Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak 5 Negara Paling Dermawan di Dunia, Ada Indonesia?

Sifat dermawan tidak hanya dimiliki setiap orang. Sifat ternyata juga dimiliki oleh beberapa negara. Berikut ini daftar negara paling dermawan di dunia.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 30 September 2022  |  22:00 WIB
Simak 5 Negara Paling Dermawan di Dunia, Ada Indonesia?
5 Negara Paling Dermawan di Dunia, Siapa yang Pertama_ (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada pertengahan tahun 2021 lalu, Charities Aid Foundation (CAF) mengeluarkan data World Giving  Index atau WGI. Hasilnya, terdapat sejumlah negara yang masuk dalam daftar negara paling dermawan di dunia. 

Lalu, negara mana sajakah yang masuk dalam daftar tersebut? Simak uraian lengkapnya berikut ini. 

Daftar Negara Dermawan di Dunia

Dermawan merupakan salah satu sifat terpuji yang harus dimiliki setiap orang. Sifat tersebut ternyata tidak hanya berlaku untuk setiap individu saja, namun juga berlaku untuk sebuah negara. 

Di dunia ini ternyata terdapat beberapa negara yang masuk dalam daftar negara dermawan di dunia. Berikut ini sejumlah daftar negara paling dermawan berdasarkan laporan CAF. 

1. Indonesia

Dari hasil survei yang dilakukan CAF, disebutkan Indonesia negara paling dermawan. Indonesia bahkan sudah menyabet gelar negara paling dermawan sejak tahun 2018 lalu. 

Berdasarkan data yang disusun oleh CAF di tahun 2021 Indonesia memiliki total skor yang paling tinggi yaitu 69% dibanding negara lain. Bahkan selisihnya dengan negara di urutan kedua juga jauh. 

Tak hanya itu, diketahui Indonesia memiliki sebanyak 65% orang yang menjadi donatur. Hal tersebut bisa terjadi karena mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam dan diwajibkan untuk membayar zakat. 

Zakat yang dikeluarkan di Indonesia sudah mencapai 8 sampai 233 triliun rupiah. Sementara untuk jumlah masyarakat yang menjadi sukarelawan mencapai 83%. Hal ini dikarenakan budaya gotong-royong yang sudah mendarah daging bagi masyarakat Indonesia.

2. Kenya

Negara selanjutnya yang menjadi negara paling dermawan di dunia yaitu Kenya. Selisih poin antara negara Indonesia dengan Kenya ini mencapai 11% dengan total point negara Kenya yaitu 58%. 

Pada tahun 2018 Kenya masih berada di posisi kedelapan dan pada tahun 2021 negara Kenya berhasil masuk ke dalam kategori negara paling dermawan nomor 2 setelah Indonesia.

3. Nigeria

Pada posisi ketiga ada negara Nigeria yang terletak di Afrika barat yang menjadi negara paling dermawan di dunia. Negara ini mendapatkan skor 52%. Nigeria mengalami kemajuan yang sangat signifikan karena pada tahun 2018 Kenya tidak masuk ke 10 besar. Tetapi pada tahun 2021, negara Nigeria berhasil masuk pada urutan nomor 3.

4. Myanmar

Negara selanjutnya yaitu Myanmar yang memiliki skor 51% dan masuk dalam daftar negara paling dermawan di dunia. Pada tahun 2018, Myanmar menempati posisi ke-9. Padahal di tahun 2014-2017 Myanmar selalu berada pada posisi pertama untuk kategori negara paling Dermawan di dunia versi CAF.

5. Australia

Pada posisi kelima ada negara Australia dengan skor total ada 49%. Australia mengalami penurunan peringkat karena pada tahun 2018 negara ini berhasil menduduki posisi kedua. Tetapi tahun 2021 berada di posisi kelima. 

Itulah daftar lima negara paling dermawan di dunia pada tahun 2021 yang berdasarkan laporan dari Charities Aid Foundation (CAF). Selain lima negara diatas, ada juga negara paling dermawan urutan ke-6 sampai 10 yaitu Negara Ghana 47%, New Zealand 47%, Uganda 46%, Kosovo 46% dan Thailand 46%.

Posisi Indonesia sebagai negara paling dermawan di dunia menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi kita. Pasalnya, predikat baik ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia memiliki jiwa sosial yang tinggi. 

Tak hanya itu, lewat prestasi tersebut kita juga membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki budaya yang sangat baik yaitu budaya gotong royong. Seyogyanya prestasi ini menjadi motivasi bagi warga Indonesia agar terus bergandengan tangan untuk melakukan hal-hal baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

negara Dermawan sejarah indonesia kebiasaan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top