Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Naik Transjakarta dengan Aturan Baru, Agar Tetap Efisien!

Dengan aturan baru, berikut tips nyaman dan aman naik bus TransJakarta
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 06 Oktober 2022  |  18:15 WIB
Tips Naik Transjakarta dengan Aturan Baru, Agar Tetap Efisien!
Bus Metrotrans melintas di kawasan Halte Jakartas International Stadium (JIS), Jakarta, Selasa (1/3/2022). PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menguji coba layanan non-bus rapid transit (non-BRT) rute 14 Jakarta International Stadium (JIS)-Senen setiap hari mulai pukul 05.00-21.30 WIB dengan headway 10 menit di jam sibuk dan 20 menit di luar jam sibuk. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar - rwa.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Transportasi umum andalan warga Ibu Kota selain Commuter Line, Transjakarta resmi terapkan peraturan baru terhitung sejak Selasa (4/10/2022).

Peraturan baru ini berupa aturan untuk tap in saat memasuki halte atau bus dan out saat mengakhiri perjalanan. Saldo dalam Kartu Yang Elektronik (KUE) juga diwajibkan minimal Rp5.000,- dan 1 kartu hanya dapat digunakan 1 orang.

Sayangnya, banyak warganet kemudian mengeluhkan hal ini berimbas pada antrean penumpang dan pemotongan saldo KUE dua kali lipat. Selain itu, masyarakat juga mengeluhkan kurangnya sosialisasi tentang peraturan baru ini.

Untuk mengantisipasi hal ini, berikut tips agar bisa menyesuaikan dengan peraturan baru Transjakarta!

1. Segera siapkan KUE jika tujuan sudah dekat

Salah satu keluhan yang diutarakan warganet adalah antrean yang terjadi saat melakukan tap out di pintu keluar bus. Hal ini terjadi di pemberhentian bus Transjakarta tanpa halte.

Untuk mengantisipasi hal ini, dan menyingkat waktu sebisa mungkin, persiapkan KUE sejak bus mulai mendekati tujuan. Ini membantu agar tidak kerepotan mencari KUE saat akan melakukan tap out.

2. Bila terjadi pemblokiran KUE, segera hubungi petugas

Salah seorang warganet menyebut, permasalahan saat melakukan tap setelah peraturan ini dibuat adalah KUE yang tidak bisa melakukan tap in ataupun out hingga percobaan berkali-kali, atau pemblokiran.

Sayangnya, warganet itu juga menuturkan, saldo tetap terpotong walaupun percobaan tap dianggap gagal oleh mesin. Maka, untuk mengantisipasi hal ini, segera hubungi petugas jika mendapati permasalahan pemblokiran.

Pihak Transjakarta juga sudah mengantisipasi hal ini, dengan mengadakan layanan pelanggan yang saldo KUE terpotong dua kali. Caranya dengan menghubungi Customer Care JLI di WhatsApp 081260001440.

3. Usahakan turun di pemberhentian berhalte

Pemberhentian tanpa halte selain menyebabkan kemacetan saat tap out, juga berisiko tinggi alami pemblokiran. Sehingga, kemungkinan saldo terpotong dua kali juga lebih besar.

4. Sisakan saldo KUE minimal Rp20.000

Pasti akan menyebalkan sekali jika saldo KUE terpotong berkali-kali, namun perjalanan masih panjang dan dibutuhkan beberapa tap in lagi. Maka selalu antisipasi dengan saldo KUE minimal Rp20.000,-.

5. Update informasi terbaru

Selalu update informasi terbaru dari penyedia layanan, supaya tidak tertinggal informasi dan mengetahui setiap perubahan yang dilakukan. Ini membuat kita bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transjakarta bus transjakarta Bus anyar transjakarta rusak
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top