Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mengeksplorasi Wisata Hidden Gem di Tangkahan, Sumatra Utara

Bermain bersama gajah di kawasan ekowisata “The Hidden Paradise in Sumatra”.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 28 Oktober 2022  |  15:49 WIB
Mengeksplorasi Wisata Hidden Gem di Tangkahan, Sumatra Utara
Foto: Illustrasi Gajah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Selain Berastagi, Danau Toba, dan Bukit Lawang, ada satu tempat wisata andalan Sumatra Utara yang wajib dikunjungi. Berada di Desa Namo Sialang, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Anda bisa mengeksplorasi “The Hidden Paradise in Sumatra” bernama Tangkahan.

Kawasan ekowisata ini berupa hutan hujan tropis yang masih sangat alami. Untuk menunjang kebutuhan wisatawan, kini sejumlah fasilitas seperti penginapan, tour guide, dan tempat makan telah tersedia di kawasan Tangkahan.

Lalu, apa saja aktivitas menarik yang bisa dilakukan selama di Tangkahan? Simak ulasan berikut!

Menikmati Kekayaan Alam
Berangkat dari sejarah Tangkahan, wisata alam hidden gem di Sumatra Utara ini memang kerap dikaitkan dengan kawanan gajah Sumatra yang dilindungi. Suasana alam yang masih sangat asri menjadikan tempat ini dikunjungi banyak wisatawan dari berbagai daerah hingga luar negeri.

Setibanya di Tangkahan, Anda akan disuguhkan pemandangan alam serba hijau dan hutan belantara yang mendominasi. Suara gemercik air sungai pun terdengar. Airnya juga sangat jernih dan udara di sekitarnya sangat segar. Tidak salah jika Anda memilih Tangkahan untuk tempat healing.

Jungle Trekking hingga Berkemah
Selain hutan tropis dan sungai, wisata Tangkahan dengan luas sekitar 17.000 hektare juga memiliki kekayaan alam yang mengagumkan. Mulai dari lembah, pemandian air panas, air terjun, hingga tumbuhan langka seperti Rafflesia.

Bagi Anda yang gemar bertualang di alam terbuka, kawasan Tangkahan dengan topografi bukit dan tebing sangat memungkinkan untuk melakukan beberapa aktivitas seru dan menantang. Di antaranya, berenang, berendam air hangat, jungle trekking, river tubing, panjat tebing, arung jeram, dan berkemah. Sempatkan juga berfoto di jembatan gantung yang ikonik dengan background hutan belantara.

Bermain bersama Kawanan Gajah
Satu lagi aktivitas menyenangkan yang tidak boleh Anda lewatkan saat ke Tangkahan, yaitu bermain bersama kawasan gajah Sumatra. Biasanya, pada pagi dan sore hari, kawanan gajah yang sedang berpatroli bersama para mahout (pawang gajah) akan melipir ke sungai. Mereka datang dengan formasi yang menggemaskan, berbaris memanjang ke belakang.

Mereka pun akan menyeburkan diri dan berenang di Sungai Sei Batang Serangan. Pada momen itu, wisatawan diizinkan untuk berada lebih dekat dengan kawanan gajah. Bahkan, dengan biaya sekitar Rp30.000 per orang, Anda berkesempatan merasakan pengalaman memandikan, menyentuh dan menyikat, serta basah-basahan bersama gajah. 

Setelah memandikan gajah, Anda bisa menyusuri hutan Tangkahan dengan menaiki gajah. Untuk merasakan semua keseruan itu, Anda perlu membayar biaya sekitar Rp650.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk biaya pendampingan oleh pawang.

Jika ingin menghemat budget, Anda bisa mengambil sejumlah paket wisata Tangkahan yang ditawarkan pengelola. Mulai dari perjalanan 2 Day 1 Night atau 3 Day 1 Night. Akan lebih murah lagi jika berangkat bersama rombongan, minimal lima orang.

Tempat wisata Tangkahan bisa Anda kunjungi kapan saja. Akan tetapi, waktu terbaik untuk menikmati keindahan alamnya yaitu pada bulan Juni hingga September. Sepanjang periode tersebut, curah hujan lebih sedikit sehingga lebih aman bagi wisatawan.

Tertarik ke Tangkahan untuk merasakan experience bermain bersama gajah dan menjelajahi hutan tropis tersembunyi di Sumatra Utara? Jika ya, ayo, persiapkan itinerary perjalanan mulai dari sekarang.

Bagi yang tinggal di Jakarta dan ingin #PegipegiLagi ke berbagai tempat wisata hits di Medan, bisa segera pesan tiket pesawat Jakarta–Medan. Agar lebih hemat, cek harga tiket pesawat promo di Online Travel Agent (OTA) seperti Pegipegi. Semoga informasi di atas bermanfaat. Selamat liburan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pegipegi destinasi wisata
Editor : Media Digital
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top