakan. 
  2. Kaktus tong: Sama seperti pir berduri, kaktus tong juga punyai buah yang bercita rasa lezat dengan bentuj menyerupai nanas kecil.
  3. Agave: Meskipun ini termasuk keluarga sukulen, tetapi kaktus agave daunnya dapat dipanggang jiga dibuat jus untuk minuman atau pemanis yang lezat. 
  4. Cholla cactus: Bunga cholla cactus mengandung kalsium dalam jumlah tinggi. Tidak heran jika kaktus jenis ink bisa dikonsumsi.
  5. Apel Peru: Ini juga merupakan jenis kaktus yang berbuah. Buahnya seperti apel.
  6. Kaktus Buah Naga: Kaktus buah naga berwarna cerah memiliki buah yang berair dengan rasa yang menyerupai melon. 
  7. Kaktus Pipa Organ: Kaktus pipa organ memiliki buah-buahan besar yang dapat dimakan mentah  ataupun dimasak. 

Sebagian besar spesies dalam genus Opuntia memiliki buah yang dapat dimakan serta memiliki anggota dengan bagian yang dapat dimakan juga, seperti bagian daunnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro