Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jangan Anggap Remeh, Ini Gaji Tukang Parkir Pesawat di Bandara

Gaji tukang parkir pesawat ternyata sangat besar. Nominalnya bahwa bisa menyaingi pilot dan pramugari. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 25 Oktober 2022  |  12:00 WIB
Jangan Anggap Remeh, Ini Gaji Tukang Parkir Pesawat di Bandara
Gaji Tukang Parkir Pesawat (Freepik)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat datang ke bandara, mungkin kita akan melihat profesi tukang parkir pesawat. Proses ini mungkin tidak sepopuler pilot atau pramugari. Tapi jangan salah, karena ternyata gaji tukang parkir pesawat bisa menyaingi pilot dan pramugari. 

Lantas, berapa gaji tukang parkir per bulan? Temukan jawabannya pada pembahasan di bawah ini. 

Peranan Profesi Marshaller

Profesi tukang parkir pesawat atau yang dikenal dengan sebutan marshaller memiliki peranan yang sangat penting dalam penerbangan. Mereka bertugas memberikan arahan kepada pilot dengan tanda-tanda yang umumnya sulit dipahami oleh orang awam. Tanda tersebut mengarahkan pilot dalam pesawatnya sebelum mereka lepas lAndas atau sesudah mereka landing. 

Marshaller inilah yang bertugas untuk mengakomodasi serta memberikan arahan pesawat sehingga bisa berada di dalam posisi yang tepat. Meskipun yang mereka kerjakan terlihat sangat sederhana dan mudah, tetapi menjadi seorang masalah ini perlu keahlian khusus. 

Bukan sembarang tukang parkir seperti memancarkan motor ataupun mobil. Pesawat merupakan kendaraan yang sangat besar sehingga untuk memarkirkannya juga tidak bisa sembarangan. Para Marshaller yang bekerja di bandara umumnya sudah menempuh pendidikan terlebih dahulu. 

Berapa Gaji Tukang Parkir Pesawat?

Tukang parkir pesawat merupakan salah satu profesi yang cukup menjanjikan di bandara selain pramugari dan pilot. Bahkan, gaji tukang parkir pesawat per tahun bisa lebih dari 50 juta. 

Tukang parkir pesawat akan tetap menjalankan tugasnya meskipun cuacanya sedang tidak baik. Hal ini karena menyangkut dengan keselamatan pesawat serta semua penumpang yang ada di dalam pesawat. 

Tak heran apabila profesi Marshaller ini memiliki peranan yang penting. Umumnya di Indonesia mereka bekerja sekitar 13 jam untuk tiap harinya. Wajar saja jika gaji marshaller menjadi sangat tinggi. 

Gaji Tukang Parkir Pesawat Indonesia

Gaji tukang parkir pesawat di Indonesia ini berkisar mulai dari 4 juta sampai 7 juta. Nominal tersebut hanyalah bagi pokok saja, belum termasuk dari tunjangan yang diberikan oleh pengelola bandara.

Pada umumnya pengelolaan manajemen bandara dipegang oleh PT Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II yang merupakan perusahaan dibawah naungan Kementerian Badan Usaha Milik Negara atau BUMN.

Dengan nominal yang sudah disebutkan, bisa diketahui bahwa gaji tukang parkir pesawat per hari di Indonesia bisa mencapai Rp133.000 sampai dengan Rp233.000. Apabila ditambahkan dengan tunjangan dan lainnya, maka gaji dari tukang parkir pesawat di Indonesia bisa lebih dari itu.

Bagaimana Cara Menjadi Tukang Parkir Pesawat?

Setelah mengetahui berapa kisaran gaji dari tukang parkir pesawat, apakah Anda tertarik untuk memiliki profesi ini? Jika Anda tertarik, maka harus memenuhi persyaratan terlebih dahulu untuk dapat melamar sebagai tukang parkir pesawat. 

Biasanya syarat yang harus dipenuhi yaitu dari tinggi badan untuk pria minimal 165 cm dan untuk wanita tinggi badan minimal biasanya 160 cm. Jika Anda mengikuti sekolah penerbangan, maka Anda akan mendapatkan peluang yang jauh lebih besar untuk menjadi juru parkir pesawat. 

Pasalnya, sekolah tersebut sudah khusus untuk mereka yang ingin bekerja di bandara termasuk sebagai seorang tukang parkir pesawat atau marshaller. 

Itulah beberapa informasi tentang gaji tukang parkir pesawat dan informasi lainnya seputar profesi penting ini. Dari penjelasan di atas, kita bisa mengetahui bahwa profesi tukang parkir pesawat bukanlah profesi biaya. Gaji yang diterima sepadan dengan skill yang dimiliki dan tugas yang diemban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pesawat gaji parkir bandara angkasa pura
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top