Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar 5 Agama Tertua di Dunia Berdasarkan Bukti Sejarah, Apa saja?

Agama di dunia sangatlah beragam. Beberapa diantaranya termasuk dalam agama tertua di dunia. Berikut penjelasan lengkapnya.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 07 November 2022  |  18:15 WIB
Daftar 5 Agama Tertua di Dunia Berdasarkan Bukti Sejarah, Apa saja?
Agama Tertua di Dunia, salah satunya Hindu (Dok Kemenag)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Agama adalah suatu kepercayaan yang dijadikan sebagai pedoman hidup dalam mengatur hubungan dengan Tuhan dan sesama manusia. Di Indonesia ada enam agama yang diyakini antara lain Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. 

Agama tertua di Indonesia salah satunya adalah Hindu. Lalu, Bagaimana dengan agama tertua di dunia? Temukan jawabannya berikut ini. 

Urutan Agama Tertua di Dunia

Agama tertua di dunia dapat ditelusuri dari bukti-bukti prasejarah. Berdasarkan bukti prasejarah, ada beberapa agama paling tua di dunia yang sudah dianut oleh masyarakat zaman dahulu hingga saat ini. Berikut urutan agama paling tua di dunia :

1. Hindu (7.000 SM)

Salah satu agama tertua di dunia adalah Hindu. Agama ini bermula dari integrasi bangsa Arya dengan bangsa Dravida yang melahirkan sebuah kebudayaan dalam agama Hindu. 

Konsep Agama Hindu adalah meyakini adanya Tuhan (Dewa), adanya jiwa setiap makhluk, percaya hukum sebab akibat, percaya proses kelahiran dan kematian, dan keyakinan tertinggi adalah tujuan akhir dari manusia yakni mencapai Moksa. 

Arkeolog menemukan motif hewan sakral agama Hindu, banteng dan sapi, sekitar 7.000 SM. Kitab suci Agama Hindu adalah Reg Weda. Total pengikut Agama ini sebanyak 1,2 miliar jiwa atau kisaran 15 – 16% dari populasi dunia.  

2. Yudaisme (6.000 SM)

Agama paling tertua di dunia yang kedua adalah Yudaisme atau Yahudi. Agama Yudaisme muncul di Levant sekitar 6.000 SM yang berkembang di wilayah Israel dan Yehuda. Agama ini diturunkan Tuhan kepada Nabi Musa atau Moses. 

Dalam ajaran agama Yahudi diajarkan bahwa Tuhan hanya satu yakni yang memerintahkan umatnya untuk berbuat adil dan penuh kasih sayang. Selama perkembangannya, Yahudi modern terbagi menjadi tiga yakni Yahudi Ortodoks, Yahudi Reformasi, dan Yahudi Konservatif. 

Yahudi Ortodoks mempertahankan hampir semua ritual dan praktik tradisional. Yahudi Konservatif yakni pengikutnya mengambil moderat terhadap praktik Yahudi. Sementara itu, Yahudi Reformasi adalah pengikut yang mengambil pendekatan liberal dan santai terhadap banyak ritual dan praktik.

Pengikut agama Yudaisme ada sekitar 14 juta jiwa di dunia. Kitab suci agama ini adalah Taurat.

3. Budha  (2600 SM)

Agama tertua di dunia selanjutnya yaitu Budha yang lahir sejak abad ke-6 SM di Nepal. Pencetusnya adalah Siddharta Gautama. 

Agama Budha adalah percampuran dari kebudayaan Yunani, Asia Tengah, Asia Timur, dan Asia Tenggara. Penganut agama Budha di dunia ada sekitar 488 juta jiwa. Kitab suci agama ini adalah Tripitaka.

4. Zoroastrianisme (1.500 SM)

Agama ini berkembang di Persia kuno atau wilayah negara Iran. Berdasarkan bukti arkeologis, agama ini berakar dari 1.500 SM. Agama Zoroastrianisme percaya bahwa Tuhan itu satu yang disebut Ahura Mazda.

Kitab suci penganut agama ini yaitu kumpulan tulisan sakral yang dikenal dengan Avesta. Penganut agama ini tidak menyembah api, namun percaya bahwa api adalah perwakilan kebijakan atau cahaya dari Tuhan. Jumlah penganut agama tertua di dunia keempat ini ada sebanyak 200 ribu jiwa. 

5. Shinto (700 SM)

Menurut catatan Arkeolog, agama ini diketahui berasal dari dokumen yang berumur 700 SM. Inti konsep dari agama ini adalah semua benda di dunia memiliki roh atau kekuatan yang wajib dihormati. Jumlah penganut agama Shinto sebanyak 107 juta jiwa.

Itulah 5 agama tertua di dunia yang ada dalam bukti prasejarah. Diantara kelima agama paling tua di dunia tersebut, dua diantaranya dianut oleh masyarakat Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

agama hindu budha sejarah gaya hidup
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top