Gaji Tukang Parkir Pesawat (Freepik)
Travel

Jangan Anggap Remeh, Ini Gaji Tukang Parkir Pesawat di Bandara

Nuraini
Selasa, 25 Oktober 2022 - 12:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat datang ke bandara, mungkin kita akan melihat profesi tukang parkir pesawat. Proses ini mungkin tidak sepopuler pilot atau pramugari. Tapi jangan salah, karena ternyata gaji tukang parkir pesawat bisa menyaingi pilot dan pramugari. 

Lantas, berapa gaji tukang parkir per bulan? Temukan jawabannya pada pembahasan di bawah ini. 

Peranan Profesi Marshaller

Profesi tukang parkir pesawat atau yang dikenal dengan sebutan marshaller memiliki peranan yang sangat penting dalam penerbangan. Mereka bertugas memberikan arahan kepada pilot dengan tanda-tanda yang umumnya sulit dipahami oleh orang awam. Tanda tersebut mengarahkan pilot dalam pesawatnya sebelum mereka lepas landas atau sesudah mereka landing. 

Marshaller inilah yang bertugas untuk mengakomodasi serta memberikan arahan pesawat sehingga bisa berada di dalam posisi yang tepat. Meskipun yang mereka kerjakan terlihat sangat sederhana dan mudah, tetapi menjadi seorang masalah ini perlu keahlian khusus. 

Bukan sembarang tukang parkir seperti memancarkan motor ataupun mobil. Pesawat merupakan kendaraan yang sangat besar sehingga untuk memarkirkannya juga tidak bisa sembarangan. Para Marshaller yang bekerja di bandara umumnya sudah menempuh pendidikan terlebih dahulu. 

Berapa Gaji Tukang Parkir Pesawat?

Tukang parkir pesawat merupakan salah satu profesi yang cukup menjanjikan di bandara selain pramugari dan pilot. Bahkan, gaji tukang parkir pesawat per tahun bisa lebih dari 50 juta. 

Tukang parkir pesawat akan tetap menjalankan tugasnya meskipun cuacanya sedang tidak baik. Hal ini karena menyangkut dengan keselamatan pesawat serta semua penumpang yang ada di dalam pesawat. 

Berapa Jam Kerja Tukang Parkir Pesawat?

Tak heran apabila profesi Marshaller ini memiliki peranan yang penting. Umumnya di Indonesia mereka bekerja sekitar 13 jam untuk tiap harinya. Wajar saja jika gaji marshaller menjadi sangat tinggi. 

Biasanya, tukang parkir pesawat menjalankan jadwal kerja dari pukul 06.00 hingga 19.00 atau dari pukul 18.00 hingga 07.00 dengan penerapan sistem shift yang memungkinkan adanya jeda istirahat selama bekerja.

Mereka juga harus menjalankan tugas mereka bahkan dalam kondisi cuaca yang buruk, seperti hujan atau badai, untuk memastikan pesawat dapat diparkir dengan aman.

Gaji Tukang Parkir Pesawat Indonesia

Gaji tukang parkir pesawat di Indonesia ini berkisar mulai dari 4 juta sampai 7 juta. Nominal tersebut hanyalah bagi pokok saja, belum termasuk dari tunjangan yang diberikan oleh pengelola bandara.

Pada umumnya pengelolaan manajemen bandara dipegang oleh PT Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II yang merupakan perusahaan dibawah naungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara atau BUMN.

Dengan nominal yang sudah disebutkan, bisa diketahui bahwa gaji tukang parkir pesawat per hari di Indonesia bisa mencapai Rp133.000 sampai dengan Rp233.000. Apabila ditambahkan dengan tunjangan dan lainnya, maka gaji dari tukang parkir pesawat di Indonesia bisa lebih dari itu.

Bagaimana Cara Menjadi Tukang Parkir Pesawat?

Setelah mengetahui berapa kisaran gaji dari tukang parkir pesawat, apakah Anda tertarik untuk memiliki profesi ini? Jika Anda tertarik, maka harus memenuhi persyaratan terlebih dahulu untuk dapat melamar sebagai tukang parkir pesawat. 

Syarat Menjadi Tukang Parkir Pesawat (Marshaller)

Mengutip dari Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan, berikut ini beberapa syarat menjadi marshaller atau tukang parkir pesawat:

  • Usia minimal 18 tahun saat mendaftar pendidikan penerbangan
  • Minimal lulusan SMA sederajat
  • Untuk pria minimal tinggi badan 165 cm
  • Untuk perempuan minimal tinggi badan 160 cm
  • Tidak buta warna
  • Jika mata minus boleh menjadi marshaller asalkan masih dalam batas wajar

Jika Anda mengikuti sekolah penerbangan, maka Anda akan mendapatkan peluang yang jauh lebih besar untuk menjadi juru parkir pesawat. 

Pasalnya, sekolah tersebut sudah khusus untuk mereka yang ingin bekerja di bandara termasuk sebagai seorang tukang parkir pesawat atau marshaller. 

Itulah beberapa informasi tentang gaji tukang parkir pesawat dan informasi lainnya seputar profesi penting ini. Dari penjelasan di atas, kita bisa mengetahui bahwa profesi tukang parkir pesawat bukanlah profesi biaya. Gaji yang diterima sepadan dengan skill yang dimiliki dan tugas yang diemban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro