Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar 10 Negara yang Tidak Aman untuk Perempuan

Ladies, tahukah bahwa di dunia ini ada sejumlah negara yang tidak aman untuk ditinggali perempuan?
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 30 September 2022  |  20:04 WIB
Daftar 10 Negara yang Tidak Aman untuk Perempuan
Ilustrasi peta Afrika Selatan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perempuan kerap kali menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dibandingkan laki-laki.

Pada tahun 2021, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mencatat, ada sebanyak 16.604 kasus KDRT atau sebanyak 79,9% dari total sekitar 18.000 kasus yang korbannya merupakan perempuan. 

WHO juga memperkirakan, sekitar 1 dari 3 wanita atau sekitar 30% perempuan di seluruh dunia telah mengalami kekerasan fisik. Baik itu kekerasan seksual pasangan intim ataupun kekerasan seksual non-pasangan dalam hidupnya. Namun, sebagian besar kekerasan merupakan kekerasan pasangan intim. 

Kekerasan ini tentu berdampak negatif pada fisik maupun mental perempuan. Selain itu, kekerasan seksual juga bisa menyebabkan trauma serta gangguan kesehatan reproduksi perempuan, seperti peningkatan risiko tertular HIV.

Meskipun sebenarnya kekerasan pada perempuan bisa dicegah, nyatanya di beberapa negara hal ini masih dipandang tabu. 

Berikut ini daftar negara yang dianggap tidak  aman bagi perempuan berdasarkan worldpopulationreview!

1. Afrika Selatan

Di Afrika Selatan, akan sangat mengkhawatirkan jika seorang perempuan melakukan solo trip. Bahkan, hanya 25% perempuan asli sana yang mengaku merasa aman berjalan sendirian pada malam hari.

Hal ini dikarenakan tingkat perkosaan di Afrika Selatan sangatlah tinggi, diperkirakan lebih dari 40% perempuan disana kan diperkosa selama hidup mereka. Belum lagi Afrika Selatan juga menduduki peringkat terburuk pembunuhan perempuan secara disengaja.

2. Brasil

Naik 3% dari Afrika Selatan, di Brasil hanya ada 28% perempuan asli sana yang mengaku merasa aman berjalan sendirian pada malam hari. Sebesar 36,9% perempuan di negara ini telah mengalami kekerasan fisik ataupun seksual dari pasangan inginnya.

3. Rusia

Negara yang masih berkonflik dengan negara tetangganya, Ukraina ini menempati posisi ketiga negara paling tidak aman di seluruh dunia. Negara ini punyai undang-undang serta peraturan yang membatasi perempuan untuk bergerak di masyarakat dan berpartisipasi secara ekonomi.

4. Meksiko

Di Meksiko hanya sekitar 33% perempuan asli sana yang mengaku merasa aman berjalan sendirian pada malam hari. Negara ini juga menempati peringkat yang sama, keempat untuk kasus pembunuhan secara disengaja.

5. Iran

Di negara ini, kesenjangan gender sangat terasa sekali. Kesenjangan antara pria dan wanita dalam partisipasi ekonomi, pendidikan, kesehatan, serta pemberdayaan politik sangatlah kental. 

Iran juga menduduki posisi ketiga negara dengan diskriminasi hukum terhadap perempuan. 

6. Republik Dominika

Selanjutnya, Republik Dominika menduduki peringkat ke-6 negara yang tidak aman untuk wanita. Di peringkat yang sama, negara ini juga termasuk negara dengan ketidakmerataan gender. 

7. Mesir

Ketujuh, ada negara piramida Mesir. Persentase wanita merasa aman berjalan sendirian di malam hari hanya mencapai 47%. Di Mesir juga ada peraturan dan perundang-undangan yang membatasi gerak perempuan. 

8. Maroko 

Sebanyak 45% wanita di Maroko mengalami kekerasan fisik ataupun seksual dari pasangannya. Bahkan sekitar 32% wanita di negara ini setuju bahwa kekerasan seksual dalam keadaan tertentu bisa dibenarkan.

9. India

Tingkat kekerasan pasangan intim di negara ini mencapai 37,2%. Sama seperti wanita Maroko, sebesar 45% wanita India membenarkan kekerasan pada wanita dalam keadaan tertentu. 

10. Thailand

Sebanyak 44% wanita di India mengalami kekerasan dari pasangan intim. Ini membuat negara ini menempati peringkat ke-10 negara paling berbahaya bagi wanita. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

negara keamanan perempuan Rusia
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top