Tour de Flores/festival.id
Travel

Legenda Balap Nasional Ramaikan Tur Jelajahi Flores 1001 Tikungan

MG Noviarizal Fernandez
Minggu, 16 Oktober 2022 - 10:44
Bagikan

Bisnis.con, JAKARTA - Tour de Flores Heritage, pada 24-30 Oktober 2022 bertajuk "Jelajahi Flores 1001 Tikungan" akan melibatkan para mantan pembalap nasional yang tergabung dalam Komunitas Legend Riders atau Legend Riders Club.

Para Riders merupakan tokoh-tokoh balap Tanah Air namanya melambung di era 1980-1990an.

Adapun para legenda balap yang mengikuti turing bertajuk ini yakni Chepot Hani Wiano, Rio Sarwono, Fauzi Aldjufrie, Dolly Indra Nasution, Dani Sarwono, Dodo TS, Arie Hermanto, Irwan Rachim, Joel D. Mastana dan lain-lain.

Para Legenda ini diajak untuk mampir sejenak di pusat-pusat peradaban tua di Flores. Seperti Kota Reinha Larantuka, sebagai peninggalan satu-satunya kerajaan Katolik di Indonesia, kampung-kampung adat (Nagekeo), kampung megalitik Bena (Ngada), situs Homo Floresiensis di Liang Bua (Manggarai) hingga Warloka/Golo Mori (Manggarai Barat).

Alex Dungkal Ketua Tour de Flores Heritage, pada Minggu (16/10/2022) mengatakan, sebanyak 20 sepeda motor dari berbagai merek milik para pereli senior tersebut, telah diberangkatkan dari Jakarta, menuju Maumere, Flores, NTT.

"Kegiatan turing menjelajahi Flores ini mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kementerian Lingkungan Hidup," ujarnya.

Dijelaskannya, kegiatan tour ini tidak hanya sebatas mengukur jalan, namun pihaknya telah bersepakat dengan para Riders untuk mengunjungi warisan-warisan budaya yang tersebar dari ujung timur hingga barat Flores.

"Selain itu, kita juga melakukan aksi penyelamatan lingkungan hidup berupa penanaman manggrove di beberapa titik yang difasilitasi oleh Direktorat Rehabilitasi Perairan Darat dan Mangrove KLHK," katanya.

Di sela-sela kegiatan ini, para riders juga akan melakukan aksi sosial, sumbangan buku, dan penanaman Mangrove di kawasan Sikka, Maumere.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Lingkungan Hidup mendukung penyelenggaraan Tour de Flores Heritage, pada 24-30 Oktober 2022.

Penanaman manggrove akan difasilitasi oleh Direktorat Rehabilitasi Perairan Darat dan Mangrove Ditjen (PDASRH) KLHK. Sementara sumbangan buku dilaksanakan dengan dukungan Yayasan Flores Abdi Bangsa (FAB) dan Yayasan Cipta Insan Bhakti (YCIB).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro