Walt Disney/ilustrasi
Travel

Sejarah 16 Oktober, The Walt Disney Pertama Kali Didirikan

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 16 Oktober 2022 - 07:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada 16 Oktober 1923, The Walt Disney Company didirikan oleh Walt Disney dan saudaranya Roy O. Disney.

Disney Brothers Cartoon Studio di Hollywood, California. Studio, yang sekarang dikenal sebagai Walt Disney Company, memiliki dampak besar pada industri hiburan dan sekarang menjadi salah satu perusahaan media terbesar di dunia.

Perusahaan tersebut berdiri bermula dari seorang seniman berbakat sejak usia muda, Walt Disney menggambar kartun untuk berbagai publikasi dan menjadi tertarik pada animasi sel saat bekerja untuk Perusahaan Iklan Film Kansas City.

Setelah Laugh-O-Gram Studio miliknya bangkrut pada tahun 1923, Walt pindah ke Los Angeles, tempat Roy pulih dari tuberkulosis. Selama di sana, dia akhirnya menjual film pendek yang diproduksi oleh Laugh-O-Gram, Alice's Wonderland, dan menandatangani kontrak untuk membuat enam film lagi.

Untuk memproduksi seri, saudara-saudara mendirikan perusahaan mereka dan membujuk baik Virginia Davis, yang memerankan Alice, dan kolaborator mereka Ub Iwerks untuk bergabung dengan mereka di Hollywood.

Setelah sukses dengan Alice Comedies dan serial berdasarkan karakter bernama Oswald the Lucky Rabbit, Disney mulai mengerjakan kreasinya yang paling terkenal. Dengan rilis Steamboat Willie tahun 1928, dunia diperkenalkan ke Mickey Mouse. Karakter tersebut akan menjadi salah satu, jika bukan kartun yang paling dikenal dalam sejarah.

Popularitas celana pendek Mickey Mouse meyakinkan Disney bahwa studionya dapat memproduksi film layar lebar, yang mulai ia lakukan pada tahun 1934. Proyek tersebut, yang oleh sebagian orang dijuluki "Disney's Folly," melampaui anggaran 400 persen dan membutuhkan lebih dari 300 animator, seniman, dan asisten, tetapi Putri Salju dan Tujuh Kurcaci sukses besar ketika debutnya tepat sebelum Natal 1937.

Sejak itu, Perusahaan Walt Disney telah menghasilkan lusinan film yang inovatif dan diakui. Ini telah berkembang menjadi perusahaan induk untuk segala macam properti media dan hiburan, membuka taman hiburan di seluruh dunia mulai tahun 1955 dan mengakuisisi lusinan perusahaan di tahun 90-an dan 2000-an. Disney sekarang memiliki dan mengoperasikan ABC, ESPN, Pixar, Marvel Studios, dan Lucasfilm.

Apa yang dimulai dengan segelintir animator yang memproduksi kartun anak-anak pendek saat ini adalah salah satu perusahaan paling ikonik di dunia. Kartun asli Disney dan film fitur merupakan beberapa entri paling populer dan bertahan lama di kanon Amerika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro