Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Desa Wisata Detusoko, Rest Area Indah Penyangga Danau Kelimutu

Keindahan alam dan keseruan wisata yang Anda dapatkan di Desa Detusoko juga bisa segera diunggah ke media sosial berkat layanan internet yang baik.
Albertus Agung Moa Padji dan Oktaviano Donald
Albertus Agung Moa Padji dan Oktaviano Donald - Bisnis.com 03 November 2022  |  16:37 WIB
Desa Wisata Detusoko, Rest Area Indah Penyangga Danau Kelimutu
Foto udara susana hamparan sawah di Desa Detusoko Barat, Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur, Selasa (1/11/2022)/JIBI/Bisnis - Suselo Jati.
Bagikan

Bisnis.com, ENDE - Panorama Desa Detusoko Barat menjadi salah satu opsi yang bisa dinikmati oleh wisatawan yang ingin berkunjung ke Danau Kelimutu.

Detusoko Barat terletak di Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Jaraknya hanya 33 Km dari Kota Ende. Letak desa wisata ini pun tepat di jalur Trans Flores.

Desa Detusoko Barat menyuguhkan keindahan alam dengan hamparan sawah nan hijau dan memukau serta latar topografi wilayah perbukitan yang dijamin bakal memanjakan mata. Sawah dan perkebunan kopi, kakao, kemiri dan hortikultura menghiasi sisi kiri dan kanan jalan di desa ini.

Dengan ketinggian 800 meter di atas permukaan laut (mdpl), udara di Desa Detusoko Barat terasa sejuk.

Anda yang berkesempatan melalui desa ini bisa menikmati pemandangan tersebut sambil menikmati secangkir kopi atau teh hangat.

Pasalnya, di sisi jalan tersedia sejumlah cafe yang bisa menyediakan makanan dan minuman untuk menemani Anda menikmati panorama alam. Pilihannya antara lain adalah Lepa Lio dan Liona Top.

Ekowisata

Selain pemandangan indah, Desa Detusoko Barat juga sebenarnya menyediakan sejumlah paket ekowisata. Paket wisata ini disediakan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Au Wula melalui unit usaha pariwisata.

Paket wisata itu dapat diakses melalui decotour.bumdeswisata.id.. Wisatawan tinggal memilih sejumlah sejumlah opsi paket wisata yang menghibur bagi anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Dilansir decotour.bumdeswisata.id, salah satu paket wisata itu adalah agrotour atau susur sawah. Melalui paket wisata ini wisatawan bisa menyusur sawah bersama pemandu lokal sehingga bisa berinteraksi dengan petani dan melihat dari dekat pekerjaan mereka. 

Ada pula paket coffee processing school package. Dalam paket ini, wisatawan diajak untuk mengolah kopi mulai dari memetik biji kopi di kebun kopi, memilah kopi yang terbaik untuk dipetik, menyortir kopi setelah dipetik berupa biji cherry, membawa ke rumah pengolahan, kemudian diproses sehingga siap diminum.

Selain itu, paket lain yang tersedia di Desa Detusoko Barat adalah paket permainan tradisional anak, atraksi sanggar budaya, eksplorasi aneka menu lokal, hingga ritual adat tahunan Nggua Uwi yang dilakukan setahun sekali.

Ferdinandus Watu, Kepala Desa Detusoko Barat, menjelaskan pihaknya ingin menjadikan desanya dan beberapa desa di sekitar sebagai tempat beristirahat atau rest area bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan Danau Kelimutu atau menyusuri jejak sejarah di Kota Enda yang merupakan Kota Pancasila.

Detusoko Barat

Pemandangan sawah dari Cafe Lepa Lio yang berada di sisi jalan Trans Flores, tepatnya di Desa Detusoko Barat, Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur, Selasa (1/11/2022)/JIBI/Bisnis/Suselo Jati.

“Untuk paket wisata di Detusoko Barat, kami berkolaborasi dengan beberapa desa dan juga dengan paket utama wisata ke Danau Kelimutu dan juga Ende sebagai Kota Pancasila,” ungkapnya ketika ditemui tim Jelajah Sinyal 2022 di kantor desa Detusoko Barat, (Selasa 01/11/2022).

Keindahan alam dan keseruan wisata yang Anda dapatkan di Desa Detusoko juga bisa segera diunggah ke media sosial. Pasalnya, layanan telekomunikasi di wilayah ini terbilang cukup baik.  

Hal ini didukung dengan kehadiran menara telekomunikai milik PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. (MTEL) di Desa Detusoko Barat. Tower END004 yang berlokasi di Jalan Detusoko Maurole, Detusoko, Ende itu memiliki radius coverage  2 Km.

Selain itu, layanan internet juga tersedia, khususnya untuk operator seluler Telkomsel. Berdasarkan data hasil drive test dan speed test yang dilakukan oleh tim Jelajah Sinyal 2022 pada Selasa, 1 November 2022, Telkomsesl menyediakan jaringan internet dengan band 4G.

Tower Mitratel

Teknisi PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. (Mitratel) melakukan tes kecepatan mobile internet di kawasan Pasar Detusoko, Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur, Selasa (1/11/2022)/JIBI/Bisnis/Suselo Jati

I Putu Raspa Juliawan, PIC tim Mitratel, mengatakan berdasarkan hasil pengetesan tersebut terungkap bahwa nilai Reference Signal Received Power (RSRP) untuk cakupan sinyal Telkomsel di Desa Detusoko mencapai —95 dBm sampai -84 dBm.

“Hasil data drive test dan speed test operator Telkomsel adalah coverage sinyal dengan indikator RSRP memiliki predikat baik.”

Adapun berdasarkan hasil speed test, kecepatan internet untuk Telkomsel di wilayah ini mencapai 28,47 Mbps untuk unduh (download) dan 18,30 Mbps untuk unggah (upload).

Jadi, jangan lupa untuk memasukkan Desa Detusoko Barat sebagai salah satu destinasi, di samping Danau Kelimutu dan situs peninggalan Bung Karno, ketika Anda ketika berlibur ke Ende.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jelajah Sinyal ende ntt destinasi wisata
Editor : Oktaviano DB Hana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top