Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Gak Bikin Bosan! Ini 3 Destinasi Wisata Pantai di Kabupaten Pesisir Selatan Sumbar

Daerah yang dijuluki Negeri Sejuta Pesona itu berhadapan langsung dengan Samudera Hindia
Muhammad Noli Hendra
Muhammad Noli Hendra - Bisnis.com 22 Oktober 2022  |  16:30 WIB
Gak Bikin Bosan! Ini 3 Destinasi Wisata Pantai di Kabupaten Pesisir Selatan Sumbar
Aksi paralayang dari Puncak Langkisau, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat - Bisnis/Muhammad Noli Hendra
Bagikan

Bisnis.com, PAINAN - Bila ada yang bertanya, daerah mana pantai nan indah dan mudah dijangkau di Provinsi Sumatra Barat, maka jawabannya di Kabupaten Pesisir Selatan.

Daerah yang dijuluki Negeri Sejuta Pesona itu berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Sehingga kondisi pantai banyak yang landai, jernih, dan tentunya mudah di akses oleh siapapun.

1. Pantai Carocok Painan

Pantai Carocok Painan merupakan destinasi wisata yang sudah populer di kalangan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara. Bisa dikatakan, kepopuleran Pantai Carocok Painan berada di antara Jam Gadang Bukittinggi, Istano Basa Pagaruyuang Tanah Datar, Lembah Harau di Kabupaten Limapuluh Kota, dan pantai yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Masjid terapung yang ada di kawasan wisata Pantai Carocok Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat/Bisnis-Muhammad Noli Hendra

Khusus di Mentawai itu, wisatawan yang datang kebanyakan dari mancanegara, apalagi pada momen ombak besar, karena ombak Mentawai dikenal sebagai salah satu ombak terbaik di dunia untuk bermain surfing.

Begitu pun di Pantai Carocok Painan, pantai yang tergolong landai, sunset yang begitu indah, dan apalagi kini adanya Masjid Terapung, membuat Pantai Carocok Painan semakin diminati wisatawan.

Biasanya wisatawan yang datang tidak puas jika hanya bermain di Pantai Carocok saja. Tapi memilih untuk menyeberang ke Pulau Cingkuak yang berada tidak jauh dari bibir Pantai Carocok.

2. Pulau Cingkuak

Dari Pantai Carocok Painan menuju ke Pulau Cingkuak ini terbilang perjalan yang sangat singkat yakni sekitar 3 - 4 menit saja menggunakan perahu yang disediakan oleh pemerintah setempat. Tarif untuk naik perahu itu hanya Rp20.000 per orang pulang pergi.

Setiba di pantai Pulau Cingkuak itu, akan disambut dengan pantai yang landai dan jernih. Bahkan dermaganya hanya terbuat dari rangkaian dirigen yang disusun rapi.

Beruntung ombak di pantai pulau tersebut begitu tenang, sehingga pengunjung dibuat terkesima saat tiba di Pulau Cingkuak tersebut.

Seorang pengunjung melihat kondisi Cagar Budaya Pulau Cingkuak, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat/Bisnis-Muhammad Noli Hendra

Dapat dikatakan, banyak pengunjung yang memilih datang ke Pulau Cingkuak ketimbang di Pantai Carocok Painan.

Karena di pulau itu terdapat sejumlah wahana seperti banana boat, jetski, dan snorkeling.

Bagi yang takut bermain dengan wahaha itu, ada baiknya melakukan penelusuran ke Pulau Cingkuak tersebut, karena ada ada bangunan benteng Portugis. Kawasan pulau itu ternyata menyimpan sejarah yang cukup kuat tentang perdagangan rempah di Sumbar.

Tapi bagi Anda yang bercita-cita ingin menikmati sunset di Pulau Cingkuak, harap diurungkan saja. Karena Pemkab Pesisir Selatan hanya membatasi kunjungan ke pulau itu sampai pukul 18.00 Wib saja.

3. Kawasan Mandeh

Bila merasa masih belum puas menikmati keindahan Pantai Carocok Painan dengan masjid terapungnya dan telah berlayar menuju Pulau Cingkuak. Maka cobalah untuk datang ke wisata Kawasan Mandeh.

Perjalanan dari Pantai Carocok Painan ke Mandeh tidaklah terlalu jauh. Anda hanya perlu memutar arah menuju Kota Padang. Diperkirakan jarak tempuh antara Painan - Mandeh sekitar 30 menit saja.

Kawasan wisata Mandeh ini terlihat di Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan. Mandeh sendiri merupakan sebuah nama Nagari/Desa.

Mandeh terletak menghadap ke Samudra Hindia, tapi pemandangan dari Mandeh amatlah menakjubkan. Sebagian besar pengunjung yang datang ke Mandeh, menyamakan pemandangan di Mandeh mirip dengan Raja Ampat Papua.

Karena di kawasan wisata Mandeh itu bisa memandang hamparan teluk yang terdiri dari sejumlah pulau-pulau.

Dari kejauhan, bila Anda memasuki Mandeh, maka akan melihat hamparan laut yang berada di teluk dengan kondisi air laut jernih.

Pemandangan kawasan wisata Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat/Bisnis-Muhammad Noli Hendra

Bila cuaca cerah, maka birunya langit akan terlihat memantulkan keindahan pemandangan di kawasan wisata Mandeh tersebut.

Ada baiknya jangan berhenti untuk memandang saja. Pengunjung juga bisa menikmati bermain pantai. Pulau yang paling direkomendasikan adalah Pulau Setan.

Untuk menjangkau Pulau Setan itu pengunjung bisa mendatangi Carocok Tarusan. Di sana ada jasa kapal yang bisa disewa untuk menghantarkan ke Pulau Setan tersebut.

Perjalanan dari Carocok Tarusan ke Pulau Setan diperkirakan hanya sekitar 15 menit saja. Sepanjang perjalanan Anda akan melihat keindahan kawasan wisata Mandeh tersebut.

Nah, apalagi bila telah tiba di Pulau Setan tersebut. Banyak hal yang bisa dilakukan yakni bermain banana boat, snorkeling, dan berswafoto.

Sebenarnya kalau bicara wisata pantai, di Mentawai memang indah, tapi cukup sulit untuk dijangkau, karena daerahnya yang cukup jauh dari daratan Kota Padang.

Begitu pun kalau bicara pulau, di kawasan Mandeh saja terdapat belasan pulau yang begitu indah dan menawan.

Tidak salah jika di Pesisir Selatan dikenal sebagai Negeri Sejuta Pesona, dan destinasi wisatanya membuat pengunjung tidak bosan alias selalu bikin rindu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumatra barat wisata destinasi wisata
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top