Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Makanan dan Minuman Indonesia yang Mendunia, Bukan Cuma Rendang

Simak deretan makanan dan minuman dari Indonesia yang sudah dikenal di dunia karena rasa dan kepopulerannya.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 09 November 2022  |  11:26 WIB
Makanan dan Minuman Indonesia yang Mendunia, Bukan Cuma Rendang
Rendang - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sudah bukan rahasia umum lagi jika rendang termasuk ke dalam jajaran makanan terenak di dunia. Panganan tradisional nikmat milik suku Minangkabau ini kelezatannya sudah diakui oleh lidah orang di berbagai negara.

Namun, ternyata bukan hanya rendang, ada sederet makanan dan minuman asal Indonesia yang juga digemari oleh masyarakat mancanegara.

Dalam sebuah siaran platform YouTube kanal Nu to Line, Ketua Umum Aliansi Produk Nusantara Indonesia UMKM Go Export (Aproni) Suci Kuntarsih menyebutkan, UMKM yang tergabung dengan aproni sudah mengekspor berbagai jenis makanan ke berbagai negara.

"Salah satunya (yang diekspor) ada gulai kambing, ayam pesmol, ada rendang jengkol, ini ada gudeg Jogja. Ini dikalengkan, makanan tradisional Indonesia semua dikalengkan, Alhamdulillah sudah sampai di beberapa negara, baik negara Eropa, Timur Tengah, maupun Asia," ungkap Suci dikutip dari laman YouTube NU to Line pada Rabu (9/11/2022).

1. Rendang Jengkol 

Selain dikenal dengan rendang dagingnya yang nikmat, Sumatera Barat juga masih punya varian rendang lain yang juga mendunia. Rendang jengkol.

Meskipun sebagian orang merasa kurang nyaman dengan baunya yang menyengat, tetapi penganan ini tetapi diminati, termasuk oleh orang dari mancanegara.

2.  Gulai kambing

Suci juga menyebutkan, gulai kambing termasuk penganan yang diekspor ke berbagai negara di berbagai dunia. Ditambah bumbu yang kaya rempah khas Indonesia bisa membuat masyarakat di berbagai negara ketagihan.

3. Ayam pesmol

Tidak seperti rendang yang sudah mendunia sejak dulu, nama masakan ayam pesmol mungkin tidak terlalu sering terdengar, terlebih untuk dipasarkan di pasar internasional. 

Meskipun demikian, ayam yang dimasak dengan rempah jahe, lengkuas dan kunyit ini disebutkan Suci, termasuk penganan yang dikalengkan untuk kemudian di ekspor ke berbagai negara.

4. Gudeg Jogja

Makanan yang tidak boleh terlewat jika mengunjungi Provinsi yang punyai Candi Borobudur ini, gudeg jogja. Suci menyebutkan, bersama dengan rendang jengkol, ayam pesmol, dan gulai kambing, gudeg jogja telah mengunjungi berbagai negara di Eropa, Timur Tengah dan Asia.

5. Bawang goreng 

Bawang goreng kerap kali disajikan diatas masakan, menjadi tahap terakhir penyajian yang membuat masakan menjadi lebih cantik. Suci juga menyebut, bawang goreng dari UMKM Aproni sudah sampai ke Ibu Kota Inggris, London.

"Sampe ada bawang goreng yang kita kirim ke London ini," kata Suci.

6. Kopi

Kopi yang ditanam oleh petani Indonesia juga sudah sampai ke berbagai negara di dunia. Suci menuturkan, kopi menjadi minuman yang disukai oleh masyarakat di berbagai negara di Timur Tengah.

"Ada juga kopi, negara (di) Timur Tengah sangat menyukai (kopi), negara Nigeria menyukai kopi-kopi ini. Saya expo ke Turki, kopi ini juga sangat diminati," tambah Suci.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makanan minuman rendang
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top