Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Makan Korban 91 Pendaki Tewas, K2 jadi Gunung yang Paling Ditakuti di Dunia

Ada jenis gunung yang paling ditakuti di dunia untuk didaki, salah satunya adalah gunung K2
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 11 Oktober 2022  |  17:24 WIB
Makan Korban 91 Pendaki Tewas, K2 jadi Gunung yang Paling Ditakuti di Dunia
Gunung K2
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tahukah Anda gunung apa yang paling ditakuti di dunia? Salah satunya adalah gunung yang satu ini.

Juga dikenal sebagai Gunung Savage, gunung K2, berdiri di ketinggian 8.611 mts (28.251 kaki) di atas permukaan laut di jajaran Karakoram.

K2 terletak di perbatasan antara Pakistan dan Republik Rakyat Tiongkok di wilayah Gilgit–Baltistan di utara Pakistan, dan di wilayah otonomi Tajik Taskhurgan di Xinjiang, China. 

Gunung ini juga merupakan gunung tertinggi kedua di Bumi. Julukan, Savage Mountain, berasal dari George Bell, seorang pendaki dari ekspedisi Amerika tahun 1952 ke K2.

Bell mengatakan bahwa "K2 adalah gunung buas yang mencoba membunuhmu".

Beberapa bahkan mengatakan bahwa pendakian K2 memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Jika Anda berpikir mendaki Everest itu sulit, tunggu sampai Anda berhadapan langsung dengan K2.

Dikatakan bahwa dari lima gunung tertinggi di dunia, K2 adalah yang paling ditakuti, terutama karena cuacanya yang tidak dapat diprediksi. K2 juga dikenal sebagai Gunung Godwin-Austen.

Hanya ada beberapa gunung di dunia yang memiliki ketinggian 8.000 kaki.  Ada 14 tepatnya, dan 14 di antaranya berada di pegunungan Himalaya dan Karakoram.

Dari tahun 1950 hingga 1964, sebanyak kurang lebih 8.000 orang mencapai puncak ke 14 gunung itu.

Sementara, untuk gunung K2 hingga saat ini, baru 377 orang yang mengajukan melakukan pendakian.

Nama K2 merujuk pada arti puncak tertinggi seperti yang terlihat dari Gunung Haramukh selama Great Trigonometrical Survey of British India. Surveyor Thomas Montgomery mencatat dua puncak tertinggi dan menamakannya K1 dan K2, di mana K adalah singkatan dari Karakoram.

Sesuai kebijakan penggunaan nama lokal untuk gunung, ketika tiba saatnya memberi nama gunung, ditemukan bahwa K1 secara lokal disebut Masherbrum.

Sedangkan K2 tetap tanpa nama karena tidak ada nama lokal yang ditemukan untuk gunung tersebut. Mereka yang tinggal di dekat pegunungan tidak pernah berkelana sejauh itu. Nama Gunung Godwin Austen disarankan tetapi tidak mendapatkan suara populer, meskipun Anda mungkin menemukan nama ini di beberapa peta.

Sama seperti namanya, K2 tidak memiliki sedikit pun kehangatan.

Kebanyakan pendaki berpendapat bahwa K2 harus dicoba hanya oleh pendaki berpengalaman. Bukan hanya ketinggian dan kekurangan oksigen, namun juga adanya ancaman badai.

Inilah yang menjadi salah satu alasan terbesar begitu banyak kematian hingga sekarang di K2. Tercatat, ada 91 kematian sejauh ini dari beberapa ratus orang yang benar-benar mendaki gunung. Jika kita melihat angkanya, K2 pasti yang paling mematikan dari semuanya.

Semua rute pendakian utama ke puncak K2 terletak di sisi Pakistan. Mayoritas pendaki yang mendaki K2 melakukannya melalui rute standar yang disebut Abruzzi Spur.

Rute ini menampilkan beberapa level paling terkenal, yaitu House's Chimney, Black Pyramid, Shoulder, dan terakhir Bottleneck yang terkenal. Kemacetan terutama adalah apa yang berdiri di antara Anda dan puncak, dan salah satu pendakian vertikal terberat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gunung pendaki gunung Jalur Pendakian pendaki hilang
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top